Bisnis Cuci Sepatu Kian Digemari, Ini 6 Tips Suksesnya

Tips Bisnis Cuci Sepatu

Laundry pakaian sudah menjadi salah satu usaha bidang jasa yang tidak asing lagi, tapi berbeda dengan bisnis cuci sepatu. Anda yang ingin membangun usaha jasa, bisa melirik bisnis cuci sepatu ini.

Bahkan beberapa usaha cuci sepatu yang sudah berjalan, ada yang masuk di mall. Alas kaki yang menjadi kebutuhan pokok manusia untuk memudahkan berkegiatan perlu perawatan yang tepat agar awet.

Khususnya sepatu yang sekarang banyak dijual dengan harga cukup mahal. Ada sepatu yang bahkan dijual sampai belasan juta rupiah. Tentu saja dibutuhkan perawatan khusus. Lalu bagaimana cara agar sukses dalam bisnis cuci sepatu?

Tips Sukses Membuka Usaha Laundry Sepatu

Sepatu yang menjadi alas kaki lebih cepat kotor dibandingkan pakaian. Terlebih lagi pencucian sepatu tidak boleh dilakukan sembarangan, jika tidak justru akan merusak kualitas dari sepatunya.

Bisnis ini juga banyak dilirik karena keuntungan yang cukup menjanjikan. Jika melihat dari harga pencucian sepasang sepatu saja bisa mencapai puluhan ribu. Bagaimana jika sehari Anda bisa mencuci 20 pasang sepatu saja, tentu keuntungannya cukup besar.

Sama dengan bisnis lainnya, Anda perlu memperhatikan bagaimana cara agar usaha ini bisa maju. Beberapa tips berikut ini akan sangat membantu untuk diterapkan.

Kenali Cara Merawat Sepatu dengan Benar

Hal pertama yang harus dilakukan dalam mempelajari bagaimana cara merawat sepatu. Ada begitu banyak bahan sepatu dan juga modelnya. Tidak setiap bahan menggunakan cara mencuci yang sama.

Sebagai pemilik usaha Anda tidak boleh melewatkan jasa yang akan dijual ini. Selalu gunakan bahan dan alat yang tepat untuk mencuci. Jangan lupa Anda perlu turun tangan sendiri untuk melakukannya agar tahu bagaimana cara yang benar.

Jangan Lupa Manfaatkan Point of Sales

Point of Sales atau sistem yang digunakan untuk bisnis ritel ternyata juga dibutuhkan oleh usaha cuci sepatu. Setiap transaksi harus direkam dengan baik begitu juga informasi mengenai konsumen.

Anda bisa mengandalkan mesin kasir favorit pengusaha yaitu Majoo yang praktis dan mudah dioperasikan. Kelengkapan mesin dan juga aplikasinya mempermudah Anda mencatat semua transaksi, baik dari jenis sepatu, harga dan informasi konsumen.

Hadirnya POS ini mempermudah Anda sebagai pemilik usaha untuk mengetahui perkembangan usaha setiap harinya. Anda pun bisa menentukan strategi penjualan dan promosi dengan laporan dari POS.

Pemilihan Bahan dan Alat yang Sesuai

Anda berencana menjual jasa, oleh karena itu peralatan dan bahan untuk mencuci sepatu pun harus dilengkapi. Jangan ragu untuk membeli alat dan bahan yang berkualitas jika itu memang dibutuhkan demi kepuasan konsumen.

Jangan sampai Anda membeli bahan pembersih yang murah dan pada akhirnya akan merusak sepatu. Misalnya saja proses pengeringan yang lama dan justru menimbulkan jamur atau merusak warna sepatu.

Training Pegawai

Tentukan standar operasional untuk pembersihan sepatu Anda perlu mengajarkannya kepada karyawan. Pastikan semua karyawan yang bekerja mengikuti cara mencuci sepatu yang benar agar sepatu benar-benar bersih dan juga wangi.

Karyawan juga harus terampil dalam menggunakan bahan agar tidak cepat habis atau terlalu sedikit. Perlakuan karyawan terhadap sepatu konsumen pun harus benar seperti cara menyimpan dan mengemasnya sebelum diambil kembali.

Menetapkan Langkah Marketing yang Tepat

Tidak ketinggalan adalah soal bagaimana cara mempromosikan usaha dengan tepat. Tentukan budget untuk promosi dan Anda bisa melakukannya secara offline dan juga online. Paling cepat tentu melakukan media online seperti di sosial media.


Anda bisa merancang konten menarik untuk mendatangkan pengunjung. Jangan lupa untuk membangun personal branding di media yang akan memperlihatkan bahwa usaha Anda terpercaya.

Menentukan Lokasi yang Strategis

Tips terakhir adalah menentukan lokasi yang terjangkau seperti di dalam mall atau di area yang banyak pemukiman warga kelas menengah ke atas. Area perkantoran juga tepat dijadikan untuk membangun usaha cuci sepatu.

Apabila Anda terpaksa tidak menemukan lokasi yang memungkinkan, bukalah layanan antar jemput yang memudahkan orang untuk tetap bisa menggunakan jasa Anda. Anda bisa memberikan antar jemput gratis untuk beberapa area tertentu.

Tidak ada salahnya untuk mencoba bisnis ini karena modal yang dibutuhkan tidaklah besar. Selama Anda mampu menjaga kualitas dan terus kreatif dalam marketing maka bisnis ini akan cepat maju.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *