15 Oli Mesin Motor Terbaik dan Harganya 2021

oli mesin motor terbaik

Motor membutuhkan oli yang berkualitas agar mesin awet dan bertenaga. Pemilihan oli juga harus sesuai karena komposisinya berbeda.

Motor matic membutuhkan oli khusus dan hal yang sama berlaku untuk motor sport serta lainnya.

Untuk mengetahui apa saja oli mesin motor terbaik, Anda membutuhkan referensi yang tepat.

Baca juga: Oli Mesin Diesel Terbaik

Oli bertugas sebagai pelumas sehingga mesin dapat beroperasi dengan mudah. Fungsi lain adalah menjaga suhu dan perekat serta mengurangi karat.

Tanpa oli, mesin mudah panas dan bersuhu tinggi. Jika oli habis, karat akan muncul dan gesekan mesin bisa membuat performa motor berkurang.

Anda tidak ingin hal tersebut terjadi. Dengan bantuan oli, motor menjadi ringan dan bisa terus bekerja dalam waktu lama.

Daftar Oli Mesin Motor Terbaik

Dibawah ini daftar oli mesin motor terbaik. Ket: ini adalah kisaran harga di pulau jawa.

NoMerek OliHarga
1Shell40.000
2Yamalube37.500
3Castrol Power 146.500
4Castrol Activ 2T37.000
5Top 144.000
6AHM Oil MPX-128.500
7AHM Oil SPX-246.000
8Evalube Scootix26.000
9Federal31.000
10Motul73.000
11Pertamina Enduro40.000
12Repsol35.000
13Pertamina Mesran29.000
14Pertamina Fastron72.000
15Evalube Pro Racing40.000

Penjelasan lebih detail, silahkan simak dibawah ini.

Shell

oli mesin motor terbaik

Sumber gambar: shopee.com

Oli mesin motor terbaik yang pertama adalah Shell Advance. Nama Shell sudah tidak asing lagi karena sering muncul di iklan atau promosi.

Namun, Anda mungkin jarang memakainya karena belum menyadari kapasitas dan kapabilitas oli tersebut.

Produksi Shell sangat cocok untuk mesin yang membutuhkan tekanan stabil. Mesin akan lebih bertenaga dan mampu meningkatkan kerja motor.

Komposisi oli menggunakan bahan berkualitas. Shell juga menambahkan sedikit aditif agar kinerja oli sesuai harapan.

Penggunaan oli shell yang rutin akan membantu meningkatkan daya tahan mesin.

Selain itu, Anda akan melihat perbedaannya saat sedang berkendara dengan kecepatan tinggi. Mesin lebih stabil dan halus. Oleh karena itu, Shell layak masuk daftar oli terbaik.

Yamalube

oli mesin motor terbaik

Sumber gambar: tokopedia.com

Produk oli motor terbaik berikutnya adalah Yamalube. Produsen motor Yamaha juga membuat oli sendiri.

Mereka mengerti mesin dan segera menambahkan produk oli yang cocok untuk motor buatan pabrikan tersebut.

Yamalube terdiri dari beberapa tipe tergantung jenis mesin. Anda juga mudah menemukan oli ini di dealer dan bengkel resmi.

Yang membuat oli ini menjadi Andalan adalah kompatibilitas dengan mesin. Para engineer yamaha mengetahui apa yang dibutuhkan agar mesin tetap dalam kondisi prima.

Selain sparepart, mereka juga menyertakan produk oli. Bahan yang yang dipakai berkualitas tinggi dan mampu menjaga mesin agar awet. Inilah yang membuat banyak orang senang memakai Yamalube.

Castrol Power 1

oli mesin motor terbaik

Sumber gambar: blibli.com

Anda mencari oli mesin motor terbaik dan jawabannya adalah Castrol Power 1. Ini merupakan produk khusus untuk motor sport.

Oli tersebut menggunakan komposisi material yang mampu menjaga fungsi dan kinerja mesin.

Keunggulan lain adalah penggunaan oli relatif efisien. Artinya, Anda tidak perlu khawatir kehabisan oli meskipun lupa mengisi ulang.

Saat ingin mengisi baru, oli masih sisa banyak karena efisien Castrol cukup tinggi. Oli ini juga versatile yaitu bisa untuk motor sport merk apapun.

Castrol Activ 2T

oli mesin motor terbaik

Sumber gambar: blibli.com

Castrol juga memproduksi oli dengan varian activ 2T. Ini merupakan oli yang mampu mengurangi emisi.

Secara umum, motor akan mengeluarkan gas sisa pembakaran. Apabila oli terlalu banyak yang keluar, gas tersebut semakin pekat. Namun, Anda bisa menguranginya dengan oli ini.

Keunggulan produksi Castrol tersebut adalah tahan lama serta mengandung bahan berkualitas.

Oli juga berguna untuk menjaga mesin agar tidak aus dan karat. Pemilik motor akan merasakan performa berbeda terutama saat oli dalam keadaan penuh. Inilah kapabilitas Castrol activ 2T yang dapat diperoleh langsung.

Top 1

oli mesin motor terbaik

Oli mesin motor 2 tak terbaik yang direkomendasikan adalah Top 1. Setiap mesin membutuhkan pelumas khusus sehingga oli yang dipakai berbeda.

Produk buatan Top One memiliki varian khusus untuk motor dengan mesin 2 tak.

Oli tersebut mampu memberikan performa tinggi. Kinerja mesin lebih stabil dan gas buang tidak pekat.

Selain itu, oli juga lebih efisien serta tidak memiliki zat kimia berbahaya. Sebagai tip, Anda sebaiknya memakai oli dengan merk sama untuk motor tersebut.

Setelah mengganti ke Top One, gunakan oli yang sama saat pengisian berikutnya.

AHM Oil MPX-1

oli mesin motor terbaik

Sumber gambar: blibli.com

AHM Oil MPX-1 merupakan salah satu oli mesin motor terbaik. Produk ini merupakan hasil produksi perusahaan AHM. Seperti yang telah diketahui bersama, AHM adalah produsen utama motor Honda.

Engineer di perusahaan tersebut mengetahui seluk beluk mesin lalu secara khusus membuat formula oli. Hasilnya, Anda akan merasakan motor bertenaga setelah memakai oli tersebut.

Komposisi menggunakan komposisi yang aman dan tidak berbahaya. Selain itu, harga terjangkau sehingga cocok untuk berbagai tipe motor.

Anda bisa memperoleh oli tersebut dengan mudah karena mayoritas bengkel pasti menyediakan stok. Inilah keunggulan dari AHM Oil.

AHM Oil SPX-2

oli mesin motor terbaik

Oli mesin motor terbaik selanjutnya adalah AHM Oil SPX-2. Produk ini mampu meningkatkan kinerja mesin dan menjaganya agar tetap awet.

Selain itu, penggunaan oli lebih hemat dan efisien. Anda bisa memakai oli tersebut ke motor yang tepat.

Komposisi oli menggunakan bahan berkualitas. Artinya, Anda tidak perlu khawatir ketika haru memakai oli ini.

Selain itu, kapabilitas oli sudah disesuaikan dengan kebutuhan mesin. Perlu diketahui bersama, AHM Oil bukan hanya oli motor untuk produk buatan Honda.

Merk lain dapat menggunakannya apabila kompatibel. Hasilnya juga cukup bagus terutama untuk penggunaan harian.

Evalube scootix

oli mesin motor terbaik

Evalube Scootix merupakan oli terbaik untuk motor matic injeksi. Mesin motor berkembang dari karburator lalu beralih ke injeksi.

Penerapannya tidak hanya pada motor sport dan moped tetapi juga matic. Anda perlu memilih oli yang tepat dan sesuai dengan mesin. Pilihannya adalah produk buatan Evalube.

Oli ini memang khusus dibuat untuk matic. Komposisinya menggunakan material berkualitas tinggi serta aman.

Oli dapat meningkatkan kinerja mesin dan menjaga konsumsi bahan bakar stabil.

Anda juga tidak perlu ragu ketika ingin berkendara jarak jauh. Oli ini bisa mempertahankan performa mesin serta mengurangi suhu tinggi.

Federal

oli mesin motor terbaik

Nama Federal sudah tidak asing lagi di industri otomotif. Ini merupakan merk oli mesin motor terbaik.

Anda dapat menggunakannya untuk beberapa tipe mesin seperti karburator, injeksi, dan matic. Oli akan meningkatkan kinerja dan fungsi mesin secara stabil.

Produk oli Federal sangat direkomendasikan untuk berbagai kalangan sebab harga terjangkau serta berkualitas tinggi.

Produsen membuat oli tersebut dengan bahan bermutu tinggi. Prosesnya harus masuk seleksi ketat sehingga hasilnya sudah terjamin.

Selain itu, oli juga memiliki komponen yang menjaga suhu mesin tetap stabil. Ketika mesin terlalu keras bekerja, oli sebagai pelumas juga menyalurkan panas dan menetralkan suhu tersebut.

Motul

oli mesin motor terbaik

Anda mencari oli motor termahal dan jawabanya adalah Motul. Banyak yang mengatakan bahwa oli ini cukup keras.

Motor terasa dipacu lebih dari sebelumnya. Anda mungkin merasakan perbedaan tersebut karena mengganti ke Motul untuk pertama kali.

Komposisi oli ini memang membuat mesin bisa meningkatkan kinerja secara signifikan.

Sebenarnya, harga sebuah oli adalah relatif yaitu mahal dan murah tergantung kebutuhan. Khusus oli Motul, Anda akan mengerti mengapa harganya sedikit di atas rata-rata.

Akan tetapi, level harga tersebut masih terjangkau. Anda sebaiknya fokus ke komposisi dan fungsi. Ini merupakan oli yang sering ada di garasi kompetisi.

Motor untuk balap menggunakan oli tersebut sehingga Anda sudah mengerti mengapa memilih produk ini.

Pertamina Enduro

oli mesin motor terbaik

Oli mesin motor matic terbaik yang tepat adalah Enduro buatan Pertamina. Produk ini sering menjadi rekomendasi bengkel baik resmi atau umum.

Anda dapat memakai oli tersebut untuk beberapa tipe motor matic termasuk yang premium.

Keunggulan Enduro adalah membuat mesin awet sehingga dapat bekerja lebih lama. Selain itu, komposisi dan material oli memakai bahan berkualitas.

Oli juga mampu menjaga mesin dari karat dan aus akibat gesekan serta panas berlebih. Fungsi oli ini sudah menunjukkan kapabilitasnya. Anda tidak ragu lagi saat memilih produksi Pertamina Enduro.

Repsol

oli mesin motor terbaik

Repsol juga masuk kategori oli mesin motor terbaik. Produk ini dahulu menjadi bagian dari Honda karena adanya kerjasama kompetisi.

Seperti Shell dan Pertamina, Repsol merupakan perusahaan minyak. Mereka lalu berekspansi ke bidang otomatis terutama oli

Repsol memproduksi oli dengan proses bermutu tinggi. Bahan yang dipakai juga harus melalui uji mutu.

Dengan cara ini, oli mampu memberikan kinerja optimal. Anda dapat merasakan langsung kinerjanya saat naik motor jarak jauh.

Mesin tetap stabil dan konsumsi oli cukup efisien. Ini merupakan keunggulan oli Repsol yang cocok untuk berbagai merk.

Pertamina Mesran

oli mesin motor terbaik

Oli mesin motor terbaik yang lain adalah Mesran buatan Pertamina. Anda datang ke bengkel lalu cek etalase oli. Merk ini pasti mudah ditemukan.

Oli memiliki kapabilitas untuk meningkatkan performa mesin. Anda dapat memakainya untuk beberapa tipe mesin asalkan varian yang dipilih sesuai. Selain itu, oli ini juga memiliki harga terjangkau.

Produk oli buatan Pertamina sudah dikenal luas sebagai salah satu yang terbaik. Produsen tersebut mengetahui karakter motor dan mesin yang ada di Indonesia.

Selanjutnya, proses produksi juga menggunakan komposisi bermutu tinggi. Prosesnya diawasi ketat sehingga hasil tidak diragukan lagi.

Pertamina Fastron

oli mesin motor terbaik

Pertamina juga memproduksi varian oli yang lain. Merk tersebut bernama fastron. Ini merupakan oli khusus untuk sport.

Saat memakai oli ini, mesin akan bekerja lebih cepat dan stabil. Anda merasakan bahwa performa berbeda dari sebelumnya.

Produk ini juga memakai bahan yang sudah melalui seleksi ketat. Anda tidak perlu khawatir mengenai mutu dan kualitas.

Hasil produksi dipastikan mampu memenuhi ekspektasi. Satu lagi keunggulan oli ini adalah efisien cukup tinggi sehingga lebih hemat untuk penggunaan jangka panjang.

Evalube Pro Racing

oli mesin motor terbaik

Anda dapat memakai Evalube Pro Racing untuk motor sport. Ini merupakan produk oli mesin motor terbaik.

Motor akan lebih bertenaga terutama saat putaran rpm tinggi. Tarikan juga enteng dan mudah. Selain itu, mesin tidak bergetar karena oli membuat kerja mesin lebih stabil.

Evalube memilih bahan berguna dan berkualitas sebelum produksi. Prosesnya juga ketat dan sesuai prosedur.

Hasilnya, oli mampu memberikan fungsi dan kapabilitas tinggi. Satu lagi yang perlu diperhatikan adalah harga terjangkau untuk siapapun.

Daftar diatas menunjukkan bahwa oli mesin motor terbaik berasal dari berbagai merk, brand, dan produsen.

Beberapa nama sudah terkenal misalnya Yamalube yang sering dipakai pengguna motor Yamaha. Ada juga AHM Oil dan lainnya.

Anda bisa mencoba oli yang lain sebagai pembanding. Setelah itu, gunakan yang terbaik dari daftar terbaik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *