Segala Penyebab Suara Mesin Motor Bunyi Tek Tek

suara mesin motor bunyi tek tek

Anda pernah mendengar bebunyian yang tidak wajar saat motor Anda dinyalakan? Seperti suara mesin motor bunyi tek tek misalnya.

Dan bunyinya semakin lantang saja ketika motor kita pacu dalam kecepatan putaran mesin yang tinggi.

Seringkali hal semacam ini langsung dianggap sebagai suatu kerusakan dari komponen di dalam mesin.

Baca juga: Penyebab Mesin Mobil Bunyi Nging

Namun kenyataannya tidak semua bunyi-bunyian yang muncul sesaat ketika mesin motor menyala itu menandakan kalau ada komponen yang rusak.

Berikut ini adalah beberapa suara-suara aneh yang sering muncul dari mesin motor beserta penjelasannya.

Mesin Motor Ngelitik pada RPM Tinggi

Mesin Motor Ngelitik pada RPM tinggi

Suaranya ini cukup khas seperti adanya ketukan logam. Biasanya suara ini juga disebut dengan fenomena ngelitik. Fenomena ini terjadi di dalam silinder mesin yang mengalami proses pembakaran bahan bakar.

Pada kondisi normal bahan bakar akan terbakar sempurna dalam satu waktu. Namun pada kondisi ngelitik ini, proses pembakaran tidak terjadi secara serentak dalam satu waktu tertentu sehingga ada bagian yang terbakar terlebih dahulu sebelum busi menyala.

Ada beberapa penyebab mengapa hal ini dapat terjadi antara lain

Kadar nilai oktan bahan bakar yang lebih rendah dibanding spesifikasi motor

Hal ini berkaitan dengan rasio kompresi dari mesin motor tersebut. Mesin dengan rasio kompresi yang tinggi jauh akan bekerja efektif jika ditandem/diisi dengan bahan bakar bernilai oktan tinggi.

Agar supaya tidak ada bahan bakar yang terbakar sebelum busi menyala yang menyebabkan terjadinya knocking atau fenomena ngelitik ini khususnya pada kondisi RPM tinggi.

Oleh karena itu penting bagi Anda untuk mengetahui nilai rasio kompresi mesin motor sehingga dapat menyesuaikan jenis bahan bakar yang cocok.

Kotoran menempel di dalam ruang bakar (chamber mesin)

Adanya kotoran yang terdeposit pada ruang bakar menyebabkan volume ruang bakar menurun. Akibatnya tekanan kompresi dalam mesin akan menjadi lebih tinggi.

Hal ini juga dapat menyebabkan knocking terjadi karena tekanan kompresi mesin semakin meningkat dibandingkan kondisi normalnya.

Agar hal semacam ini tidak terjadi Anda harus secara rutin melakukan tune up mesin motor. Tujuannya yaitu membersihkan ruang bakar beserta filternya dari kotoran-kotoran yang menempel seiring berjalannya waktu.

Bunyi Tek Tek saat mesin mati

Bunyi Tek Tek saat mesin mati

Kalau yang sebelumnya terjadi waktu mesin dipacu hingga RPM tinggi. Suara yang satu ini malah terjadi sesaat setelah mesin motor dimatikan.

Terdengar suara tek tek dari mesin dan juga knalpot motor. Seolah-olah ada semacam kerikil begitu yang memantul ria di dalam knalpot kita. Namun lama-kelamaan suara ini akan hilang dengan sendirinya.

Nah apakah suara tek tek ini mengindikasikan kerusakan?

Jawabannya adalah tidak. Jadi tenang saja kalau Anda sering mendengar suara tek tek dari knalpot, malah kalau suara hilang barulah itu berarti ada kerusakan di dalam komponen knalpot motor Anda.

Bunyi tek tek pada knalpot sesaat setelah mesin mati ini terjadi karena adanya fenomena penyusutan.

Terjadi proses adaptasi perubahan temperatur dari dalam mesin dan juga knalpot motor. Ketika mesin bekerja otomatis komponen-komponen didalamnya akan memanas dan juga memuai.

Lalu ketika mesin dimatikan, temperatur secara berangsur-angsur akan turun yang mana dalam hal ini komponen akan kembali ke bentuk semula dengan cara menyusut.

Jadi hal ini memang wajar terjadi untuk semua jenis motor yang kesehatan komponennya masih baik sehingga tidak ada yang perlu dikhawatirkan apalagi coba-coba dipegang. Karena dijamin 100% masih panas, bisa membahayakan ketika tersentuh.

Bunyi tek tek pada roller

Biasanya kasus ini terjadi pada motor-motor matic. Muncul ketika kondisi mesin menyala tetapi tidak di gas (idle) dan saat handle gas kita putar suaranya akan hilang.

Penyebab motor matic seperti mio mengalami bunyi tek tek karena kondisi roller yang sudah aus dan tidak rata.

Karena senantiasa mengalami gesekan dan keluar masuk ketika mesin bekerja, komponen ini menjadi terkikis dan membentuk rongga-rongga didalamnya.

Sehingga menimbulkan bunyi tek tek yang apabila dibiarkan terus-menerus bisa mengakibatkan perputaran mesin motor terhambat alias macet.

Solusinya adalah melakukan pengecekan dan bila perlu dilakukan penggantian komponen rumah roller (piece slide) di bengkel terdekat.

Mesin motor berbunyi tik tik

Suara tik tik atau juga sering terdengar seperti tuk tuk ini biasanya timbul dari klep, suaranya semakin kencang seiring putaran mesin semakin tinggi.

Bebunyian semacam ini mungkin menjadi indikasi kalau katup mesin motor sudah mulai renggang. Akibatnya klep akan menumbuk kepala katup yang menimbulkan suara tik tik dari dalam mesin.

Selain itu juga bisa disebabkan karena masalah pada per katup yang sudah kendor sehingga perlu dikencangkan.

Motor matic seperti beat yang mengalami bunyi kletek kletek itu artinya ada komponen dari bagian CVT (Continuously Variable Transmission) yang mulai rusak.

Seperti yang kita ketahui kalau motor matic ini dapat bergerak karena adanya CVT ini. CVT berfungsi untuk meneruskan putaran dari mesin menuju ke roda.

Komponen utama dari CVT antara lain Primary Sheave, Secondary Sheave, V-Belt dan Gear Reduksi. Keempat komponen ini harus selalu dicek secara rutin agar supaya laju motor matic Anda dalam kondisi yang prima.

Berikut ini adalah beberapa permasalahan yang dapat menyebabkan bunyi kletek kletek berisik dari bagian CVT.

V-Belt yang sudah aus

Ketika sudah aus dan mulur mengakibatkan bagian tutup CVT atau crankcase menjadi tergesek. Selain itu dari segi akselerasi akan sedikit tersendat karena selip terutama pada kondisi akselerasi awal.

Ditandai dengan besaran tenaga yang dirasa kurang sesuai dengan putaran gas yang kita lakukan.

Roller yang sudah hancur

Suara yang dihasilkan dari roller yang sudah tidak berada pada kondisi normalnya adalah seperti kretek kretek.

Roller yang sudah rusak seperti ini menyebabkan performa mesin menjadi menurun, menyebabkan proses akselerasi juga tersendat-sendat.

Secondary Sliding Sheave aus

Ausnya komponen ini terjadi menyebabkan fungsi kerja dari sliding sheave yang berfungsi untuk mendorong per CVT menjadi kurang maksimal.

Dorongan dari sliding sheave menjadi kurang halus dan seringkali malah berbenturan dengan pasangan atau komponen lainnya.

Ketika dirasakan biasanya seperti ada rasa-rasa hentakan ketika motor ingin kita pacu.

Oke mungkin itu saja informasi mengenai beberapa penyebab suara mesin motor berbunyi tek tek.

Ketika Anda menemui bunyi-bunyian seperti yang sudah disebutkan di atas. Anda harus cross check terlebih dahulu, apakah itu mengindikasikan suatu kerusakan atau memang suara-suara itu adalah fenomena yang wajar.

Jika memang ternyata bunyinya menandakan adanya kerusakan dari salah satu komponen dalam mesin motor kita.

Solusi terbaik adalah membawa motor Anda menuju bengkel- bengkel andalan terdekat.

Serahkan masalahnya pada montir-montir yang handal agar kerusakannya tidak semakin menjadi. Sekian semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *