Komponen Mesin Mobil Yang Sering Bermasalah dan Wajib Kamu Cek

komponen mesin mobil yang sering bermasalah

Komponen mesin mobil yang sering bermasalah harus kamu ketahui, sebelum kamu bepergian jarak jauh. Misalkan kamu hendak bepergian antar kota. Karena kalau kondisi mobil bermasalah di tengah jalan akan sangat merepotkan. Mari baca selengkapnya.

Perjalanan pun akan menjadi terganggu karena gangguan itu. Kalau kamu kurang paham juga jika ke bengkel yang bukan langganan ada kemungkinan kamu diakali. Sehingga kamu akan menghabiskan biaya yang cukup banyak.

Supaya tidak diakali, berikut informasi tentang…

Auto baca: Penyebab Mesin Mobil Bergetar

Komponen mesin mobil yang sering bermasalah

1. Karburator

Masalah pada karburator memang benar-benar membuat jengkel. Sebab karburator ini punya beberapa komponen pendukung yang lain.

Karena itu apabila memang karburator mengalami kerusakan biasanya benar-benar merepotkan. Sudah banyak mobil yang mengalami masalah pada karburator mereka.

Pengecekan berkala pada karburator harus dilakukan. Supaya performa mobil tetap terjaga.

Fungsi karburator sendiri hampir sama seperti fungsi injector, untuk memasok bensin menuju silinder. Tetapi karburator bekerja dengan metode mekanis manual.

Kalau injector bekerja dengan metode elektronik.

Setelan katup karburator itu bukan Cuma komponen melainkan settingan. Jika setelan idle katup ketinggian katup karburator tak bisa menutup sempurna. Karenanya supply bahan bakar ke silinder pun akan membanjir karena kebanyakan.

2. Distributor

Berfungsi menghubungkan juga memutuskan arus di rangkaian primer, menghasilkan tegangan tinggi secara tepat di waktu yang sesuai dengan waktu putaran mesin.

Kemudian distributor akan meneruskan arus dengan tegangan tinggi itu ke busi yang sesuai urutan pengapiannya. Distributor ini akan melakukan pembakaran dari percikan yang berasal dari busi.

Karena itu tidak mengherankan apabila busi dapat mengeluarkan api, itu karena ada sistem pengapian yang akan mengubah energi listrik jadi percikan bunga api. Di mana pada sistem ini yang memiliki tugas untuk proses pembakaran mesin.

Apabila distributor mengalami kerusakan dan ini termasuk komponen mobil yang memang kerap mengalami masalah. Maka tegangan dari koil pun tak akan didistribusikan ke busi.

Jadinya mesin mobil mengalami masalah ketika berjalan. Penyebab masalah yakni ketika kendaraan yang baru dinyalakan tidak dipanaskan terlebih dahulu dan langsung dikendarai.

Dengan begitu efeknya suhu mobil masih dingin, kemudian dipaksa dijalankan. Kalau melakukan ini akan cepat merusak tutup, juga rotor distributor mobil.

3. Busi

Apabila busi mobil sudah aus maka akan dapat dilihat dari bentuk kepala busi tersebut. Terkadang juga terlihat renggang.

Apabila memang kamu menemukan masalah itu di busi mobil maka harus diganti 1 set, atau seluruh busi mesin mobil kamu.

Karena itu umumnya kondisi busi yang lain tak jauh berbeda.

Fungsi busi ini sendiri yakni untuk proses pembakaran pada mesin mobil. Di mana busi dapat memercikkan api ke ruang bakar yang telah terkompresi di antara campuran bensin dan udara.

Percikan itu akan menciptakan pembakaran di ruang silinder, kemudian akan menghasilkan daya penggerak mobil.

Karenanya penting sekali bagi kamu untuk rutin membersihkan busi. Apabila sudah rusak maka mengganti busi dengan berkala. Sehingga sistem pun dapat bekerja dengan optimal.

4. Koil

Komponen keempat adalah koil. Koil ini adalah komponen yang sama penting seperti busi yang sudah dibahas sebelumnya.

Jadi koil adalah sistem pengapian mesin mobil dengan fungsi menaikkan tegangan aki 12 volt jadi ribuan volt. Kemudian akan diteruskan ke busi, sehingga dapat menghasilkan percikan api pada ruang bakar mobil.

Agar bisa mencegah terjadinya kerusakan di koil yang bisa merembet menuju busi. Maka koil sebaiknya diganti dengan rutin.

Kamu juga harus memilih koil yang memiliki kualitas bagus. Dengan begitu mutunya pun terjamin. Yang akan berefek pada kinerja mesin yang lebih baik.

5. Sistem injeksi

Kalau mobil dengan sistem injeksi yang bukan karburator. Sistem injeksi ini adalah sistem distribusi bahan bakar di mana akan mengalirkan bahan bakar dalam silinder mesin mobil.

Umumnya komponen ini jarang mengalami kerusakan. Namun kerap menimbulkan tanda-tanda apabila tersumbat atau dalam kondisi kotor.

Indikasi sistem injeksi atau injector yang tersumbat dapat kamu ketahui. Yakni mesin bergetar kasar tiba-tiba muncul. Kemudian segera hilang sesudah gas diinjak dalam-dalam, plus putaran mesin tinggi.

Untuk ini kamu dapat mencoba step by step berikut ini:

  • Kamu putarlah kontak ke posisi ON
  • Masukkan gigi di posisi netral
  • Kemudian injak pedal gas dalam-dalam dengan tiba-tiba, jadi layaknya seperti orang mau ngebut. Apabila mesin mobil terasa terbatuk, atau nge-brebet maka itu tandanya injector mobil kotor.

Untuk membereskan masalah tersebut. Lakukan proses injector cleaning. Terdapat beberapa metode yang dapat kamu gunakan di antaranya adalah:

  • Interject service
  • Ultrasonic

Lakukan tiap 40 ribu km supaya sistem selalu terjaga dalam kondisi baik. Untuk catatan kamu, bahwa bensin premium itu lebih kotor kalau dibandingkan Pertamax+ dan Pertamax. Dengan begitu otomatis mobil dengan bensin premium injectornya biasanya akan menjadi lebih cepat kotor.

Komponen mobil yang sering diganti

  1. Filter oli tiap 10.000 km
  2. Oli mesin tiap 10.000 km
  3. Saringan udara tiap 40.000 km. Kalau untuk yang mesin diesel tiap 30.000 km.
  4. Busi tiap 20.000 km. Kalau untuk busi iridium dapat dilakukan per 100.000 km.
  5. Oli persneling tiap 40.000 km. Kalau untuk mesin matic biasanya pada 80.000 km.
  6. Oli gardan tiap 40.000 km
  7. Air radiator tiap 80.000 km
  8. Minyak rem tiap 40.000 km

Tiap produsen kendaraan roda 4 itu selalu memberikan anjuran dan mengingatkan pelanggan mereka agar melakukan pengecekan dan perawatan berkala untuk mobil mereka. Karena apapun merk mobilnya harus tetap melakukan hal yang sama.

Saat terdapat komponen mobil yang rusak. Atau mungkin yang sudah tidak layak untuk dipakai lagi maka harus segera diganti.

Apabila dibiarkan mungkin kamu berpikir tidak perlu menggantinya. Nanti justru bisa bertambah boros. Karena kerusakan dapat merembet ke part yang lainnya.

Jadi jangan sampai ini terjadi menimpa kamu.

Pagi hari mesin mobil sulit untuk dihidupkan, Kalau seperti ini yang terjadi pada mobil kamu. Kira-kira komponen apa yang bermasalah dan bagaimana mengatasinya?

Terdapat beberapa faktor penyebab mesin mobil pada waktu pagi hari sulit dihidupkan. Pada waktu pagi hari mesin mobil dingin.

Faktor penyebabnya yakni tegangan arus listrik aki kurang dan telah habis. Selain itu juga karena terminal aki berkarat, kendor, atau kotor.

Selain itu juga bisa karena penyebab yang lain. Beberapa di antaranya yakni karena jarak antara sumbu busi dan kepala busi kerenggangan, injector bahan bakar bermasalah, kompresi mesin kerendahan, dan karena regulator tekanan bahan bakar yang rusak.

Sekian artikel tentang Komponen mesin mobil yang sering bermasalah yang harus kamu perhatikan, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *