8 Penyebab Mobil Matic Tidak Bisa Distarter Mesin – Ulasan Dari Pak Montir

penyebab mobil matic tidak bisa distarter mesin

Mobil matic menjadi pilihan untuk Anda yang menyukai kendaraan yang ringkas dan praktis, terutama untuk Anda yang memiliki waktu yang sibuk dan harus berkendara setiap saat. Pernahkah Anda mengalami mobil matic yang tiba-tiba mati? Terdapat banyak penyebab mobil matic tidak bisa distarter mesin yang mungkin perlu Anda ketahui.

Dengan begitu, ketika mobil yang Anda miliki tidak bisa distarter dan mati mendadak, Anda tidak perlu panik.

Sebab sebelumnya telah mengetahui apa kemungkinan yang menyebabkan mobil tersebut tidak bisa distarter.

Proses perbaikan pun akan berjalan dengan lebih mudah, karena penyebabnya bisa ditemukan lebih cepat.

Beberapa Penyebab Mobil Matic Tidak Distarter

1. Bahan Bakar Habis

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah melakukan pengecekan pada bahan bakar, karena ia merupakan sumber tenaga yang penting agar mobil bisa berjalan.

Ketika mobil matic yang Anda miliki tidak bisa distarter cobalah untuk mengecek bahan bakar, dengan begitu Anda tidak panik untuk ke depannya.

Jika kehabisan bahan bakar, mobil tidak bisa hidup sama sekali, baik ketika distarter atau dinyalakan mesinnya.

Akan tetapi melakukan pengecekan secara berkala pada bahan bakar jarang dilakukan oleh semua orang, terutama mereka yang sering terburu-buru.

Ketika memang bahan bakar sudah habis, jangan ragu untuk meminta bantuan kepada orang lain untuk mengisikannya, atau segera menepi dan mencari pemberhentian untuk mengisi bensin atau bahan bakar yang digunakan oleh mobil matic tersebut.

Walaupun sepele, namun penyebab mobil matic tidak bisa distartersering diabaikan oleh banyak orang.

2. Aki yang Lemah

Selain bensin yang habis, aki yang lemah bisa menjadi penyebab lain mengapa mobil matic tidak bisa segera menyala ketika distarter.

Ini juga menjadi penyebab yang sering terjadi, terutama untuk mobil dengan umur yang sudah tidak muda lagi. Karena itu, ketika Anda melakukan perawatan pada mobil Anda, periksa apakah aki sudah layak untuk diganti.

Jika aku tidak dirawat dengan baik, tentunya aki menjadi komponen mesin pertama yang akan rusak, kotor, dan soak.

Komponen pada mobil memiliki fungsinya masing-masing, sehingga jika salah satu rusak, maka akan mempengaruhi komponen yang lain.

Terdapat dua cara yang bisa Anda lakukan untuk melakukan pengecekan pada aki, pertama dengan mengecek indikator pada dashboard mobil yang Anda miliki.

Jika sudah menyala oranye, besar kemungkinan ia sudah mengalami penurunan fungsi. Jika tidak segera diganti, maka mobil bisa distarter tapi tidak nyala.

Sedangkan cara kedua adalah dengan mengecek aki tersebut apakah terdapat kutub yang kotor. Jika tidak dibersihkan dengan benar, kutub pada aki akan kotor dan menghambat perpindahan arus listrik.

Namun jika aki masih terlihat bersih namun tidak bisa distarter, maka aki yang rusak menjadi masalah utama penyebab mobil matic tidak bisa distarter.

3. Masalah pada Ignitation Switch

Jika komponen aki baik dan bahan bakar masih tersedia, kemungkinan yang menjadi penyebab mengapa mobil matic tidak bisa distarter adalah kunci kontak yang bermasalah.

Dalam keadaan normal, umumnya kunci kontak yang diputar di lubang kunci dapat mengalirkan listrik ke mesin mobil.

Namun jika bermasalah, tentu ia tidak bisa menghasilkan listrik yang cukup untuk mengalirkan listrik guna menyalakan mobil. Hal pertama untuk memeriksa apakah kunci kontak menjadi penyebab utamanya, adalah dengan melakukan pemeriksaan pada kunci kontak tersebut apakah menyambungkan listrik ke mesin atau tidak.

Terdapat dua cara melakukan pengecekan terkait kunci kontak atau ignitation switch ini, terutama ketika mobil tiba-tiba mati dan tidak bisa distarter, maka kelistrikan di dalam mesin mobil matic tersebut harus diperiksa dengan baik.

Namun jika kelistrikan masih berfungsi dengan baik, maka cobalah menyalakan tanpa melakukan perantara pada kunci kontak.

4. Busi yang Bermasalah

Penyebab mobil matic tidak bisa distarterselanjutnya mungkin saja karena busi yang dimiliki oleh mobil tersebut sudah tidak berfungsi dengan baik.

Sebab dalam mobil matic, busi menjadi komponen yang penting karena mempengaruhi bisa tidaknya starter dilakukan oleh pengguna.

Seumpama busi mengalami kerusakan, masalah, atau tidak dalam kondisi yang baik ketika digunakan, maka mobil tidak bisa distarter atau bisa namun sulit untuk dilakukan.

Fungsi busi sendiri dalam mobil matic adalah memastikan terjadi percikan api untuk menghidupkan starter, bisa dibilang itulah tugas busi ketika ia berjalan dengan normal.

Proses tersebut tidak akan berjalan dengan lancar, khususnya untuk busi yang kotor dan sudah berumur panjang. Mobil Anda akan berjalan dengan lancar lagi jika Anda mengganti busi tersebut dengan busi yang baru.

Namun sebelum diganti, Anda bisa melakukan pembersihan terlebih dahulu pada busi tersebut. Jika tidak mengalami perubahan, maka sebaiknya busi memang diganti dengan yang baru saja.

5. Dinamo Starter yang Bermasalah

Penyebab mobil matic tidak bisa distarterjika tidak karena beberapa faktor diatas, maka kemungkinan terletak pada dinamo starter dari mobil matic tersebut.

Dinamo starter memiliki fungsi yang penting pada mobil matic, yakni berguna untuk memicu mesin agar bisa hidup dan menyala.

Apabila terjadi kerusakan pada dinamo starter, sebab mobil distarter tidak mau hidupmungkin adalah faktor tersebut.

Tanda bahwa dinamo starter Anda rusak adalah mobil kadang bisa dinyalakan, kadang tidak, dan ketika dinyalakan terdapat bunyi kasar yang keluar pada mesin mobil.

Walaupun sudah terdengar suara, namun mobil masih belum bisa hidup sama sekali. Jika sudah  mengalami kerusakan pada dinamo starter, ada baiknya memperbaikinya langsung ke bengkel mobil langganan Anda.

Sebab jika memperbaikinya sendiri, kemungkinan berhasil masih cukup kecil dan malah akan menghabiskan waktu yang Anda miliki.

Selain diganti dengan yang baru, sebenarnya dinamo starter tetap bisa diperbaiki, namun tentu jika kondisinya belum terlalu buruk.

Jika sudah rusak, baik karena usia atau karena komponen lainnya, maka sebaiknya diganti dengan yang baru, terutama jika ingin kondisi mobil tetap prima.

6. Kondisi Sekring Bermasalah

Penyebab mobil matic tidak bisa distarter lain yang mungkin terjadi pada mobil matic Anda adalah sekring yang bermasalah, yang menjadi penyebab mengapa sering sekali mobil tidak dapat distarter.

Kondisi sekring yang kurang optimal, ataupun rusak akan berpengaruh besar pada proses starter yang dilakukan oleh mobil.

Di dalam dunia mesin mobil, sekring sering disebut sebagai fuse, yang memilik fungsi penting dalam untuk menjaga arus listrik di dalam mobil.

Jika aliran listrik ini tidak berfungsi dengan baik, maka kemungkinan keberhasilan ketika melakukan starter mobil matic cukup kecil. Penyebab mobil matic tidak bisa distarterini walaupun sederhana, namun sering diabaikan.

Ada bahaya lain yang mengintai jika sekring Anda tidak berfungsi dengan baik, selain sulit dan tidak bisa distarter, besar kemungkinan mobil matic yang Anda miliki akan terkena korsleting atau kebakaran.

Ini karena arus yang terdapat di dalam mobil matic terlalu besar atau terlalu kecil, sehingga membuat komponen lain harus beradaptasi.

Anda bisa melakukan pengecekan secara berkala kondisi sekring Anda ketika melakukan perawatan mobil kesayangan Anda di bengkel.

Proses pemeriksaan sekring tidak berlangsung lama, karena itu Anda tidak perlu merasa khawatir. Jika kondisi sekring buruk, maka sebaiknya diganti sesegera mungkin.

7. Fuel Pump yang Lemah

Terdapat faktor lain yang menyebabkan mobil matic gagal di starter, yaitu fuel pump yang lemah dan mulai kehilangan fungsinya.

Fuel pump melemah karena disebabkan udara yang dingin, dan mobil yang tidak dipanasi dengan baik. komponen ini memiliki keterkaitan dengan komponen pengisian bahan bakar.

Apabila fuel pump dingin maka ia bisa menjadi penyebab mobil matic tidak bisa distarter. Ini karena fuel pump akan membuat aliran bahan bakar kurang sempurna, padahal tugas dan fungsinya adalah mengalirkan bahan bakar dari tangki ke dalam karburator.

Anda dapat melihat apakah terdapat masalah pada fuel pump dengan mengeceknya melalui dashboard mobil, jika lampu indikatornya menyala dan berubah warna, kemungkinan ia terkena masalah cukup besar.

Jika mampu, Anda bisa memperbaikinya sendiri di rumah, namun jika tidak ingin hasilnya mengecewakan sebaiknya bawa ke bengkel atau datangkan montir ke rumah.

Bahan Bakar Tidak Mengalir dengan Baik

Kondisi bahan bakar yang habis memang bisa membuat proses starter mobil menjadi terhambat, namun ketika bahan bakar penuh masalah pada starter juga kemungkinan bisa terjadi.

Mobil yang sedang panas dan sedang dikemudikan kadang akan berhenti mendadak ketika aliran bahan bakar terhenti.

Bahan bakar yang terhenti tersebut akan membuat proses starter ulang tidak memungkinkan untuk dilakukan, atau jika dilakukan akan susah.

Masalah ini terjadi ketika bahan bakar yang biasanya langsung jatuh ke tangki harus tercampur dengan udara yang membuatnya menjadi dingin.

Inilah yang kemudian menjadi penyebab mobil matic tidak bisa distarter, ketika bahan bakar yang harusnya mengalir ke tangki dan membuat mesin menyala terhenti di dalam karburator, membuatnya macet dan sulit untuk di starter kembali. Anda hanya perlu menghentak pompa bahan bakar tersebut ke ruang mesin untuk mengatasinya.

8. Brush Dinamo Habis

Selain masalah pada dinamo starter, brush yang terdapat pada domino bisa membuat mobil matic sulit untuk di starter.

Ini juga membuat starter mulai rusak, sebab ia akan membuat starter harus dilakukan dengan lebih sering dan membuatnya sulit untuk dinyalakan kembali.

Brush atau sikat tersebut memiliki peran yang penting, yakni untuk menghubungkan arus listrik ke dalam aki, kemudian menghubungkanya dengan rotor untuk menyalakan mesin.

Berbeda jika brush tersebut mulai habis, maka proses yang berlangsung tersebut akan terganggu.

Walaupun aki dalam kondisi yang baik, namun jika brush dinamo tidak bisa melakukan fungsinya dengan maksimal maka tegangan yang dihasilkan akan lebih rendah.

Dengan begitu, perputaran yang dilakukan oleh dinamo starter akan lebih lambat, atau malah tidak berjalan sama sekali.

Inilah yang kemudian menjadi penyebab mesin sulit untuk dinyalakan ketika sudah mati.

Demikianlah informasi singkat mengenai penyebab mobil matic tidak bisa distarter.

Semoga dengan informasi tersebut Anda bisa mendapatkan pengetahuan baru dan tidak panik ketika mobil yang Anda naiki tiba-tiba tidak bisa distarter ulang.

Sebagai langkah pencegahan, jangan lupa untuk melakukan perawatan secara rutin agar kondisi mesin tetap prima.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *