Tips Memilih Mesin Cuci yang Bagus Berbagai Merk Terbaik

mesin cuci yang bagus

Mesin cuci saat ini sudah menjadi peralatan rumah tangga yang cukup dibutuhkan. Selain bisa meringankan pekerjaan rumah tangga, mesin cuci tentu menghemat waktu.

Ada banyak merk mesin cuci yang bisa Anda temukan di luar sana. Untuk memilih yang terbaik harus tahu apa saja yang diperhatikan.

Tidak hanya dari merk yang terkenal tetapi mesin cuci yang bagus juga bisa dilihat dari spesifikasi yang dimilikinya.

Baca juga: Mesin Cuci Sharp 2 Tabung Terbaik

Karena termasuk barang elektronik, pilih yang jaminan awet agar tak mudah rusak meski digunakan cukup sering.

Beberapa hal yang bisa Anda cermati dalam memilih mesin cuci adalah daya listrik, garansi, merek, fitur yang sesuai kebutuhan dan lain sebagainya.

Setelah mempertimbangkan banyak hal tersebut, Anda bisa membawa pulang mesin cuci yang Anda pilih untuk digunakan di rumah.

Jangan lupa untuk mempertimbangkan harga yang dibanderolnya.

Tips Membeli Mesin Cuci Terbaik

1. Berdasarkan Jenis Tabung Mesin Cuci

Jika Anda akan membeli mesin cuci, pertimbangkan jumlah tabungnya. Sebab, mesin cuci terdiri dari dua tabung yakni semi otomatis dan satu tabungnya dioperasikan secara otomatis.

Ada perbedaan yang mencolok dari sini. Mesin cuci dua tabung merupakan mesin cuci yang memiliki harga terjangkau dan daya listriknya juga lebih rendah.

Dua tabung ini memiliki fungsi yang berbeda yaitu tabung di sebelah kiri berfungsi untuk membilas pakaian sementara tabung kedua untuk mengeringkan pakaian.

Pengoperasian memang kurang praktis karena kita harus memindahkan pakaian yang sudah dicuci ke tabung pengering.

Berbeda dengan mesin cuci tabung satu atau jenis front loading cocok untuk yang suka dengan pengering maksimal.

Sementara untuk para ibu yang memiliki anak kecil dan baju yang sering kotor, pilih jenis top loading karena unggul dalam membersihkan noda yang ada di pakaian.

2. Biaya atau Harga

Mesin cuci yang bagus dengan model top loading berada di kisaran Rp. 2.5 juta hingga Rp. 3.5 juta. Umumnya ada tiga kombinasi kecepatan cuci atau putarannya yaitu reguler, permanen dan halus.

Biasanya disertai dengan interior porselen dan dispenser pemutih. Jika Anda cermati, ada model yang memungkinkan kita dalam menyesuaikan tombol ketinggian air sedikit demi sedikit.

Beberapa unit yang memiliki harga menengah memiliki tiga siklus pencucian atau putaran serta siklus bilasan ekstra. Hal ini berguna untuk yang sensitif terhadap deterjen. Model kelas tinggi memiliki front dan top loader.

3. Kapasitas Mesin Cuci

Kapasitas mesin cuci memang harus dipertimbangkan saat Anda akan membelinya. Menentukan kapasitas mesin cuci yang bagus dan sesuai dengan kebutuhan memang mudah.

Cari tahu berapa banyak pakaian yang rata-rata Anda cuci. Jika memang terbiasa dalam seminggu sekali, maka kapasitas mesin cuci yang dibutuhkan sangat besar.

Jika Anda mencuci dua minggu sekali maka bisa menggunakan kapasitas sedang. Tidak hanya menghemat dana tetapi juga bisa menghemat listrik.

4. Sesuai Tujuan

Memilih mesin cuci juga harus sesuai dengan tujuan Anda. Membeli mesin cuci untuk penggunaan satu keluarga dan pribadi memang berbeda.

Volume cuciannya berbeda. Bisa jadi keperluan membeli mesin cuci untuk penggunaan pribadi di rumah atau usaha laundry.

Sehingga Anda perlu mempertimbangkan antara tujuan dan jenis mesin cuci yang akan dibeli.

5. Bahan Material

Bahan material mesin cuci yang bagus adalah yang aman untuk baju ataupun kesehatan. Mesin cuci ada yang terbuat dari material plastik, enamel dan stainless steel.

Lalu manakah material yang bagus?

Jika Anda memilih daya tahan yang bagus maka material stainless steel merupakan pilihan terbaik.

Anda bisa mempertimbangkan dengan baik karena berpengaruh pada faktor lainnya seperti harga.

6. Fitur dan Teknologi

Fitur dan teknologi tiap mesin cuci berbeda. Terutama jika beda merk maka banyak yang berbeda juga di dalamnya.

Anda bisa melihat apa saja fitur dan teknologi yang disertakan. Teknologi yang banyak diterapkan pada mesin cuci modern saat ini adalah big pulsator ataupun multi pulsator, double body dan fitur super dry spin.

Teknologi ini bisa meningkatkan kinerja mesin cuci agar hasilnya jauh lebih bersih dan berkualitas.

Biasanya juga terdapat beberapa teknologi yang digunakan dan bermanfaat untuk menghemat penggunaan listrik dan air.

7. Perbandingan Merk

Membandingkan kualitas mesin cuci dari merk satu dengan lainnya bisa Anda lakukan agar menemukan yang terbaik.

Merk mesin cuci terbaik tentu karena sudah terbukti kualitasnya. Pastikan memilih merk yang memiliki reputasi baik.

Cari tahu juga apakah penggunaan mesin cuci tersebut mendapat banyak keluhan atau tidak. Merk yang terpercaya memiliki nama besar.

8. Garansi dan Layanan dari Produsen

Faktor yang juga tidak kalah penting saat Anda memilih mesin cuci yang bagus adalah pelayanan yang ditawarkan produsen.

Cermati garansi yang diberikan produsen. Sebab setiap produsen memiliki kebijakan yang berbeda soal layanan garansi ini.

Ada yang memberikan ala kadarnya tetapi ada juga yang memberi garansi panjang karena yakin terhadap kualitas produknya.

Pertimbangkan bagaimana pelayanan produsen dan garansi yang diberikan apakah akan melindungi dan menguntungkan atau tidak.

9. Beli di Tempat Terpercaya

Tempat dimana Anda membeli mesin cuci sangat mempengaruhi kualitasnya. Sebaiknya pilih tempat yang resmi dan terpercaya.

Terutama ketika Anda berbelanja secara online maka harus diperhatikan betul bagaimana keaslian barangnya. Apakah ada garansi saat berada di perjalanan pengiriman atau tidak.

Masih banyak kecurangan yang dilakukan oleh penjual elektronik tidak bertanggung jawab.

Sehingga harus cermat saat memutuskan ingin membeli mesin cuci merk terbaik harus di tempat yang terjamin dan terpercaya. Baca review dari pembeli lain jika Anda membelinya secara online.

10. Inovasi Energi

Ada pencuci pakaian yang menggunakan energy star dan memenuhi standar pemerintah untuk konsumsi energi yang rendah. Fitur ini memang tak semua mesin cuci memilikinya.

Sehingga dalam memilih mesin cuci pun Anda bisa lebih cermat melihat inovasi energi yang dimilikinya. Inovasi energi dari mesin cuci terbaik bisa berupa siklus pencucian yang ekstra panjang.

Adanya pembilasan dan perputaran ekstra, pra cuci dan rendam, empat atau lebih level air, siklus yang bisa dicuci menggunakan tangan dan lebih halus atau disertai kunci pengaman.

Harga mesin cuci cukup mahal sehingga dalam membelinya pun harus tahu betul bagaimana kualitas yang bagus.

Tips membeli mesin cuci seperti yang telah disebutkan sebelumnya bisa Anda gunakan saat mempertimbangkan merk terbaik sekalipun. Cermati fitur dan material yang ada pada mesin cuci.

Pastikan Anda mendapat garansi dan pelayanan terbaik dari produsen. Akan lebih aman juga jika Anda membelinya di tempat yang sudah terpercaya.

Gunakan mesin cuci sesuai dengan cara yang tepat. Letakkan di tempat yang aman terhindar dari panas matahari langsung ataupun terlindung dari hujan.

Bersihkan secara rutin dengan cara yang aman. Mesin cuci yang bagus memang akan bertahan lama tetapi tetap membutuhkan perawatan agar tak mudah rusak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *