9 Cara Meningkatkan Performa Mesin Mobil Injeksi Berdasarkan Pengalaman

meningkatkan performa mesin mobil injeksi

Saat ini, terdapat beragam mobil dengan spesifikasinya tersendiri. Pada sistem pembakaran misalnya, terdapat dua jenis mobil yaitu injeksi dan karburator.

Namun, beberapa tahun terakhir mobil injeksi menjadi primadona di pasaran. Meskipun demikian, seiring berjalannya waktu performasi mesin akan menurun, sehingga orang mulai mencari cara meningkatkan performa mesin mobil injeksi mereka.

Berbeda dengan meningkatkan performa mesin mobil karburator yang menambah daya dengan memodifikasi karburator hingga mengurangi beban mobil.

Pada mobil injeksi terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan. Kita akan membahas langkah efektif meningkatkan performa mobil injeksi.

Langkah Efektif Meningkatkan Performa Mesin Mobil Injeksi

1. Memilih Saluran Bahan Bakar Yang Tepat

Pada mobil injeksi terdapat sebuah saluran bahan bakar. Saluran ini akan menentukan berapa besar kekuatan mobil yang dikeluarkan.

Terdapat beberapa selang yang penggunaanya didasarkan pada intensitas penggunaan bahan bakar serta daya mesin yang tersedia.

Beberapa contoh ukuran selang bahan bakar yang dijual di pasaran ialah 3,80 inci, 5/16 inci, serta 7/6 inci.

Kita ambil contoh mobil dengan daya tinggi pada penggunaan bahan bakar. Menggunakan selang berukuran 3,8 inci menjadi pilihan untuk meningkatkan performa mesin mobil injeksi.

Namun, jika ingin kekuatan daya di atas 500. Selang dengan ukuran 7/16 inci dapat menjadi pilihan. Perlu diingat, setiap mobil memiliki hasil yang berbeda-beda. Jadi pastikan kondisi mobil injeksi anda.

2. Tune Up Mobil

Jika mobil telah berusia di atas 5 – 10 tahun tune up mobil dapat dijadikan salah satu pilihan.

Tune up ialah metode perawatan sederhana dengan melakukan pembersihan untuk menyegarkan kondisi mobil. Biasanya, setelah mobil di tune up performanya meningkat sekitar 20%.

Jika ingin melaksanakannya rutin, indikator pertama dilihat dari jarak tempuh, yaitu sekitar 5.000 – 6000 km.

Selain itu, dilakukan setiap 3 – 5 bulan sekali untuk mobil yang memiliki jarak tempuh pendek namun digunakan sebagai kendaraan sehari-hari. Tune up sebaiknya dilakukan pada saluran bahan bakar dan mesin mobil.

3. Pelumas Sintetik

Cara lain yang dapat meningkatkan performa mesin mobil injeksi ialah dengan memberikan pelumas sintetik.

Cara kerjanya sama seperti minyak pada motor, yaitu dengan memberikan cairan yang berfungsi untuk mengurangi gesekan antar mesin.

Nilai lebih dari pelumas sintetik ialah memberikan perlindungan pada mesin, seperti menjaga kestabilan suhu mesin.

Jadi, suhu mobil tidak akan cepat naik. Kedua hal tersebut akan membuat  mesin memiliki masa hidup yang lebih lama.

4. Tuning dan Reflash Mobil

Tuning dan Reflash Mobil biasanya dikenakan pada ECU atau juga bisa disebut REMAP ECU. Metode ini pada dasarnya adalah menyetting ulang mobil pada bagian ECU. Pada kondisi sebelum di-reflash mobil hanya akan memberikan performa sekitar 60 – 75%.

Reflash ECU bukan berarti tanpa konsekuensi, prosesnya mampu meningkatkan performa mesin mobil injeksi hingga 100%.

Pengemudi pun akan ketagihan untuk melajukan mobilnya. Selain itu, tidak semua mekanik dapat melakukannya karena terdapat beberapa regulasi yang harus ditaati.

5. Tumpukan Kecepatan

Tumpukan kecepatan merupakan alat yang diletakkan pada bagian saluran masuk udara. Biasanya alat ini diletakkan pada suatu titik untuk meningkatkan udara pada karburator.

Alat yang menyerupai terompet ini memiliki fungsi untuk mengurangi turbulensi pada mobil injeksi.

Pengurangan turbulensi berimbas pada peningkatan performa mesin injeksi. Untuk meningkatkan performa mesin mobil injeksi, tumpukan kecepatan harus dirawat degan telaten sama seperti perawatan pada poros engkol.        

6. Menambahkan Volt Stabilizer

Saat ini tidak sedikit alat elektronik yang digunakan pada mobil, seperti tv atau sekedar untuk mengisi daya pada smartphone.

Oleh karena itu, memastikan pasokan listrik berjalan dengan baik dan stabil dapat menjadi langkah baik untuk meningkatkan performa mesin mobil injeksi.

Anda dapat menambahkan volt stabilizer sebagai alat pembantu untuk mewujudkannya.

Volt stabilizer memiliki mekanisme kerja dengan mengumpulkan daya listrik dari mobil dan mengumpulkannya sebelum akhirnya disebarkan ke perangkat alat elektronik.

Dengan menambahkan alat ini tidak hanya alat elektronik yang terawat, peningkatan performa mesin hingga penghematan BBM juga merupakan nilai lebih dari alat ini.

7. Kompresi

Cara yang dianggap paling efisien untuk meningkatkan performa mesin adalah meningkatkan kompresi pada mesin mobil.

Produktivitas mobil juga terasa jauh lebih baik, sehingga perbedaan sebelum dan sesudah meningkatkan kompresi terasa sangat berbeda.

Untuk meningkatkan kompresi, terdapat beberapa item yang harus diperhatikan. Semua sebenarnya dikembalikan ke tujuan penggunaan.

Namun, untuk memastikan bahwa peningkatan kompresi berada di jalur yang tepat adalah dengan menggunakan mekanik yang berpengalaman di bidang tersebut.

Pada beberapa kasus, kesalahan peningkatan kompresi malah mengakibatkan tekanan yang diberikan kompresi melemah (kompresi bocor).

Akibatnya mesin akan sulit membakar BBM dan membuat mobil anda jadi tidak bertenaga. Ciri-ciri utama terjadi kerusakan pada kompresi dapat dilihat dari sulitnya menyalakan mobil.

8. Menambahkan Throttle Body Spacer

Cara lain yang dapat membantu meningkatkan performa mesin sekaligus membuat irit bahan bakar ialah menambahkan Throttle Body Spacer.

Sistem kerjanya adalah menambah kecepatan udara ketika masuk ke ruang pembakaran. Sehingga oksigen yang dibawa menjadi lebih banyak dan pembakaran menjadi sempurna. Hasil pembakaran inilah yang membuat kinerja mesin menjadi efektif dan efisien.

Penambahan Throttle Body Spacer secara tidak langsung menjadi alat penambah tenaga mesin mobil akibat cara kerja yang mengoptimalkan sistem pembakaran pada mesin.

Sehingga cara ini dinilai sangat pas untuk digunakan pada mobil injeksi. Selain itu di pasaran terdapat beragam jenis yang disesuaikan dengan mobil pengguna.

Bentuk pun beragam agar fit ketika disandingkan dengan mesin bawaan dan diletakkan di bagian Throttle Body pada mobil injeksi.

9. Sistem Pembuangan

Selain memperbaiki bagian dalam untuk meningkatkan performa mesin mobil injeksi, tidak ada salahnya mencoba teknik yang satu ini, yaitu mengganti knalpot.

Knalpot merupakan saluran pembuangan pada mobil. Jika ingin menambah kecepatan, menggunakan knalpot racing dapat menjadi pilihan karena minimnya bahkan silencer free yang membuat sistem pembuangan lancar.

Ciri dari knalpot racing adalah bentuknya yang lurus atau minim lekukan sesuai dengan cara kerjanya yang meminimalkan silencer.

Namun, menggunakan knalpot racing bukan tanpa risiko. Pergantian mengakibatkan proses pembuangan yang cepat memberi pantulan tekanan kembali ke dalam mesin dan membuatnya cepat aus. Selain itu, suara bising yang diberikan cukup membuat telinga lelah dibuatnya.

Jika anda menggunakan knalpot racing, alangkah baiknya simak pengaruh knalpot racing pada artikel ini: Pengaruh Knalpot Racing pada Mesin Mobil

Melakukan beberapa perombakan sangat disarankan untuk dilakukan pada bengkel resmi mobil anda atau pada mekanik yang memiliki pengalaman yang mumpuni.

Hal ini untuk memastikan bahwa peningkatan performa sejalan dengan safety yang diberikan. Selain itu, menggunakan BBM dengan kualitas yang tinggi membantu sistem pembakaran jauh lebih optimal.

Itulah beberapa metode yang dapat digunakan untuk meningkatkan performa mesin mobil injeksi.

Anda dapat memilih berdasarkan kebutuhan serta kondisi dari mobil kesayangan anda. Semoga membantu!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *