10 Penyebab Mesin Mobil Bergetar, Baik Saat Diam atau Berjalan

penyebab Mesin Mobil Bergetar

Tanda-tanda mesin mobil yang mengalami masalah bisa dilihat dari getaran di bagian kabin.

Terkadang getaran tidak hanya terasa di bagian kabin saja, tetapi juga terasa di bagian pengemudi.

Getaran tersebut beberapa juga disertai dengan suara mendengung yang begitu mengganggu.

Auto baca: Penyebab Mesin Mobil Berat Saat AC Hidup

Alhasil, tingkat kenyamanan saat berkendara tidak lagi bisa dirasakan oleh pengemudi ataupun penumpang. Bahkan ketika mobil sedang diam pun masih terasa bergetar, itu lah mengapa anda harus mencari tahu penyebab mobil bergetar saat diam. Untuk itu, perlu diselidiki apa saja penyebab mesin mobil bergetar.

Beberapa orang mengira apabila masalah tersebut diakibatkan oleh pengereman mendadak yang sering dilakukan.

Padahal, faktor di baliknya tidak sesederhana itu. Pengetahuan masalah mesin memang tidak wajib dimiliki oleh setiap pemilik kendaraan.

Namun, setidaknya beberapa pengetahuan dasar seperti penyebab mesin bergetar perlu diketahui agar nantinya tidak bingung dalam mengambil keputusan.

Inilah Penyebab Mesin Mobil Bergetar

1. Busi Aus

Masalah busi memang sering sekali menjadi penyakit langganan yang dimiliki oleh berbagai jenis mobil.

Busi bisa dianggap sebagai inti dari mesin karena memiliki tugas yang sangat penting. Di dalam busi terdapat komponen berupa pemantik api yang berfungsi untuk melakukan proses pembakaran di dalam mesin.

Apabila pemantik tersebut aus, busi juga akan otomatis hilang fungsi. Akibatnya, mesin mengalami getaran dan bahkan mengeluarkan suara dengungan.

Jika sudah begini, solusi yang bisa dilakukan hanya dengan menggantinya. Apabila tidak diganti, mesin akan terus tersengal dan getaran bisa semakin besar.

2. Piston Goyang

Piston goyang juga bisa menjadi penyebab mesin mobil bergetar. Umumnya, piston yang masih baik-baik saja akan bergerak dengan lurus dan tidak goyang.

Piston terletak di bagian mesin, tepat di bawah kabin. Maka tidak heran apabila piston bergoyang, mesin menjadi bergetar dan terasa hingga bagian kabin.

Fungsi dari piston adalah membantu kerja mesin menjadi stabil dan tetap normal dalam kondisi medan apapun.

Biasanya, piston menjadi goyang karena oli mobil tidak diganti tepat waktu sehingga cara kerja mesin otomatis menjadi lebih berat.

Oleh karena itu, selain menyebabkan getaran, komponen piston yang goyang juga menyebabkan tenaga mesin loyo.

3. Setelan Mesin Tidak Tepat

Ketika mobil selesai diservis, adakalanya mesin justru mengeluarkan getaran dan terasa tidak pas ketika dikendarai. Hal tersebut bisa saja terjadi karena setelan mesin yang tidak tepat pada tempatnya.

Bukan tidak mungkin apabila beberapa bengkel kurang mahir dalam memperbaiki mesin, sehingga justru membuat setelannya kacau.

Tanda setelan mesin tidak tepat bukan hanya bisa dilihat dari munculnya getaran saja. Anda juga bisa melihat bagian penunjuk tingkat putaran mesin untuk mengetahuinya.

Nah, untuk solusi agar mesin tidak lagi bergetar maka perlu dilakukan lagi tune up mekanik pada bengkel yang jelas berpengalaman.

4. Engine Mounting Bermasalah

Fungsi utama dari engine mounting adalah meredam getaran yang timbul ketika mesin dijalankan.

Semua mesin ketika dihidupkan pastinya akan mengeluarkan suara, hanya saja dengan tingkat volume yang berbeda-beda.

Jika bagian engine mounting bermasalah, maka secara otomatis engine mounting tidak dapat meredam suara hingga akhirnya terdengar.

Tugas dari engine mounting adalah menyambungkan komponen baut pada bagian sasis mobil.

Jika mendadak kendor, maka bisa menjadi penyebab mesin mobil bergetar. Bisa juga dikarenakan bantalan karet yang ada di dalamnya  telah aus sehingga pecah.

Jika sudah begitu, solusinya adalah mengganti baut atau bagian bantalan dengan yang baru.

5. Kanvas Kopling Aus

Apabila kanvas pada bagian kopling aus, maka sudah bisa dipastikan sebagai penyebab mesin mobil bergetar.

Jika tingkat keausannya sudah parah, maka suara getaran yang dihasilkan juga semakin terdengar jelas dan otomatis menjadikan kendaraan tidak nyaman ditumpangi.

Getaran ini juga akan mengganggu ketika mobil melewati medan yang terjal.

Secara umum, mesin bergetar yang dikarenakan kanvas kopling aus adalah karena mesin tidak mampu menyalurkan tenaga ke roda dengan maksimal.

Mesin bekerja terlalu berat sehingga fungsi transmisi menjadi tidak maksimal. Cara mengatasinya hanya bisa dilakukan dengan mengganti kanvas kopling yang aus dengan yang baru.

6. Peredaran Bahan Bakar yang Tidak Lancar

Penyebab mesin mobil bergetar selanjutnya adalah karena peredaran bahan bakar tidak terlalu lancar.

Bahan bakar yang seharusnya bisa mengalir ke seluruh penjuru mesin, mungkin saja tersumbat karena beberapa komponen yang bermasalah. Biasanya komponen yang paling mungkin adalah injektor.

Injektor memiliki fungsi untuk menyemburkan bahan bakar ke seluruh bagian mesin agar fungsinya bisa maksimal.

Apabila pada bagian injektor ada yang tersumbat kotoran, maka otomatis fungsi tersebut tidak bisa dijalankan secara maksimal.

Itulah mengapa akhirnya  mobil menjadi memiliki getaran di bagian kabin.

7. Distributor Rusak

Pada setiap mobil, distributor memegang peranan yang sangat penting. Fungsinya adalah untuk mengarahkan tegangan tinggi dari koil menuju bagian busi.

Cara kerja dari distributor pada dasarnya adalah memutus dan menghubungkan tegangan ke dalam rangkaian primer sehingga mampu menghasilkan tegangan tinggi.

Hal yang menjadikan distributor sebagai penyebab mesin mobil bergetar adalah terkena cipratan air atau bahkan air masuk saat proses dicuci.

Karena cara kerjanya berhubungan dengan tegangan arus, maka tidak heran apabila bagian ini terkena air, secara otomatis fungsinya akan menurun. Lalu, muncul suara getaran yang begitu mengganggu.

8. Setelan Karburator

Tidak semua mobil menggunakan sistem karburator pada bagian mesinnya. Hal ini karena penggunaan karburator sebenarnya dinilai kurang efektif.

Jika bagian penutup karburator tidak tertutup rapat, maka bukan hanya getaran yang terjadi, tetapi bisa sangat membahayakan mesin.

Kemungkinan kurang rapatnya penutupan karburator pada mesin mobil terjadi ketika mobil selesai dibuka atau dicek mesinnya.

Sikap kurang teliti tersebut tentunya akan sangat merugikan apabila dibiarkan begitu saja.

Untuk itu, memastikan setiap mesin tertutup dengan baik juga perlu dilakukan. Anda mungkin bisa melakukan pengecekan secara berkala.

9. Seringnya Pengereman Mendadak

Mungkin banyak yang belum mengetahui apabila pengereman secara mendadak bisa menjadi penyebab mesin mobil mengalami getaran.

Apalagi jika pengereman dilakukan ketika mobil melaju pada kecepatan tinggi. Misalnya saja Anda melakukan pengereman mendadak di kecepatan 80km/jam, maka bisa dipastikan akan muncul getaran di bagian mobil.

Jika pengereman secara mendadak dilakukan terlalu sering, maka tingkat kecakraman juga akan lecet.

Solusi paling tepat adalah dengan mengganti bagian cakram rem karena apabila dibiarkan terus menerus justru akan membahayakan dan dapat menjadi penyebab setir mobil bergetar.

Namun, perlu diketahui apabila penyebab mesin mobil bergetar satu ini sifatnya cukup fleksibel.

10. Kerusakan As Roda

Penyebab lainnya yang bisa mengakibatkan mesin mobil bergetar adalah adanya kerusakan di bagian as roda.

Letak bagian as roda berada di tengah-tengah dan menjadi pusat perputaran. Jika bagian as tersebut rusak atau mengalami masalah, maka efeknya hanya akan membuat mesin menjadi tidak stabil.

Ban selip bisa juga menjadi faktor kerusakan as roda. Apalagi jika memang medan yang dilewati terasa licin.

Hal yang berbahaya adalah masih banyak orang yang mengabaikan masalah kerusakan di bagian as roda.

Padahal, apabila dibiarkan, tidak hanya getaran saja yang muncul, roda bisa mendadak terlepas dari mobil.

Selain penyebab diatas, ada juga masalah mesin mobil bergetar saat ac dinyalakan, biasanya ini juga disebabkan oleh kinerja mesin yang sudah mulai aus sehingga mempengaruhi ac mobil.

Informasi seputar penyebab mesin mobil bergetar tersebut perlu diketahui oleh setiap pemilik kendaraan.

Tujuannya agar bisa mengantisipasi atau bahkan mencegah masalah tersebut muncul dan mengakibatkan perbaikan pada mobil.

Jika ada antisipasi terlebih dahulu, maka peluang kerusakan pasti akan sangat minim.

Mungkin sebagian dari juga bertanya terkait masalah umum dibawah ini:

Apa penyebab mesin mobil bergetar?

Penyebab Mesin Mobil Bergetar cukup keras dan mungkin terasa hingga ke kabin mobil bisa jadi dikarenakan komponen piston mobil anda telah aus dan menyebabkan gerakannya tidak mulus seperti pada awalnya.

Kenapa mobil Avanza bergetar?

Ada banyak hal yang dapat menyebabkan mobil avanza anda bergetar, salah satunya bisa disebabkan oleh engine mount. Fungsi dari engine mount ini adlaah meredam getaran yang timbul ketika mesin berjalan.

Apakah penyebab goncangan ketika berkendara sebutkan?

Menurut ahli kami, ada 10 kemungkinan penyebab goncangan ketika berkendara yaitu ban tidak balance, kerusakan as roda, rem mendadak, setelan karburator, distributor rusak, peredam bahan bakar tidak berfungsi, kanvas kopling aus, engine mount bermasalah, piston goyang, busi aus dan setelah mesin tidak tepat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *