9 Faktor Penyebab Oli Mesin Mobil Tidak Naik

penyebab oli mesin mobil tidak naik

Salah satu permasalahan yang cukup sering dialami oleh pengguna mobil adalah oli mesin tidak mau naik. Akibat kondisi ini, performa mobil pun tidak maksimal karena pelumas yang seharusnya berfungsi melancarkan kinerja komponen mesin sedang mengalami gangguan. Penyebab oli mesin mobil tidak naik bermacam-macam, tidak sama antara satu mobil dengan mobil lain.

Di dalam komponen mesin mobil terdapat sistem pelumasan yang berperan untuk memastikan setiap oli masuk bisa mengalir hingga ke semua saluran mesin, misalnya pada valve mechanism atau poston.

Dengan demikian mesin bisa bekerja sebagaimana mestinya. Namun jika oli tidak mau naik, mengindikasikan ada faktor tertentu yang menyebabkan, beberapa di antaranya sebagai berikut.

Penyebab Oli Mesin Mobil Tidak Naik

Filter Oli Mengalami Penyumbatan

Filter oli yang telah tertutupi oleh kotoran dapat mengakibatkan penyumbatan. Apabila kotoran ini telah menumpuk cukup lama, bisa terjadi gangguan pada sistem filterisasi oli yang juga berdampak pada tidak lancarnya laju oli ke seluruh komponen mesin.

Penyebab oli mesin mobil tidak naik yang pertama adalah terjadinya penyumbatan pada proses filterisasi oli. Bagian ini berguna untuk menyaring kotoran yang terbawa pada oli agar tidak turut masuk ke dalam komponen inti mesin. Namun karena filter oli ini mengalami gangguan (biasanya terjadi karena penyumbatan kotoran), oli pun tak bisa mengalir secara lancar.

Guna mencegah terjadinya penyumbatan pada filter oli hendaknya secara rutin dilakukan pengecekan dan penggantian. Batas idealnya yakni setelah menempuh jarak 10.000 km, disarankan melakukan penggantian filter oli.

Pompa Oli pada Mesin Rusak

Pompa oli terdapat pada bagian mesin dalam yang berfungsi untuk memompa serta mensirkulasikan oli berasal dari bak penampungan (di dalam mesin) menuju saluran sistem pelumasan.

Cara memperbaiki pompa oli mobil yang rusak bisa dengan memperbaiki atau menggantinya, tergantung tingkat kerusakan. Jika tingkat kerusakannya sudah parah, oli mesin tidak bisa lagi naik ke klep sehingga berhenti pada penampungan di dalam mesin. Akibatnya, mesin menjadi lemah tekanannya, aus, dan lama-lama dapat memicu kerusakan komponen mesin.

Pompa oli memberikan dorongan ekstra agar oli mesin dapat tersirkulasikan dengan baik ke seluruh komponen mesin. Namun jika kondisinya rusak, oli mesin pun secara otomatis tak bisa naik dan dampaknya mempengaruhi kinerja mesin secara keseluruhan.

Oli Mesin Habis

Idealnya secara berkala Anda melakukan pengecekan pada oli mesin, apakah masih bisa memberikan kinerja maksimal atau sudah harus diganti. Anda bisa mengeceknya sendiri dengan menggunakan stick oli guna memastikan masih ada atau sudah kosong.

Penyebab oli mesin mobil tidak naik dapat pula diakibatkan oleh habisnya oli mesin pada kendaraan. Perlu diketahui bahwa oli mesin bisa mengering dengan sendirinya apabila terlalu lama tidak diganti. Oli yang sudah mengering ini perlu diisi ulang dengan oli mesin baru agar dapat bekerja secara lebih maksimal.

Pada saat oli di mesin habis, tidak ada lagi pelumas yang bekerja mengalirkan ke seluruh komponen mesin. Dampaknya oli pun tak bisa naik sampai ke head silinder. Jika ini terjadi, mobil tidak akan bisa dioperasikan dengan baik.

Oil Pressure Regulator Mengalami Pemampatan

Penyebab oli mesin mobil tidak naik ke klep salah satunya juga dikarenakan komponen yang bernama oil pressure regulator mengalami pemampatan. Komponen ini berfungsi untuk mencegah tekanan yang ditimbulkan oleh pompa oli, sehingga bisa tetap berada di batas tekanan normal. Posisi komponen ini umumnya berada di dekat pompa oli pada mesin.

Ada kalanya katup dan pegas yang berada di oil pressure regulator mengalami endapan (kerak) akibat kotoran dari oli. Jika sudah bertumpuk bisa menyebabkan katup mampet sampai tidak bisa mengalirkan oli. Pada saat kondisi ini terjadi, oli pun tidak  bisa naik menuju klep dan semakin mengendap di komponen penampungan dalam mesin.

Oil Strainer Mengalami Penyumbatan

Penyebab oli mesin mobil tidak naik dapat pula disebabkan karena oil strainer mengalami penyumbatan. Oil straner sebenarnya merupakan saringan oli yang terdapat pada bak penampungan oli. Fungsi komponen ini yaitu untuk menyaring oli agar kotoran yang ukurannya besar tidak ikut masuk.

Penyumbatan yang terjadi pada oil straner bisa membuat oli tidak terhisap ke saluran pelumasan. Akibatnya oli tidak bisa naik hingga ke klep atau head silinder pada mesin. Adapun yang menyebabkan penyumbatan ini bisa bervariasi, baik akibat kerusakan pada penampungan oli maupun karena menempelnya lumpur oli pada oil strainer.

Saluran pada Oil Main Gallery Terdapat Masalah

Penyebab oli mesin mobil tidak naik yang lain yaitu disebabkan oleh masalah pada oil main galler. Kasus ini tergolong khusus karena bisa jadi tak semua mobil mengalaminya, sehingga diperlukan service langsung dari ahli. Kondisi yang pernah ditemui adalah oil main gallery pecah sehingga membuat oli bocor dan kembali lagi jatuh ke penampungan.

Oil Cooler Mengalami Pemampatan

Pemampatan juga bisa terjadi pada komponen lain di dalam mesin, termasuk air cooler. Biasanya kasus ini didapati pada oli yang menggunakan mesin diesel, meskipun pernah juga dialami oleh mesin mobil sport

Oil cooler ini memiliki fungsi untuk mendinginkan suhu dan temperatur pada oli mesin sebelum kemudian dialirkan ke saluran pelumasan. Penyebab oli mesin mobil tidak naik dikarenakan oil cooler tersumbat sisa kotoran oli, sehingga menimbulkan pemampatan. Oli pun tak bisa dialirkan karena jalur lajunya tertutupi.

Terjadi Kebocoran Oli

Penyebab oli mesin mobil tidak naik juga bisa disebabkan oleh kebocoran oli. Pada saat oli bocor, volumenya akan terus berkurang sehingga tekanan yang dibutuhkan untuk naik ke atas tidak maksimal. Akibatnya oli tidak bisa mengalir menuju bagian kepala silinder karena tekannya tidak stabil. Kegagalan ini mengakibatkan oli terhenti di penampungan.

Agar hal kondisi ini dapat terselesaikan, Anda bisa memperbaiki kebocoran pada tiap-tiap komponen. Jika sudah ketemu sumbernya, kebocoran harus disumbat entah dengan menambahkan komponen tertentu atau menggantinya dengan yang baru. Setelah itu barulah Anda bisa mengisi ulang oli dengan volume cukup.

Sudah Waktunya Membeli Komponen Baru

Salah satu penyebab oli mesin diesel tidak naik yakni karena sudah waktunya mengganti beberapa komponen dengan yang baru. Apabila tidak diganti, maka justru lebih berbahaya bagi mesin secara keseluruhan.

Sebagai contoh, pada bagian saluran terdapat endapan kotoran yang terlalu tebal sampai menahan oli tidak naik ke klep. Jika dibiarkan berlama-lama maka endapan kotoran akan semakin banyak dan saluran tertutupi sepenuhnya.

Komponen pelumas lain tak bisa menerima aliran oli karena terhenti di saluran, maka dari itu langkah terbaik adalah menggantinya.

Itulah beberapa faktor penyebab oli mesin mobil tidak naik yang paling lazim terjadi. Demi mencegah hal-hal semacam ini terjadi, Anda perlu melakukan service secara berkala pada kendaraan mobil.

Dengan pengecekan secara rutin akan bisa dipastikan kondisi komponen yang terdapat di dalam mesin, sehingga bisa menjadi langkah antisipasi sebelum terjadi gangguan pada mesin mobil.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *