10 Merk Oli Mesin Motor 4 Tak Terbaik 2021 Beserta Harganya

https://www.adamprasetya.com/perbedaan-mesin-2-tak-dan-4-tak/

Memperhatikan spesifikasi dalam memilih oli adalah hal yang sangat penting untuk Anda lakukan.

Kualitas dari oli seperti API service serta kekentalannya yang dikenal dengan sebutan SAE, merupakan dua hal yang tidak boleh Anda abaikan saat memutuskan untuk menggunakan merek suatu oli yang nantinya ingin digunakan.

Hal itu dikarenakan pemakaian oli harus disesuaikan dengan konstruksi serta karakter dari mesin motor Anda.

Baca juga: Perbedaan Mesin 2 Tak dan 4 Tak

Berikut adalah rekomendasi oli mesin motor 4 tak terbaik untuk motor.

Beberapa Merek Oli Terbaik untuk Motor Anda

Ringkasan daftar harga merek oli mesin motor 4 tak terbaik.

NoMerekHarga per Ltr
1AHM OilRp. 40.000
2MesranRp. 50.000
3YamalubeRp. 35.000
4RepsolRp. 37.500
5EnduroRp. 40.000
6FederalRp. 37.500
7ShellRp. 30.000
8CastrolRp. 70.000
9MotulRp. 47.000
10Top OneRp. 30.000

*Harga diatas adalah harga perliter, terkadang dalam satu kemasan ada yang 0.8 liter, selain itu harga bisa berbeda-beda tergantung lokasi anda.

AHM oil

Oli Mesin Motor 4 Tak Terbaik

Untuk merk oli motor pertama yang perlu untuk direkomendasikan bagi Anda yaitu oli motor dengan merk AHM oil.

AHM merupakan singkatan dari Astra Honda Motor karena memang oli ini diproduksi oleh perusahaan tersebut.

Dan karena oli ini diproduksi oleh perusahaan Honda, tentunya oli ini akan bekerja maksimal pada motor-motor merek Honda. Harga oli ini sangatlah terjangkau untuk kantong Anda.

Untuk satu liternya dibanderol dengan harga sekitar Rp 40.000.

Oli ini dibedakan menjadi 4 jenis berdasarkan spesifikasinya antara lain yaitu: Oli AHM SPX-2, Oli AHM SPX-1, Oli MPX-2 serta Oli AHM MPX-1.

Bagi Anda yang memiliki motor dengan merek Honda, maka disarankan untuk membeli oli yang memang resmi dari perusahaan Honda ini.

Namun, Anda yang memiliki motor selain Honda juga tetap bisa menggunakan oli ini. Anda hanya cukup pastikan spesifikasi motor Anda dengan oli memang sesuai.

Mesran

Oli Mesin Motor 4 Tak Terbaik

Oli motor yang satu ini merupakan oli yang terkenal di kalangan para montir sepeda motor ataupun mobil. Merupakan oli yang diproduksi oleh Pertamina Indonesia.

Oli ini termasuk dalam salah satu oli terbaik di negara Indonesia, selain karena oli ini memiliki kualitas yang bagus, oli ini juga dirancang oleh para insinyur-insinyur muda berbakat di Indonesia.

Meskipun oli ini merupakan karya anak bangsa, namun jangan salah, karena dari segi kualitas, oli-oli ini tak kalah dengan oli-oli buatan negara maju.

Dengan Anda menggunakan oli merek Mesran ini, maka dapat dikatakan Anda telah mendukung gerakan cinta produk dalam negeri.

Selain karena kualitasnya yang memang sudah teruji, hal yang membuat oli mesin motor 4 tak ini banyak digemari oleh para montir yaitu harganya yang cukup terjangkau dan juga bersahabat.

Anda cukup mengeluarkan uang Rp 50.000 untuk membeli 1 liter oli dengan merek mesran ini.

Banyak montir motor yang lebih menyarankan para penggunanya menggunakan oli dengan merek Mesran ini.

Yamalube

Oli Mesin Motor 4 Tak Terbaik

Jika dilihat dari namanya mungkin Anda sudah mampu untuk menebak bahwasannya oli mesin motor 4 tak yang satu ini merupakan oli buatan Yamaha, yang merupakan perusahaan asal Jepang dan dikenal dengan kualitas produk-produk di pasaran.

Oli buatan perusahaan ini tentunya akan bekerja maksimal untuk motor-motor pabrikan Yamaha. Terdapat banyak macam oli baik untuk yang oli motor khusus jenis sport maupun yang berjenis matic.

Oleh karena itu bagi Anda yang memiliki motor dengan merek Yamaha, maka lebih disarankan untuk menggunakan oli yamalube ini.

Anda tidak perlu khawatir dengan masalah harga, karena oli yamalube ini memiliki harga yang relatif cukup terjangkau.

Harganya berkisar di atas Rp 35.000 untuk 1 liter olinya. Untuk merek oli yang telah teruji kualitasnya, maka harga itu bisa dibilang sangatlah terjangkau.

Sebelum Anda membeli pastikan dulu spesifikasi oli yamalube memang sesuai dengan jenis motor Anda. Hal itu agar motor Anda dapat bekerja dengan maksimal.

Repsol

Oli Mesin Motor 4 Tak Terbaik

Salah satu oli mesin motor 4 tak terbaik di Indonesia yang patut untuk direkomendasikan pada Anda, yaitu oli motor dengan merek Repsol. Oli ini juga diproduksi oleh PT Astra Honda motor.

Perlu Anda ketahui bahwa oli dengan merek Repsol ini memiliki tingkat kekentalan yang cukup tinggi serta mampu membuat performa motor semakin baik, sehingga di sini baik jika digunakan untuk motor Anda.

Harga yang dibanderol untuk oli merek Repsol ini ada di kisaran Rp 30.000 untuk 0,8 liternya. Tidak perlu ragu untuk menggunakan oli ini, karena oli ini telah mendunia dan cukup populer digunakan oleh masyarakat di dunia.

Dan tentunya lagi Anda akan mendapatkan performa motor dengan mesinnya yang semakin baik.

Jika dibandingkan dengan kualitas yang nantinya akan Anda dapatkan, tentunya harga dari oli mesin motor 4 tak ini terbilang murah.

Hal itu akan semakin membuat Anda diuntungkan saat memutuskan untuk menggunakan oli ini.

Pertamina Enduro

Oli Mesin Motor 4 Tak Terbaik

Merek oli mesin motor terbaik 4-tak selanjutnya yaitu Pertamina Enduro. Tak hanya memiliki kekentalan yang cukup baik, melainkan kualitas dari oli ini tak perlu Anda ragukan lagi.

Pelumas yang satu ini memang terbukti memiliki kemampuan dalam mengurangi gaya gesek antara komponen-komponen di dalam mesin motor Anda.

Dengan begitu maka akan semakin terhindar dari terjadinya keausan. Oli dengan merek Pertamina Enduro ini merupakan produk yang dibuat oleh perusahaan pertamina.

Selain itu oli mesin motor 4 tak ini juga memiliki harga yang cukup terjangkau. Anda hanya perlu untuk mengeluarkan uang sebesar Rp 40.000 agar bisa mendapatkan 1 liter oli pertamina enduro.

Federal

Oli Mesin Motor 4 Tak Terbaik

Rekomendasi oli selanjutnya yang bisa Anda gunakan dan juga termasuk dalam salah satu oli mesin motor 4 tak terbaik yaitu federal.

Kualitas yang bagus dengan harga yang terjangkau membuat oli ini cukup populer digunakan oleh masyarakat.

Bahkan hingga saat ini oli federal mencatat penjualan oli dengan angka yang cukup tinggi, jika harus dibandingkan dengan oli-oli dari merek lain.

Dengan tingginya angka penjualan oli mesin motor 4 tak merek ini, tentunya mengindikasikan bahwa oli tersebut memiliki kualitas yang baik sehingga banyak sekali para pengendara motor yang cocok menggunakan oli merek ini.

Oli ini mampu membuat performa mesin motor Anda menjadi lebih maksimal lagi dikarenakan memang dalam proses pembuatannya oli ini melibatkan teknologi-teknologi yang mutakhir.

Untuk kemasan dengan bobot 0,8 liter, oli ini dibanderol seharga Rp 30.000.

Shell

Oli Mesin Motor 4 Tak Terbaik

Oli motor selanjutnya yang bisa Anda pertimbangkan untuk Anda gunakan yaitu  Shell.

Oli ini juga salah satu dalam jenis oli mesin motor 4 tak yang cukup mendunia, karena memang memiliki kualitas yang sangat bagus.

Hal itu dirasa wajar, karena oli tersebut diproduksi menggunakan teknologi paling mutakhir dan modern, sehingga memiliki tingkat kekentalan yang sangat pas bagi motor Anda.

Percayalah bahwa kinerja motor Anda akan lebih optimal lagi jika Anda menggunakan oli ini.

Harga yang dibanderol untuk oli dengan merek shell ini yaitu berkisar antara Rp 30.000 ke atas.

Castrol

Oli Mesin Motor 4 Tak Terbaik

Dari sejak dulu oli ini telah dipercaya memiliki kualitas yang amat baik dalam menjaga mesin motor Anda.

Tak hanya kualitas dari oli motor ini saja yang bagus, melainkan oli mesin motor 4 tak ini juga memiliki spesifikasi yang cukup baik.

Oli Castrol memang dikhususkan untuk kendaraan berupa sepeda motor namun jika Anda ingin menggunakannya untuk mobil Anda, maka Anda bisa membeli oli Castrol yang memang dikhususkan untuk mobil.

Oli ini memiliki kualitas yang memang luar biasa, oleh karena itu harga yang dibandrolnya pun juga terbilang lebih mahal jika dibanding dengan oli-oli yang lain.

Anda perlu mengeluarkan uang sebesar Rp 70.000 untuk membeli oli dengan kemasan 1 liter.

Namun harga itu terbilang wajar karena nantinya oli ini akan mampu meningkatkan performa dari mesin motor milik Anda.

Sehingga dengan begitu otomatis Anda akan lebih nyaman dalam mengendarai motor Anda.

Motul

Oli Mesin Motor 4 Tak Terbaik

Selanjutnya merk oli mesin terbaik untuk motor 4 tak yaitu motul. Oli ini cukup populer di kalangan para pecinta otomotif. Bagi Anda yang merupakan salah satu pecinta otomotif tentunya sudah kenal dengan baik oli yang satu ini.

Merupakan salah satu oli terbaik yang ada di Indonesia. spesifikasi dari oli ini sangatlah tangguh sehingga mampu dalam meningkatkan kinerja mesin pada motor.

Sehingga performa yang akan Anda dapatkan dari motor Anda jauh lebih optimal lagi. Tak sedikit masyarakat Indonesia yang menggunakan oli dengan merek motul ini. Untuk kemasan oli Motul 1 liter Anda perlu mengeluarkan uang sebesar Rp 47.000. 

Harga yang relatif terjangkau untuk kualitas oli yang bagus. Dengan menggunakan oli merek motul ini, maka mesin motor Anda akan lebih bisa terjaga.

Top One

Oli Mesin Motor 4 Tak Terbaik

Tentunya Anda tidak akan asing lagi dengan merek oli yang satu ini. Oli top one memang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Oli ini memiliki kualitas yang sangat bagus dan sudah terpercaya.

Terlebih bagi Anda para pengguna motor matic. Agar performa dari kendaraan Anda tetap terjaga, maka disarankan Anda menggunakan oli top one action matic.

Oli jenis ini memang sudah teruji sekali kualitasnya, terutama untuk performa dari kendaraan matic Anda.

Perlu Anda tahu bahwa oli top one yang dilengkapi dengan best oil synthetic ini memang dirancang untuk memberikan performa yang tinggi pada motor Anda.

Dengan menggunakan oli mesin motor 4 tak merek ini Anda tentunya akan memiliki pengalaman dalam berkendara yang lebih nyaman lagi.

Terlebih bagi Anda yang tinggal di daerah perkotaan dan sering sekali terjebak dalam macet, maka Anda disarankan untuk menggunakan oli merek ini agar tetap dapat menjaga mesin motor metic Anda.

Selain itu oli ini juga dapat membuat motor Anda jadi lebih hemat dalam penggunaan bahan bakar.

Harga oli top one second matic ini cukup terjangkau yaitu berkisar Rp 30.000. Jika motor Anda bukan jenis motor matic, maka Anda tetap bisa menggunakan oli ini.

Anda tinggal pilih jenis oli top one yang lain, yang sesuai dengan spesifikasi motor Anda.

Itulah tadi 10 oli mesin motor 4 tak terbaik yang bisa Anda gunakan pada motor Anda. Merawat kendaraan bermotor memang hal yang perlu dilakukan.

Terlebih dalam penggunaan oli motor, Anda tidak bisa sembarangan memilih merek-merek oli yang masih belum jelas kualitasnya.

Dengan memilih oli motor terbaik, tentunya Anda akan mendapatkan performa mesin motor yang lebih baik lagi. Selain itu mesin motor Anda juga akan lebih terjaga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *