8 Penyebab Kenapa Mobil Tidak Bisa Distarter Saat Mesin Panas

Penyebab kenapa mobil tidak bisa distarter saat mesin panas

Penyebab kenapa mobil tidak bisa distarter saat mesin panas ada beberapa. Banyak juga orang yang tidak menduga beberapa faktor penyebabnya. Mari baca selengkapnya.

Mobil tidak bisa distarter bunyi tek tek itu tidak melulu disebabkan karena masalah pada aki saja. Ada berbagai faktor penyebab yang lain yang menyebabkan mobil jadi susah untuk distarter.

Penyebab kenapa mobil tidak bisa distarter saat mesin panas

1. Masalah busi

Mobil dapat susah distarter karena masalah pada busi mobil tersebut. Sebenarnya tidak hanya mobil yang kerap mengalami masalah pada busi tetapi juga sepeda motor.

Memang busi ini adalah komponen yang dipakai untuk sistem starter mobil. Jadi harus dipastikan tidak ada masalah.

Apabila memang bagian busi mengalami masalah, efeknya ya ke starter mobil tersebut. Biasanya karena busi sudah terlalu lama digunakan dan menjadi kotor. Bisa juga karena busi sudah usang. Jadi salah satu dari kedua penyebab tersebut yang dapat menimpa busi mobil kamu.

Busi dalam kondisi yang buruk juga dapat menyebabkan mobil susah untuk distarter saat mesin panas. Apalagi jika mobil sering digunakan untuk bepergian ke luar kota. Maka kondisi busi akan cepat rusak.

2. Koil Terlalu Panas

Selain busi koil juga memiliki fungsi menyalakan starter mobil. Sehingga koil tidak boleh bermasalah.

Fungsi dari koil sendiri yakni menggandakan tegangan listrik dengan jumlah yang benar-benar besar ke aki, dapat mencapai ribuan volt.

Arus listrik jadi dapat mengalir ke busi, dan memantik pijaran bunga api. Apabila memang sewaktu-waktu mobil kamu jadi susah untuk distarter. Maka kamu dapat mencoba melakukan pengecekan di koil.

Di mana koil yang rusak ini dapat diketahui melalui suhu yang terlalu panas. Untuk memperbaikinya maka kamu dapat melakukan penggantian komponen koil.

Dengan begitu sistem mobil dapat berjalan seperti semula lagi dan tidak susah untuk distarter.

3. Aliran bahan bakar tak lancar

Penyebab berikutnya karena aliran bahan bakar tak lancar. Kondisi mobil yang susah untuk distarter ini biasa terjadi ketika mesin mobil panas.

Faktor penyebabnya yakni aliran bahan bakar tidak terdistribusi dengan sempurna dari tangki menuju mesin. Karenanya bahan bakar tak bercampur dengan udara. Dan mobil pun jadi tak dapat distarter.

Apakah aliran bahan bakar tak lancar ini selalu menyebabkan mobil tak dapat distarter ketika mesin panas saja?

Ternyata tidak…

Mobil susah distarter saat mesin dingin juga dapat diakibatkan karena faktor ini. Yang biasanya dialami oleh orang-orang ketika pagi hari.

Adapun penyebabnya yakni pompa bahan bakar atau fuel pump yang dari tangki ke karburator melemah. Dikarenakan kondisi dingin.

Untuk itu cukup hentak fuel pump pada bagian dalam ruang mesin, sehingga dapat kembali berfungsi dengan baik.

4. Dinamo ampere rusak

Dikenal juga dengan nama Alternator. Alternator yang rusak juga merupakan faktor penyebab susah starter pada mobil.

Karena alternator ini adalah komponen penting dengan fungsi mengalirkan listrik pada aki. Kalau memang part ini rusak jadi mobil sudah pasti tak akan dapat menyala, meskipun aki baru beli.

Sesungguhnya alternator ini tak gampang rusak. Lain halnya jika mobil sudah digunakan lama. Sudah melebihi 8 tahun maka alternator jadi gampang rusak.

Apabila ini yang menimpa mobil kamu maka kamu dapat pergi ke bengkel untuk melakukan perbaikan.

5. Water Temperatur Sensor yang Bermasalah

Penyebab kelima adalah Water Temperatur Sensor mobil mengalami masalah. Ini adalah sensor suhu pada mobil kamu.

Apabila bermasalah dapat menyebabkan mobil jadi susah untuk distarter. Apabila memang WTS ini rusak. Efeknya adalah ke sistem injeksi.

Jadi sistem injeksi mobil akan ikut terganggu. Mobil pun jadi tak dapat dinyalakan.

Karenanya sebelum bepergian jauh harus dipastikan kalau Water Temperatur Sensor mobil kamu masih dalam kondisi yang bagus. Kalau sudah distarter di tengah perjalanan kan repot tuh? Mana kalau di kota kecil agak susah cari bengkel mobil yang bagus.

6. Kompresi bahan bakar bermasalah

Mobil dapat menjadi susah distarter karena kompresi bahan bakar bermasalah. Hal ini sering menjadi sebab mobil distarter tidak mau hidup.

Kalau kamu mencoba menstarter mobil kemudian terdapat percikan api. Maka yang harus diperiksa dalam kondisi ini yakni kompresi bahan bakar mobil.

Umumnya masalah yang dialami kompresi bahan bakar ini yakni disebabkan karena terjadinya hambatan aliran bahan bakar terlalu rendah.

Sehingga mobil pun jadi tidak dapat dinyalakan. Supaya bisa kembali menyala atau supaya bisa kembali distarter maka mobil harus dibawa ke bengkel dan menyelesaikan masalah pada kompresi bahan bakar mobil kamu.

7. Tenaga dinamo starter kurang

Kalau untuk mobil diesel susah distarter saat mesin panas maka dapat dideteksi ketika mesin distarter ketika kondisi mesin masih dingin.

Saat mesin masih di dalam kondisi dingin dan saat distarter mesin sudah terasa berat. Maka itu dapat menjadi tanda jika tenaga dinamo starter yang memutar mesin kurang.

Namun dengan catatan kondisi aki mobil diesel masih dalam kondisi bagus dan bisa digunakan dengan baik.

8. Panas berlebihan di klem kabel pada kepala aki

Yang kedelapan ini adalah penyebab susah starter mesin diesel. Untuk mengeceknya, maka ketika kondisi mesin masih panas, coba raba di sambungan kabel aki entah yang positif ataupun yang negatif.

Ketika mesin terasa berat saat hendak distarter. Di sambungan klem kabel pada kepala aki, apabila dikleman aki kamu merasakan panas berlebihan.

Maka itu dapat dijadikan tanda penyebab starter yang susah atau berat. Di mana beban arus listrik terlalu besar. Sementara arus listrik yang dapat mengalir terbatas. Karena serabut kabel di klem kabel sudah korosi.

Bisa juga karena lapisan serabut ada kerak. Sehingga aliran arus listrik yang besar terhalang dari klem kabel.

Mendeteksi mesin diesel yang sulit distarter ketika mesin panas menggunakan tang amper

Kamu dapat menggunakan tang amper atau clamp meter. Gunakan untuk mengukur aliran arus listrik. Saat mesin distarter dan terasa berat, kamu check apakah arus listrik mengalir menuju dinamo starter itu sesuai specs maks dinamo starter ataukah tidak.

Hal-hal yang dapat kamu lakukan saat mobil tak dapat distarter

1. Mengganti yang baru

Di atas sudah dijelaskan beberapa penyebab mobil tak dapat distarter saat mesin panas. Beberapa di antaranya yakni disebabkan oleh busi, koil, platina, kabel, dan aliran bahan bakar terganggu.

Apabila memang kondisi tersebut yang dialami oleh mobil kamu. Maka langsung saja ganti koil, atau kabel yang bermasalah. Apabila kerusakan di platina maka amplas. Boleh juga diganti jika malas mengampelas.

2. Menarik selang bensin dari tangki

Ketika mobil tak dapat menyala karena masalah starter. Maka kamu bisa mencoba menyedot melalui selang bensin, memakai mulut.

Apabila letak selang bensin mobil terlalu pendek, maka pakai sedotan. Apabila memang saat kamu sedot terasa ringan tandanya aliran dari tangki lancar.

Jika ini kondisinya, maka pastikan jika dalam tangki ada bensin atau tidak. Apabila ada tetapi tetap tak dapat kamu nyalakan. Mungkin masalah karena filter bensin yang kotor.

Karena itu harus dicuci, terkadang pada kondisi tertentu mengharuskan kamu mengganti filter bensin yang baru. Bisa juga karena kondisi pompa yang melemah.

Namun apabila saat disedot terasa berat. Kondisinya adalah selang pipa beserta tangki bensin harus dikuras.

Cara mengatasi mesin diesel yang sulit distarter ketika mesin panas

Sebelumnya sudah disebutkan kalau mesin diesel yang susah distarter ketika mesin panas yakni karena usia. Jadi terdapat masalah di sambungan klem kabel.

Jadinya arus listrik pun tak dapat maksimal sesuai dengan kebutuhan dinamo starter dan juga beban mesin. Oleh karena itu cara paling mudah menyelesaikannya yakni menambahkan kabel berukuran cukup besar.

Minimal yang hampir sama ukuran kabel asli di mobil kamu. Kamu dapat menambahkan kabel di bagian positif dan bagian negatif.

Contohnya adalah pada mesin mobil Mazda bt50 diesel. Yang menggunakan kabel tambahan karena mobil sudah distarter ketika kondisi mesin diesel panas. Di masing-masing klem aki sudah ditambahkan dengan kabel jenis NYAF dengan ukuran 16 mm.

Juga sudah diklem dengan skun tembaga yang baru. Lalu kabel di klem aki negatif disconnect langsung pada mesin menggunakan baut.

Sementara itu untuk kabel di klem positif kamu sambungkan dengan terminal stand by. Atau kabel besar / terminal 30, di dinamo starter.

Setelah melakukan itu hasilnya walaupun mesin masih belum pernah hidup, dengan kata lain masih dalam kondisi dingin. Saat distarter mesin diesel mobil langsung menyala greng.

Tidak hanya pada saat kondisi mesin diesel dingin saja. Tetapi juga setelah dicoba saat kondisi mesin diesel mobil panas cukup sekali starter saja mesin langsung hidup dan sama sekali tidak susah untuk distarter.

Penyebabnya karena sudah ditambahkan kabel, maka arus listrik mengalir dari aki dapat maksimal. Sehingga kebutuhan dinamo starter pun mencukupi.

Perbedaan dengan motor

Apabila mobil susah untuk distarter memang berbeda dengan kondisi pada sepeda motor yang sudah distarter. Di mana motor itu memakai kick starter.

Apabila starter mobil macet maka mobil tak dapat dinyalakan. Kalau mobil yang menggunakan transmisi manual. Cara paling mudah adalah dengan mendorong mobil, agar bisa menyalakan mesin dengan cara menurunkan transmisi.

Kalau mau bepergian jauh maka harus dipastikan untuk selalu melakukan perawatan komponen starter. Memang komponen starter ini adalah hal yang penting untuk diperhatikan, walaupun hingga sekarang masih banyak orang yang menyepelekan part ini.

Dengan komponen starter yang selalu dirawat dengan baik maka kondisi starter macet dapat dihindari. Jangan pernah memaksa kerja dinamo jika memang sudah distarter.

Karena kalau terus menerus dipaksakan ketika mesin tak mau menyala akibatnya adalah starter mobil jadi rusak. Tentu kamu tidak ingin itu terjadi bukan.

Saat dinamo starter macet dan dipaksakan menyalakan mesin, efeknya dinamo menjadi sangat panas. Kalau terlalu panas komponen dalam dinamo jadi bisa terbakar dan rusak.

Sekian info tentang 8 Penyebab kenapa mobil tidak bisa distarter saat mesin panas, sekarang kamu tahu penyebabnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *