Mesin Mobil Esemka Buatan Mana? Jawaban Terbaru 2021

mesin mobil esemka buatan mana

Mobil esemka menjadi Andalan industri otomotif nasional. Kendaraan ini diproduksi oleh Solo Manufaktur Kreasi yaitu pabrikan berbasis di Indonesia.

Banyak pihak ingin mengenal lebih lanjut tentang mobil nasional ini. Salah satu pertanyaan yang sering muncul adalah mesin mobil esemka buatan mana.

Jika ada mobil atau kendaraan baru, dua hal yang dilihat konsumen yaitu desain dan mesin lalu harga.

Baca juga: Kualitas Mesin Mobil Wuling

Terakhir adalah performa dan spesifikasi detail lain. Sebagai mobil baru, esemka selalu menjadi headline suatu berita.

Banyak orang merasa penasaran dengan mesin yang dipakai. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang hal tersebut, simak ulasan berikut ini.

Mesin Mobil Esemka Buatan Mana

Jika bertanya mesin mobil esemka buatan mana, jawabannya tidak hanya satu atau dua pabrikan. Perlu Anda ketahui, pabrikan esemka merupakan perusahaan assembly. Artinya, mereka merakit komponen yang berasal dari perusahaan, manufaktur, dan pabrikan lain. 

Daftar berikut ini menunjukkan beberapa komponen mesin serta bagian lain dari esemka beserta pabrikannya.

Bak mobil dan chassis

Esemka bima merupakan mobil pick-up. Bagian penting dari mobil tersebut adalah chassis serta bak mobil.

Berdasarkan informasi terbaru, keduanya merupakan hasil buatan PT Industri Kereta Api atau dikenal dengan nama INKA.

Anda tentu tidak meragukan kualitas INKA. Perusahaan ini telah memproduksi berbagai chassis termasuk kereta api.

Selain itu, kualitasnya sekelas ekspor. Selain bima, chassis dari INKA juga dipakai model esemka yang lain.

Blok mesin dan transmisi

Selanjutnya tentang mesin mobil esemka buatan mana yaitu blok mesin dan transmisi berasal dari Cikarang Persada Manufacturing.

Ini merupakan bagian inti dari mesin mobil tersebut. Pabrikan esemka mempercayakan produksinya kepada perusahaan di Cikarang.

Setir dan dashboard

Untuk setir dan dashboard, esemka menggunakan produksi dari PT Usra Tampi. Perusahaan ini secara khusus memasok kebutuhan setir untuk model mobil esemka.

Selain itu, produk setir juga satu paket dengan dashboard serta beberapa fitur penunjangnya. Perusahaan ini juga memastikan setiap interior dan panel per model akan berbeda.

Radiator dan aki

Mesin mobil esemka tentu membutuhkan aki atau accu. Perusahaan yang bertanggung jawab menjadi pemasok yaitu Tokyo Radiator Selamat Sempurna. Meskipun ada nama Tkro, pabrikan ini berbasis di Indonesia.

Mobil ini juga menggunakan radiator meskipun tidak langsung sebagai komponen mesin. Produksi radiator berasal dari perusahaan PT Nippress Energi Otomotif. Pabrikan ini telah berpengalaman di bidangnya. Kualitas radiator juga sangat baik.

Fuel dan oil filter

Saat membahas mesin mobil esemka buatan mana, Anda juga perlu mengecek bagian fuel filter dan oli filter. Esemka menggunakan komponen berasal dari PT Selamat Sempurna. Kedua filter tersebut memiliki peran penting untuk meningkatkan efisien dan kapabilitas.

Fuel filter akan menjaga bahan bakar yang masuk tetap bersih tanpa kotoran. Selanjutnya, mesin menerima suplai terbaik.

Jika fuel bermasalah, pemilik mobil dapat melakukan servis ringan. Filter oli juga mempunyai peran signifikan.

Oil sangat dibutuhkan mesin agar mampu bekerja dengan efisien. Ketika filter mengalami masalah, oli masuk secara berlebihan sehingga mengganggu proses kerja.

Knalpot dan shock breaker

Bagian berikutnya adalah knalpot dan shock breaker. Esemka menggunakan produksi dari Catur Karya Manunggal dan Samudra Luas Paramacitra.

Knalpot juga mempengaruhi kinerja mesin terutama gas buang. Anda tidak ingin mesin terasa berat karena knalpot yang dipakai berkualitas rendah.

Pelumas

Untuk pelumas dan oli, pabrikan esemka memakai Pertamina. Untuk hal ini, semua orang percaya kualitas Pertamina.

Pelumas berguna agar mesin dapat bekerja lebih halus dan menjaga tidak aus.

Pertamina memproduksi beberapa oli dan pelumas. Masing-masing memiliki kapabilitas berbeda sehingga hanya cocok untuk mesin dan tipe mobile tertentu.

Pemilik mobil cukup memilih pelumas yang sesuai kebutuhan. Dengan pelumas terbaik, mobil esemka mampu bekerja optimal.

Dari penjelasan diatas, Anda mengerti bahwa komponen mesin esemka berasal dari banyak perusahaan.

Meskipun berasal dari supplier berbeda, esemka bukan mobil kualitas rendah. Yang terpenting adalah proses assembly mampu meningkat kualitas dan performa.

Semua komponen mesin dan penunjangnya dirakit dengan baik. Setelah itu, hasilnya adalah mobil yang mampu memenuhi kebutuhan apapun.

Model Mobil Esemka 2021

Pembahasan berikutnya adalah tentang tipe atau varian mobil esemka 2021. Ada awalnya, esemka hanya memproduksi prototype seperti rajawali.

Mobil contoh ini merupakan cikal bakal produksi model selanjutnya. Untuk mengetahui lebih lanjut, simak daftar dan ulasan berikut ini.

Bima

Varian Bima merupakan mobil esemka versi pick-up. Kendaraan ini memiliki demand yang tinggi karena berguna untuk kebutuhan angkut dan transportasi.

Bima menggunakan mesin sekitar 1.3 liter dan 1.5 liter. Selain itu, bagian bak belakang lumayan lebar serta dukungan chassis yang kokoh.

Produksi mobil ini sudah berlangsung. Komponen mesin yang baru saja dijelaskan dapat Anda temui pada mobile varian ini.

Pihak esemka juga memberikan opsi custom terutama untuk pembeli yang membutuhkan pick-up khusus.

Untuk versi reguler, mobil esemka Bima sudah lebih dari cukup memenuhi kebutuhan pemilik.

Garuda

Mobil esemka garuda merupakan mobile versi SUV. Ini merupakan model yang sangat ditunggu.

Pasar SUV Indonesia mulai bangkit dengan kemunculan model dan varian baru. Semka ingin terjun di segmen ini dengan model Garuda.

Mobil menggunakan penggerak 4×4. Artinya, Anda dapat memakai mobil tersebut untuk kebutuhan offroad atau mengarungi jalan terjal.

Mesin yang dipakai juga berkapasitas besar sehingga memberikan performa tinggi. Garuda menjadi Andalam esemka untuk menunjukkan kualitas produksi dan kapabilitas mereka.

Niaga

Niaga merupakan versi besar dari bima. Mobil ini masuk kategori truk kecil. Tujuan pembuatan esemka niaga yaitu memenuhi kebutuhan angkut barang dan produk berskala menengah. Masih lebih besar dan komponen yang dipakai juga menyesuaikan dengan tipe kendaraan tersebut.

Digdaya

Hal menarik saat membahas mesin mobil esemka buatan mana adalah setiap komponen menyesuaikan dengan tipe sehingga kapasitas berbeda.

Contohnya adalah rencana esemka untuk mengeluarkan digdaya. Ini merupakan mobil minibus untuk travelling.

Mesin yang dipakai juga besar serta ruang kabin mampu membawa penumpang yang banyak.

Hatchback

Satu lagi pengembangan dari esemka yaitu mobil tipe hatchback. Selain suv, model ini juga sedang naik daun.

Secara umum, esemka ingin memberikan opsi mobil untuk transportasi dalam kota. Seperti biasa, mesin mobil tersebut menggunakan basis yang sama. Hal ini terjadi karena supplier komponen berasal dari satu perusahaan.

Semua penjelasan dan jawaban terkait mesin mobil esemka buatan mana sudah Anda ketahui.

Produsen esemka berusaha memberikan yang terbaik. Mereka juga memastikan uji keamanan yang layak. Inilah bukti nyata kualitas esemka.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *