12 Tips Beli Mobil Bekas untuk Pemula

tips beli mobil bekas

Membeli mobil bekas menjadi alternatif pilihan bagi Anda yang ingin memiliki kendaraan roda empat ini namun dengan budget yang terbatas.

Namun, meski membeli bekas, Anda justru harus lebih cermat dan teliti dalam memilih.

Beberapa tips beli mobil bekas yang akan dijelaskan berikut ini akan sedikit membantu Anda.

Auto baca: Cara Menabung Untuk Beli Mobil

Dibandingkan dengan membeli mobil baru, mobil bekas memang harganya jauh lebih terjangkau.

Belum lagi, jika Anda bisa cermat dalam memilih, Anda bisa mendapatkan mobil bekas dengan kondisi yang masih sangat bagus.

Karena itulah Anda harus cermat dan teliti saat membeli.

12 Tips Beli Mobil Bekas yang Tepat

Meski membeli mobil bekas bisa Anda dapatkan dengan harga yang jauh lebih terjangkau dari harga mobil baru, jangan sampai Anda menjadi korban oknum tidak bertanggung jawab.

Cermat dalam melihat kondisi mobil bekas saat membeli akan memberikan Anda mobil berkualitas baik sesuai keinginan Anda. Untuk itu, Anda bisa menerapkan tips beli mobil bekas berikut ini.

1. Tentukan Pilihan Anda Sesuai Kebutuhan

Tips membeli mobil bekas yang pertama adalah tentu dulu jenis mobil bekas yang Anda inginkan sesuai kebutuhan.

Misalnya, jika digunakan untuk bekerja, tentu membutuhkan mobil yang irit bahan bakar.

Atau, jika digunakan untuk bepergian bersama keluarga, maka jenis mobil yang dipilih adalah mobil berukuran besar.

Berdasarkan kebutuhan tersebut, Anda juga bisa menentukan fitur apa saja yang Anda inginkan ada di dalam mobil tersebut.

Dari sini nantinya Anda akan bisa menyaring berbagai pilihan yang ada menjadi pilihan yang lebih spesifik.

Dengan begitu Anda tidak akan bingung saat memilih.

2. Lakukan Survey Harga

Setelah menentukan pilihan berdasarkan keinginan dan kebutuhan Anda, tips beli mobil bekas selanjutnya adalah lakukan survey harga untuk jenis mobil yang Anda inginkan.

Saat ini sudah ada banyak situs jual beli mobil bekas yang bisa Anda percaya untuk mendapatkan mobil bekas.

Melalui situs-situs tersebut, Anda akan semakin dimudahkan untuk memilih mobil dan melakukan survei harga.

Jika tidak mau, Anda bisa langsung datang ke showroom untuk melakukan survei harga.

Cara ini tentu membutuhkan lebih banyak waktu dan sedikit merepotkan.

3. Periksa Kondisi Eksterior dan Interior Mobil

Jika Anda sudah menemukan mobil impian Anda, tips beli mobil bekas berikut yang tak boleh Anda abaikan adalah pengecekan bagian eksterior dan interior mobil.

Hal ini sangat penting untuk membuat Anda nyaman saat menggunakannya. Selain itu, jika ada kerusakan, pastinya juga akan berpengaruh pada harga nantinya.

Dari bagian eksterior, periksa apakah ada cacat, kerusakan atau lecet di bagian eksteriornya.

Lanjut ke bagian interior, lakukan pengecekan yang sama. Pengecekan interior ini termasuk fitur di dalam mobil yang akan mempengaruhi kenyamanan Anda saat mengendarainya.

4. Jangan Lupa Memeriksa Riwayat Kendaraan

Karena kendaraan yang Anda beli adalah kendaraan bekas, tips beli mobil bekas ini tidak boleh Anda abaikan.

Jangan sampai Anda mendapatkan mobil yang statusnya ilegal, mobil dari hasil curian atau pernah mengalami kecelakaan.

Guna mendapat informasi riwayat kendaraan ini, Anda bisa melakukan pengecekan ke kantor polisi terdekat tempat Anda membeli mobil.

Selain dari kepolisian, Anda juga bisa mengecek di lembaga asuransi karena bisa dilacak dengan menggunakan Nomor Identitas Kendaraan (NIK).

5. Cek Kondisi Mesin Mobil

Tidak hanya bagian eksterior dan interior saja yang butuh dilakukan pengecekan. Kondisi mesin pun harus dicek saat Anda membeli mobil bekas.

Mengecek kondisi mesin ini merupakan bagian dari tip beli mobil bekas yang harus Anda lakukan.

Pengecekan kondisi mesin bisa Anda lakukan dengan cara menstarter mobil, buka kap mesin mobil dan pastikan mesin dalam kondisi baik tanpa ada kebocoran satupun.

Mengecek kondisi mesin ini adalah tips beli mobil bekas yang sangat penting dilakukan sebelum Anda benar-benar sepakat dengan transaksi jual beli.

6. Bawa Mekanik atau Teman yang Mengerti Mesin

Melanjutkan poin sebelumnya, bagi Anda para pemula yang belum pernah membeli mobil bekas atau tidak mengerti tentang permesinan,

membawa mekanik atau teman yang lebih paham tentang mesin adalah solusi tepat memilih mobil bekas untuk pemula yang harus Anda ikuti.

Dengan membawa mekanik, maka akan ada orang lain yang memberikan pandangannya berkaitan dengan kondisi mesin mobil tersebut.

7. Periksa Kelengkapan Surat-Surat Kendaraan

Ketika melakukan transaksi jual beli apapun, kelengkapan surat adalah hal paling penting yang harus sangat diperhatikan.

Begitu pula saat Anda membeli mobil bekas. Ini adalah tips beli mobil bekas selanjutnya yang harus Anda praktikkan saat membeli kendaraan bekas.

Surat-surat seperti STNK, BPKB dan Faktur adalah kelengkapan dokumen yang harus Anda minta dan periksa dari pemilik sebelumnya.

Apabila mobil bekas yang akan Anda beli adalah mobil builts up, maka pastikan Anda juga meminta dokumen Form A dari mobil tersebut.

Dari surat-surat kendaraan tersebut, Anda juga bisa mengecek aspek fisik kendaraan, seperti nomor rangka dan nomor fisik.

Anda kemudian bisa mencocokkan nomor rangka dan fisik kendaraan tersebut, apakah sesuai dengan yang tertulis di surat-surat kendaraannya atau tidak.

Pastikan juga STNK dan BPKB kendaraan tersebut atas nama dan sesuai dengan nama pemilik.

8. Periksa Riwayat Perawatan

Tips beli mobil bekas selanjutnya yang bisa Anda terapkan saat membeli kendaraan bekas adalah periksa juga riwayat perawatan kendaraan.

Tahap tips ini perlu diperhatikan untuk Anda lakukan agar Anda bisa mendapatkan kendaraan yang tetap optimal meskipun statusnya bekas.

Setiap pemilik mobil atau kendaraan bermotor umumnya memiliki buku perawatan sebagai tanda perawatan berkala dan rutin atas kendaraan tersebut.

Nah, dari buku inilah yang bisa menjadi sumber informasi Anda mengetahui riwayat perawatan kendaraan tersebut.

Semakin sering dan rutin perawatan yang dilakukan maka akan sangat berpengaruh pada kondisi dan kualitas mobil tersebut.

Kalau Anda merasa kesulitan dengan tahap-tahap pengecekan mobil saat akan membeli mobil bekas, Anda bisa memanfaatkan jasa pengecekan mobil bekas yang saat ini sudah banyak ditemukan.

Jasa ini akan membantu Anda dalam mengecek kondisi mobil bekas yang akan Anda beli.

Karena dibantu dengan tenaga ahli dan profesional, maka sudah pasti pengecekan jadi lebih valid berdasarkan pendapat orang yang sudah ahli.

9. Lakukan Tes Drive

Jika melakukan pengecekan kondisi interior dan mesin saja masih belum cukup, tips beli mobil bekas berikutnya adalah cek secara nyata dengan melakukan tes drive.

Penjual yang tepercaya pasti akan memberikan kesempatan kepada calon pembelinya untuk mencoba mengendarai mobil yang akan dibeli.

Dari tes drive yang Anda lakukan, setelah itu Anda akan tahu bagaimana kondisi sebenarnya mesin saat digunakan untuk berkendara.

Anda juga bisa sekaligus mencoba bagian dalam dan fitur-fitur di dalam mobil, apakah fiturnya sesuai atau tidak.

Saat pengecekan dengan tes drive ini, Anda juga jadi bisa menyimpulkan sendiri kenyamanan berkendara di dalamnya.

10. Jika Ada, Tanyakan Tentang Garansi dan Fasilitas Lain yang Didapat Konsumen

Tidak hanya saat membeli mobil baru saja fasilitas garansi diberikan. Showroom khusus mobil bekas juga sering memberikan garansi kepada konsumennya.

Nah, Anda juga bisa menanyakannya kepada penjual yang menawarkan mobil bekas kepada Anda.

Garansi ini adalah sebagai jaminan dari penjual untuk Anda sebagai pihak yang membeli.

Dengan adanya jaminan, apabila ada hal-hal yang tidak beres pada kendaraan setelah transaksi, Anda  pun bisa meminta pertanggungjawaban jika penjual menawarkan layanan garansi ini.

Penjual yang bisa dipercaya seperti dealer khusus mobil bekas umumnya akan memberikan layana ini.

Dengan adanya garansi ini, jika setelah menyelesaikan urusan pembayaran kemudian ada yang tidak sesuai. Ini bisa menjadi tips beli mobil bekas aman dan terpercaya selanjutnya.

11. Lakukan Penawaran Harga

Tips berikut ini juga tak kalah penting, berkaitan dengan harga.

Jika sebelumnya Anda sudah mencari tahu harga melalui survei yang Anda lakukan baik di situs penjualan mobil bekas ataupun di showroom khusus mobil bekas,

saat melakukan kesepakatan harga ini pasti tidak akan menyulitkan Anda.

Survei yang Anda lakukan sebelumnya tersebut setidaknya akan memberikan informasi lebih kepada Anda tentang harga mobil bekas pasaran, terutama untuk jenis atau tipe mobil seperti yang Anda inginkan.

Nah, jika Anda sudah tahu harga pasaran, ketika penjual menawarkan harga untuk Anda, Anda tidak akan mudah terlena.

Banyak oknum penjual mobil bekas tidak bertanggung jawab yang mengiming-imingi calon konsumen dengan harga termurah.

Padahal jika dilihat dari harga pasar masih lebih tinggi. Inilah manfaatnya Anda melakukan survei pasar terlebih dahulu.

Jangan mudah terkecoh dengan penawaran harga termurah. Tahan diri Anda dari godaan harga yang murah ini jika Anda belum mengetahui kondisi mobil dan harga di pasaran.

Jika Anda sudah mengetahui harga di pasaran, kemudian melakukan pengecekan secara keseluruhan, baik pada komponen eksterior maupun interior lalu kondisi mesin juga sudah Anda pastikan, maka selanjutnya Anda bisa mempertimbangkan harganya.

Saat melakukan penawaran, Anda bisa membuat penawaran harga lebih dahulu.

Karena Anda sudah tahu harga pasar, buat penawaran dengan harga yang sudah Anda sesuaikan pula dengan harga pasaran.

Selanjutnya akan terjadi penawaran balik dari pihak pembeli. Terus lakukak penawaran sampai diperoleh harga terbaik diantara penjual dan pembeli.

12. Jangan Terburu-buru

Tips beli mobil bekas selanjutnya adalah tetap tenang dan jangan terburu-buru. Maksudnya jangan terburu-buru adalah jangan terburu mengambil keputusan dengan hanya mempertimbangkan satu tempat yang menjual mobil bekas saja.

Jangan ragu untuk melakukan survei dan membandingkan sebanyak mungkin sumber yang bisa Anda dapatkan.

Dengan tetap tenang, Anda jadi bisa membandingkan antara satu tempat dengan tempat lain yang menjual mobil ini.

Mana yang memberikan lebih banyak keunggulan untuk Anda, dari mulai kondisi mobil hingga harga yang ditawarkan.

Dengan sedikit lebih bersabar, maka Anda bisa mendapatkan mobil bekas impian Anda dalam kondisi yang masih bagus dan pastinya dengan harga terjangkau.

Nah, demikian tadi 12 tips beli mobil bekas yang bisa Anda gunakan saat akan membeli mobil bekas.

Dengan menerapkan tips-tips tersebut, meski membeli mobil dengan status bekas, Anda bisa tetap mendapat kualitas dan kondisi mobil yang masih sangat bagus sesuai keinginan Anda.

Dan pastinya, harga yang harus Anda bayarkan pun jauh lebih terjangkau dibandingkan membeli mobil dengan jenis dan tipe yang sama namun masih baru.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *