Inilah Penyebab Suara Mesin Mobil Kasar Saat Panas dan Dingin

suara mesin mobil kasar saat panas

Mobil merupakan kendaraan yang mesin utamanya terletak di bagian depan. Nah, apabila ketika sedang dalam perjalanan menyetir dan mendapati suara mesin yang terdengar halus maka itu artinya kondisi mobil baik-baik saja.

Lantas, bagaimana jika yang terjadi adalah kebalikannya?

Suara mesin mobil kasar saat panas ataupun dingin dapat menjadi tanda-tanda sebuah masalah. Bisa jadi sudah waktunya Anda pergi ke tempat service mobil untuk melakukan perawatan lebih lanjut.

Sebenarnya melakukan perawatan pada mesin mobil tidak harus menunggu terjadi masalah terlebih dahulu.

Ada baiknya jika dilakukan pengecekan rutin sehingga terhindar dari komponen yang bisa rusak jika tak terawat.

Namun, bila Anda menjumpai mesin mobil mengeluarkan bising suara yang kasar dalam kondisi panas ataupun dingin maka harus mengetahui asal muasal penyebabnya.

Simak saja penjelasan penyebab mesin mobil bersuara kasar di bawah ini.

Penyebab Suara Mesin Mobil Kasar Saat Panas

1. Celah Katup yang Tidak Diatur

Saat mesin mobil dibiarkan terlalu panas dapat menyebabkan salah satu komponen katup menjadi memuai.

Apabila pemuaian terjadi maka bisa mempengaruhi kinerja mesin mobil dan membuatnya terhambat.

Akibatnya timbul suara mesin mobil kasar saat panas karena celah pada katup tidak diatur Misalnya tambah terbuka lebar. Suara bising tersebut terjadi atas penumbrukan antara katup dengan rocker arm.

Apabila katup dan rocker arm berada di jarak yang cukup rapat bisa menyebabkan pintu katup terbuka semakin longgar sehingga berdampak pada putaran mesin yang tidak dalam kondisi stabil.

Terlebih jika berada di temperatur suhu mesin yang panas dapat menimbulkan bunyi kasar. Anda bisa mengatasi masalah ini dengan cara perbaikan memakai kunci ring 10 dan obeng. Jangan terlalu risau, celah katup yang terbuka lebar bukan masalah besar.

2. Komponen Bearing pada Mesin Aus

Bearing merupakan komponen penting yang jumlahnya cukup banyak di dalam suatu mesin mobil. Kira-kira terdapat ratusan bearing yang berguna sebagai alas bantalan untuk dua komponen yang bergesekan satu sama lain.

Seperti biasanya, jika mesin panas maka tidak menutup kemungkinan bearing akan mengalami pemuaian.

Apalagi jika kondisi bearing sudah cukup tua dan aus. Namun, kondisi tersebut dikecualikan untuk bearing yang masih baru.

Nah, asal muasal suara mesin mobil kasar saat panas itu terjadi karena bearing yang aus mengalami pemuaian karena temperatur suhu yang naik.

Mungkin jika hanya satu atau dua bearing yang memuai tidak akan menimbulkan bunyi yang terlalu keras.

Akan tetapi beda ceritanya apabila jumlah bearing yang memuai cukup banyak di dalam mesin. Suara akibat perputaran mesin juga dapat memperbesar bunyi.

Biasanya penyebab bearing menjadi aus karena oli belum pernah diganti atau terdapat kotoran yang tercampur dengan oli sehingga bearing baret bisa aus.

Untuk mencegah suara mesin mobil kasar saat panas ialah dengan mengecek rutin persediaan oli dan menggantinya secara berkala.

3. Masalah Knocking

Anda mungkin sudah tidak asing lagi menemui masalah knocking atau pembakaran yang terjadi didalam mesin tidak berlangsung sempurna.

Suara mesin mobil kasar saat panas bisa jadi berasal dari knocking. Alasannya, karena pembakaran yang tidak sempurna ini hanya akan terjadi jika suhu panas.

Penyebabnya bisa dari ruang bakar yang tidak bersih ataupun bensin dengan nilai oktane rendah.

Seperti dari namanya yaitu knocking dalam bahasa inggris memiliki arti ketukan. Oleh karenanya, suara yang dihasilkan dari knocking mirip seperti ketukan palu.

Nah, bila Anda menjumpai suara ketukan ini berarti bagian mesin mobil butuh di tune up sebagai solusinya.

4. Cairan Oli yang terlalu Encer

Bahkan cairan oli bisa menyebabkan suara mesin mobil kasar saat panas juga, lho! Dalam dunia perolian terdapat beberapa jenis grade yang bisa dijadikan acuan pembeda.

Misalnya semakin rendah angka gradenya maka tingkat keenceran oli semakin tinggi dan begitupula jika semakin tinggi angka gradenya maka tingkat keenceran oli semakin rendah. Bisa dikatakan keduanya merupakan perbandingan terbalik.

Tidak semua mesin pada mobil bisa menerima oli encer sebagai pelumasnya. Sedangkan teruntuk mobil yang telah dipakai lebih dari 6 tahun tidak disarankan untuk menggunakan oli encer. Mengapa demikian?

Sebab oli yang dibeli terlalu cair bisa menyebabkan ketidakcocokan dengan mesin atau sudah saatnya Anda mengganti oli mesin yang sudah digunakan dalam waktu yang lama.

Penyebab Suara Mesin Mobil Kasar Saat Dingin

Ternyata tidak hanya saat mesin panas saja suara mobil berubah kasar. Bahkan dalam kondisi dingin juga mengalami kendala yang sama.

Agar bisa memperbaikinya Anda harus mengetahui terlebih dahulu penyebab yang melatarbelakangi bunyi berisik tersebut. Yuk, langsung perhatikan uraian penjelasannya di bawah ini.

1. Oli Belum Naik

Apabila terdengar bunyi kletek-kletek pada mesin mobil Anda ketika baru menghidupkan mesin, itu cukup wajar karena mobil masih dalam keadaan dingin.

Biasanya masalah ini kerap ditemukan saat pagi hari tiba. Kemarin malam tentunya mesin  sama sekali tidak dihidupkan sebab Anda masih tidur dibalik selimut.

Nah, keadaan mesin yang dingin ini juga disebabkan oli yang tidak segera naik.

Oli yang belum naik berpotensi menimbulkan suara mesin mobil kasar saat dingin. Hal itu dikarenakan pompa yang bertugas mengedarkan oli masih belum aktif sebab mesin mobil dingin.

Sedangkan oli yang sebelumnya telah naik akan kembali turun jika sirkulasi pompa belum aktif. Maka dari itu saat awal mesin dihidupkan akan muncul suara kasar.

Tapi jangan khawatir karena setelah mesin panas, bunyi tersebut berangsur hilang.

2. Tersumbatnya Filteran Oli

Cara kerja pompa oli sebelum mengedarkan seluruh oli ke bagian mesin harus terlebih dahulu di filter atau disaring.

Oli perlu disaring terlebih dahulu agar kinerja mesin bisa sepenuhnya optimal.

Apabila bagian saringan tersumbat maka akan mengakibatkan katup pembebas terbuka lebar sehingga oli tidak akan mengalami proses penyaringan dengan selayaknya.

Nah oli yang lolos memasuki mesin tanpa filter bisa menyebabkan kerusakan pada komponen.

Seperti suara mesin mobil kasar saat panas maka apabila salah satu komponen mengalami gangguan karena oli, tentunya dapat menimbulkan bunyi bising yang serupa.

Solusi yang bisa Anda lakukan yaitu membersihkan bagian filter secara rutin dan terjadwal.

Apalagi ketika mesin mobil masih dingin bisa dimanfaatkan untuk membuang kotoran yang menyumbat di saringan. Baru kemudian menghidupkannya lagi.

Jadi, itulah penyebab mengapa suara mesin mobil kasar saat panas dan dingin. Keduanya sama-sama menimbulkan suara kasar walaupun sumber masalahnya berbeda.

Anda perlu melakukan service mobil agar terhindari dari masalah ini. Selain itu, merawatnya secara mandiri juga mungkin untuk dilakukan.

Kegiatan yang bisa Anda lakukan mandiri untuk perawatan mobil antara lain seperti mengganti oli, membersihkan saringan oli, memakai engine flush, dan lain-lain sehingga tidak harus pergi ke bengkel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *