30 Harga Mobil Dibawah 200 Juta – Baru & Bekas Terlengkap

harga mobil dibawah 200 juta

Mencari harga mobil dibawah 200 juta di zaman secanggih ini tidaklah susah karena setiap tahun penjualan mobil jadi semakin meningkat.

Apalagi untuk segmen Low Cost Green Car (LCGC), MVP hingga hatchback.

Saat ini, mobil yang harganya di bawah 200 juta jadi lebih laris karena pertumbuhan ekonomi kelas menengah yang semakin meningkat pesat.

Baca juga: Harga Mesin Poles Mobil

Jika Anda mencari mobil harga 200 jutaan, maka saat ini Anda berada di tempat yang tepat.

Berikut ini daftar mobil yang harganya di bawah 200 jutaan. Apa saja jenis mobilnya?

Harga Mobil Di bawah 200 Juta Empat Seater

Jika Anda mencari mobil 200 jutaan terbaik 2020, maka carilah mobil dengan empat kursi penumpang dan pengemudi.

Tidak hanya harganya yang murah, mobil ini juga sudah lebih banyak dipakai oleh warga kota yang sangat sering terjebak macet.

Berikut ini daftar mobil yang harganya di bawah 200 juta dengan empat seater:

Mobil Daihatsu Ayla

harga mobil dibawah 200 juta

Daihatsu Ayla bisa dikatakan merupakan jenis mobil empat seater yang paling murah diantara yang lainnya. Mobil ini dibanderol mulai dari harga Rp100 jutaan saja, tetapi kualitas keselamatan yang ditawarkan mobil ini tidak bisa dipandang sebelah mata.

Desain mobil Ayla pada tahun 2020 juga terbilang lebih cantik dan sangat sporty. Sayangnya, untuk yang tipe rendah mobil ini belum dilengkapi dengan AC.

Mobil Honda Brio

harga mobil dibawah 200 juta

Jenis mobil empat seater berikutnya di bawah 200 juta yang memiliki kualitas terbaik adalah Honda Brio.

Termasuk ke dalam kalangan mobil LCGC, mobil ini paling laris di kalangan 4 seater dimana harganya mulai dari Rp132 jutaan.

Tipe paling tingginya yaitu Honda Brio RS yang sudah dilengkapi oleh banyak fitur keselamatan mulai dari ABS + ABS, Dual SRS Airbag, hingga lampu depan yang menggunakan teknologi LED.

Mobil Toyota Agya

harga mobil dibawah 200 juta

Mobil 4 seater berikutnya adalah Toyota Agya yang juga termasuk dalam daftar mobil terlaris di bawah 200 jutaan.

Di tahun 2020 ini, Agya resmi meluncurkan produk terbaru yang bernama New Toyota Agya dengan harga mulai dari 150 jutaan.

Salah satu keunggulan dari mobil ini yang banyak buat konsumen jatuh hati yaitu adanya fitur berkelas yang jarang ditemukan pada mobil seharga 200 jutaan.

Mobil Toyota Etios Valco

harga mobil dibawah 200 juta

Mobil paling laris selanjutnya di tahun 2020 dengan harga di bawah 200 jutaan yaitu Toyota Etios Valco.

Mobil ini tidak termasuk dalam kategori mobil LCGC yang harganya sangat murah mulai dari 151 jutaan.

Etios Valco termasuk jenis mobil 4 seater di bawah 200 jutaan dengan fitur keselamatan yang canggih seperti ABS + EBD dan Dual SRS Airbag.

Mesin mobil ini juga sudah memakai mesin 4 Silinder DOHC 16 katup dengan kapasitas 1.197cc yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 80 PS dengan konsumsi bahan bakar yang sangat irit.

Tak heran jika banyak yang jatuh hati pada mobil ini.

Mobil Daihatsu Sirion

harga mobil dibawah 200 juta

Mobil di bawah 200 jutaan yang sudah sangat millennials adalah Daihatsu Sirion. Mobil ini dibanderol mulai dari 191 jutaan yang sudah dilengkapi langsung dengan fitur keamanan yang canggih dan lengkap dan sangat futuristik,

seperti Side Airbag, ISOFIX, dan Seatbelt Reminder, Vehicle Stability Control (VSC), Traction Control (TRC), Front Sensor, Parking Camera dan Dual SRS Airbag.

Keseluruhan fitur itu dikombinasikan dengan mesin yang berkapasitas 1.329 cc dengan lampu depan yang sudah menerapkan teknologi LED.

Itulah daftar harga mobil baru di bawah 200 juta 2020 untuk 4 seater yang paling laris.

Selanjutnya kita akan membahas mobil di bawah 200 jutaan dengan 7 seater yang paling laris. Apa saja?

Daftar Harga Mobil yang Harganya Di bawah 200 Juta Tujuh Seater

Berikut ini daftar mobil dengan tujuh seater yang harganya di bawah 200 jutaan, diantaranya yaitu:

Honda Mobilio

harga mobil dibawah 200 juta

Honda Mobilio merupakan mobil tujuh seater yang harganya di bawah 200 jutaan dengan kapasitas yang luas dan kabin yang lega, sehingga mobil ini sangat cocok dijadikan mobil keluarga.

Untuk harga mobil ini mulai dari 193 jutaan untuk tipenya yang paling rendah.

Tidak jauh berbeda dari mobil-mobil berkelas umumnya, Honda Mobilio yang sudah dilengkapi dengan fitur-fitur terbarukan seperti sistem pengereman ABC + EBD dengan mesin yang bertenaga 1,5 Liter SOHC i-VTEC yang mampu menghasilkan tenaga 118 PS dengan torsi 145 Nm.

Mobil Toyota Calya

harga mobil dibawah 200 juta

Toyota Calya termasuk kategori mobil MPV 7 seater yang sangat pas untuk keluarga muda karena kabinnya bisa dibilang luas dan nyaman.

Mobil ini sering disebut dengan versi ringan Avanza yang memiliki banyak fitur canggih.

Hal menarik lain dari Toyota Calya yang sangat menarik yaitu adanya fitur dengan Dual SRS Airbag dan sistem pengereman Anti-Lock Braking System (ABS) yang berfungsi untuk memastikan pengereman akan jauh lebih responsif dan solid.

Untuk harganya dibanderol mulai dari 134 jutaan dengan mesin bertenaga 4 Silinder dengan kapasitas 1.197cc yang menghasilkan tenaga 88 PS dengan torsi 11 kgm.

Mobil Daihatsu Sigra

harga mobil dibawah 200 juta

Tidak jauh berbeda dengan Calya, Daihatsu Sigra juga termasuk kategori mobil keluarga dengan 7 seater.

Harganya juga tak jauh berbeda yaitu sekitar 108 jutaan untuk tipe paling rendah, dan 149 jutaan untuk tipe paling tinggi.

Desain interior dan eksterior mobil ini juga sudah sangat modern dan stylish dengan kabin yang luas dan hemat bahan bakar.

Tidak heran jika Daihatsu Sigra termasuk kategori mobil di bawah 200 jutaan yang paling laris.

Mobil Daihatsu Xenia

harga mobil dibawah 200 juta

Banyak disebut sebagai mobil sejuta umat, Xenia memang termasuk jenis mobil yang sering melintasi jalanan ibu kota.

Termasuk kategori SUV, mobil 7 seater ini sangat cocok untuk pasangan keluarga. Untuk versi terbarunya, ruang kabin sangat elegan dan mewah.

Hal yang membuat lebih menarik yaitu harganya mulai dari 190 jutaan untuk tipe terendah.

Untuk versi terbarunya yaitu Great New Xenia sudah dilengkapi oleh fitur keselamatan yang cukup lengkap, dimana salah satu yaitu Dual SRS Airbag yang dapat digunakan untuk melindungi para penumpang ketika terjadi kecelakaan. Sayangnya belum dilengkapi dengan fitur pengereman ABS masa kini.

Mobil Suzuki Karimun Wagon

harga mobil dibawah 200 juta

Apabila ditinjau dari desain eksterior, mobil Suzuki Karimun Wagon berisi maksimal 5 penumpang.

Sayang, untuk varian yang ini tidak begitu mengedepankan perihal kenyamanan karena tidak dilengkapi dengan fitur yang kekinian.

Bodi dari mobil Karimun Wagon sangat kecil karena mempunyai dimensi mobil yang ukuran panjangnya 3.600 mm, lebar 1.475 mm dan tinggi 1.700 mm. 

Untuk harga satu unitnya pada tipe tertinggi yaitu 118 jutaan dan untuk tipe terendah harganya sekitar 107 jutaan.

Fitur-fitur yang belum ada di mobil ini diantaranya yaitu Power Window, Electric Power Steering dan sistem pengereman ABS.

All New Suzuki Ertiga

harga mobil dibawah 200 juta

Tidak bisa dipungkiri sejak kemunculan perdananya, Suzuki Ertiga memang sudah menjadi incaran para keluarga karena punya kabin yang luas serta hemat bahan bakar.

Di tahun 2020 ini, Ertiga meluncurkan varian baru dimana tipe terendahnya berkisar mulai dari 193 jutaan.

Hal lain yang membuat mobil ini menarik yaitu adanya fitur-fitur yang kekinian dan dilengkapi oleh teknologi canggih, mulai dari Electronic Stability Programme, Anti-Lock Braking System, Dual SRS Airbag, dan Electronic Brake-Force Distribution. Pembaruan lainnya juga tampak di bagian sisi desain yang lebih terlihat mewah.

Mobil Daihatsu Luxio

harga mobil dibawah 200 juta

Daihatsu Luxio merupakan mobil dengan kapasitas besar yang memang sudah hadir dengan kesan yang begitu mewah, meskipun fitur-fiturnya masih jauh dari kekinian.

Luxio umumnya diciptakan untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang membawa banyak muatan, karena kapasitasnya menampung lebih dari 8 orang.

 Ada beberapa fitur unggulan pada mobil ini yang masih belum ada yaitu ABS dan Airbag, dimana tipe terendah dipatok dengan harga mulai dari 175 jutaan.

Harga yang dibanderol itu dinilai jauh lebih mahal dibandingkan dengan rivalnya yaitu Wuling Confero S yang sudah didukung dengan fitur jauh lebih lengkap.

Mobil Toyota Avanza

harga mobil dibawah 200 juta

Avanza juga masuk daftar mobil yang harganya di bawah 200 juta dan paling laris karena masih sangat banyak ditemui di jalanan Indonesia.

Varian terbarunya yang dirilis pada tahun 2020 tampak begitu menarik dari segi desain, karena lebih simpel, stylish tetapi hemat bensin.

Untuk ukuran kabinnya juga lega namun menyempit di bagian belakang, sehingga membuat kursinya di bagian belakang jadi kurang nyaman.

Tipe terendah dari mobil ini dibanderol seharga 197 jutaan. Untuk tipe terbaru, Avanza juga sudah dilengkapi oleh pengaturan AC digital yang telah dilengkapi dengan rem ABS dan ISOFIX fitting untuk membuat Anda jauh lebih memang kursi bayi.

Mobil DFSK Glory 560

harga mobil dibawah 200 juta

Memang mobil DFSK Glory 560 belum begitu populer di Indonesia, namun mobil ini termasuk ke dalam segmen menengah ke bawah yang punya tampilan desain eksterior luar biasa keren, didukung mesin turbo dan daya tampungnya sebesar 7 penumpang.

Jika dilihat dari fiturnya, mobil ini sudah dilengkapi dengan Floating head unit dengan layar sentuh 8 inci dilengkapi navigasi GPS, Radio, sambungan Bluetooth, GPS Navigation, Mirroring Smartphone (iOS dan Android), hingga kamera belakang yang akan memudahkan ketika parkir.

Selain itu, ada juga fitur lain seperti  Keyless Entry dan One-push button, Airbag, Immobilizer, Alarm System, Sensor Parkir yang sudah menjadi fitur standarnya.

Mobil yang dibanderol di bawah 200 jutaan ini sudah dilengkapi dengan jok kulit yang sudah ditopang langsung dengan menggunakan teknologi kedap sara NVH yang sangat efektif dan menghilangkan setiap kebisingan engine, gearbox, dan segala jenis kebisingan pada bagian ban sehingga permukaan jalan yang menjadi ruang pengemudi sehingga akan membuat jadi tenang dan nyaman.

Fitur keselamatannya juga sudah dilengkapi didukung oleh Glory 560 yang dilengkapi dengan ESP / ESC dan Sistem Kontrol (ASR / TCS / TEC), Electronic Brake Assist (EBA),  Electronic Parking Brake (EPB), ABS + EBD, dan Hill Hold Control (HHC).

Mobil Wuling Confero

harga mobil dibawah 200 juta

Wuling Confero merupakan produk yang dijual langsung oleh Wuling Motors yang memiliki kapasitas penumpang sebanyak  seater.

Keunggulan mobil ini yaitu kapasitas mesinnya yang lebih kecil sebesar 1.500 cc, dan dibanderol sekitar 134 jutaan untuk tipe yang paling rendah.

Walau murah, mobil ini tetap menghadirkan fitur keselamatan yang berkelas seperti Dual SRS Airbag pada bagian depannya.

Tidak hanya fitur keselamatan, ada juga fitur keamanannya juga sudah bagus karena ditambahkan ekstra sensor keamanan, yaitu TPMS (Tire Pressure Monitoring System) yang bisa memberi banyak informasi soal tekanan ban di bagian Confero secara real time.

Ada juga fitur tambahan yang lain yaitu fitur front and rear parking sensor yang akan membuat pengemudi jadi lebih mudah ketika parkir.

Selain itu, ada juga ABS dan EBD juga menjadi fitur keunggulan lain dari mobil Wuling Confero.

Akibat adanya tingkat inflasi kendaraan bermotor beberapa tahun belakangan membuat banyak konsumen galau. Misalnya, Anda hanya punya uang sebanyak 200 jutaan, maka satu unit Avanza G matic sudah tidak bisa lagi dibeli karena harganya sudah mencapai 214 jutaan. Jadi, mau tidak mau Anda hanya bisa memilih city car atau LCGC seperti Calya atau Sigra.

Daftar Harga Mobil Bekas Di Bawah 200 Jutaan

Jika Anda tidak punya banyak uang tetapi sangat ingin memiliki mobil, tidak ada salahnya memilih mobil bekas.

Sebab, mobil bekas tetap memberikan kenyamanan dan sangat ramah di dompet yang harganya kurang dari 200 jutaan.

Berikut ini daftar harga mobil bekas di bawah 200 juta, diantaranya yaitu:

Mobil Nissan X-Trail 2011 – 2012

harga mobil dibawah 200 juta

Dari harga yang semulanya sangat mahal, harga Nissan X-Trail 2011 – 2012 menjadi sangat murah alias terjun bebas.

Mobil ini bisa dikatakan sangat mudah digunakan karena suspensinya nyaman, lega dan mesinnya sudah menggunakan transmisi CVT, dengan interiornya yang dilengkapi material soft touch yang bentuknya tampak sederhana.

Mobil ini boros dan mahal di bagian maintenancenya dan harga belinya Anda bisa mendapatkan kurang dari 200 jutaan. Jika mau beli mobil ini lebih baik membeli yang 2.500cc.

Mobil Kia Sportage 2011 – 2013

harga mobil dibawah 200 juta

Kia Sportage juga nasibnya sama dengan Nissan X-Trail, terlebih lagi karena ini merupakan mobil buatan Korea yang kadang dipandang remeh oleh orang Indonesia.

Kia Sportage sempat mengalami pergantian pada tahun 2011. Harga jual mobil ini untuk yang bekas di bawah 200 jutaan dengan mesin 2.000cc yang tidak terlalu boros, kabinnya juga masih sangat baik, hening dan tenang.

Mobil Hyundai Tucson 2011 – 2013

harga mobil dibawah 200 juta

Tidak jauh berbeda dengan Kia Sportage, Hyundai Tucson juga sangat cocok dibeli bagi Anda yang mengidap claustrophobia, karena kaca mobil ini lebih besar sehingga memberikan kesan kabin lebih lega.

Hal yang membuat mobil bekas dengan harga 200 jutaan ini memiliki desain dashboard yang tergolong unik.

Mobil Toyota Corolla Altis 2011 – 2013

harga mobil dibawah 200 juta

Apabila Anda merasa bahwa harga jual mobil buatan Toyota selalu tinggi maka harga mobil Toyota Corolla Altis yang dulu harganya selangit, mendadak terjun bebas dan kini bisa dibeli di kisaran harga 160 jutaan sampai 190 jutaan yang akan bergantung pada tahun rilisnya.

Corolla Altis bisa jadi pilihan yang menarik karena terbilang lebih nyaman dari Avanza.

Bahkan ada yang menyebut bahwa Corolla Altis jauh lebih nyaman dari Toyota Avanza, dimana konsumsi BBMnya tidak begitu berbeda dari Toyota Avanza.

Mobil Toyota Camry 2010 – 2011

harga mobil dibawah 200 juta

Apabila Anda mencari mobil bekas yang harganya kurang dari 200 jutaan, maka Toyota Camry 2010 – 2011 bisa menjadi pilihan terbaik.

Mobil ini cukup cocok digunakan untuk aktivitas harian sekaligus usaha rental.

Pada tahun 2015, harga mobil Toyota Camry nyaris menyentuh 200 jutaan, tetapi tak lama berselang terjun bebas dan kini harga jualnya sudah di bawah 200 jutaan.

Mobil Ford Focus 2013

harga mobil dibawah 200 juta

Seusai perginya Ford dari Indonesia menjadi kabar gembira bagi para pecinta mobil bekas Ford,

seperti Ford Focus 2013 yang kini harganya relatif murah dan berkisar di harga 190 jutaan, tetapi masih bisa ditawar.

Mobil yang satu ini bisa dikatakan mobil yang sangat canggih karena bisa melakukan pengereman secara otomatis seperti Mazda.

Selain itu, kelebihan lain dari mobil ini adalah bisa parkir paralel otomatis mirip seperti Ford Everest seri terbaru.

Untuk urusan audio pun mobil ini masih jadi juaranya, bahkan kabinnya juga kedap, terdapat sunroof, jok kulit sampai seperangkat alat safety lain yang sudah sangat lengkap untuk ukuran mobil di kelasnya.

Bicara spare part, Anda juga tidak perlu khawatir karena masih bisa ditemukan di Indonesia.

Mobil Mitsubishi Lancer 2010 – 2011

harga mobil dibawah 200 juta

Apabila Anda ingin bergaya seperti Mitsubishi Lancer Evolution, memilih Mitsubishi Lancer EX pada tahun 2010 – 2011 merupakan pilihan yang tepat.

Mobil ini bisa dikatakan cukup berumur, tetapi masih pantas-pantas saja untuk disandingkan dengan sedan-sedan masa kini seperti Corolla Altis terbaru hingga Honda CVT Turbo.

Sayangnya, bodi dan tampilan mobil yang keren tidak didukung oleh fitur yang lengkap.

Daftar Harga Mobil Sedan Di bawah 200 Juta

Bagi Anda para pecinta mobil sedan tetapi sedang mencari yang harganya di bawah 200 jutaan, maka inilah daftar mobil sedan di bawah 200 juta yang bisa dibeli, diantaranya sebagai berikut:

Mobil Proton Persona

harga mobil dibawah 200 juta

Mobil sedan yang Proton Persona merupakan jenis sedan yang paling murah sedunia.

Mobil yang berasal dari Malaysia ini dibanderol dengan harga mulai dari 168 jutaan sampai 178 jutaan.

Meskipun di Indonesia tidak begitu banyak peminatnya, namun Proton Persona sudah dilengkapi oleh mesin DOHC 16 Valve Campro IAFM dengan 4 buah silinder sejajar yang kapasitasnya sebesar 1597cc,

dan mampu menghasilkan tenaga maksimum sebesar 82 kw pada 6.500 rpm. Sementara untuk torsi puncaknya bisa mencapai 148 Nm pada 4.000 rpm. Keunggulan lain dari mobil Proton Persona adalah desain interiornya yang indah dan sangat nyaman.

Mobil Mercedes-Benz S280

harga mobil dibawah 200 juta

Mobil Mercedes-Benz S280 merupakan mobil sedan bekas yang tampilan bodinya masih keren.

S-Class memang sudah terkenal dengan kenyamanannya yang tiada tara. Hal itu terbukti dari kisaran harga jualnya untuk seri 2009 – 2011 sebesar 150 jutaan.

Harganya memang cukup buat terkejut, tetapi jika tidak ingin mobil yang biasa-biasa saja, memilih mobil ini solusi tepat.

Mobil Toyota Camry tipe V

harga mobil dibawah 200 juta

Ada juga mobil sedan buatan Jepang yang bodinya keren, tetapi harganya masih sangat terjangkau.

Mobil itu adalah Toyota Camry tipe V tahun 2010 yang harga jualnya berkisar 105 – 200 jutaan.

Baik kenyamanan, ketersediaan spare part mobil ini bisa dibilang cukup.

Jika ditinjau dari nyamannya pastinya sangat nyaman. Namun ketika dilihat dari spare part sangat mahal.

Mobil Honda Civic FD

harga mobil dibawah 200 juta

Bagi Anda para pecinta mobil buatan Honda, saat ini ada salah satu nama sedan keren yang harus masuk dalam daftar beli, yaitu Honda Civic FD.

Mobil ini sangat sering diikutkan kontes mobil karena bentuknya yang aerodinamis, keren dan tentunya menonjolkan kesan kekinian sehingga tak heran jika mobil Honda Civic FD banyak dijadikan bahan modifikasi. Harga jualnya di kisaran angka 140 – 180 jutaan.

Mobil BMW seri 3 dan 5

harga mobil dibawah 200 juta

Brand mobil yang satu ini memang selalu menjadi andalan anak muda zaman sekarang, apalagi soal handling dan kecepatannya.

BMW memang punya banyak fans di Indonesia, maka tak heran jika populasi dari mobil ini juga sangat banyak.

Apabila Anda berminat memberi sedan Eropa buatan Jerman, maka ingatlah selalu untuk memilih BMW seri 5 dengan kode E60 atau bisa juga BMW seri 3 dengan kode E90.

Kedua mobil itu adalah jenis BMW yang sangat cocok digunakan untuk para pemula, karena harga jualnya berkisar 120 jutaan sampai 140 jutaan pada tahun 2005.

Sementara untuk BMW E90, harga yang tersedia di kisaran 120 jutaan sampai 150 jutaan pada tahun produksi pertama di tahun 2005 – 2006.

Untuk ketersediaan spare partnya juga masih sangat mudah ditemukan, bahkan ketersediaannya di bengkel spesialis juga masih banyak.

Mobil Audi

Untuk mobil buatan Jerman ini juga tidak ada salahnya Anda memasukkannya ke dalam bucket list ketika hendak membeli mobil sedan bekas.

Sebab, beberapa yang suka dengan merk ini yaitu masih bisa mendapatkan harga sebesar 150 jutaan.

Untuk salah satu varian Audi yang bisa dibeli yaitu AudiA6 yang kisaran harganya mulai dari 120 jutaan sampai 130 jutaan pada saat rendang produksi di tahun 2002 sampai 204.

Apabila Anda ingin mencoba untuk bermain dengan mobil Eropa. Namun untuk spare part mobil ini sudah sangat langka.

Mobil Volvo

harga mobil dibawah 200 juta

Merk mobil Volvo juga berasal dari negara Eropa lainnya yakni Swedia yang perlahan sudah mulai redup namanya.

Tetapi, jika Anda merupakan pecinta mobil sedan buatan Eropa maka mobil Volvo tidak boleh disampingkan.

Salah satu sedan bekas Volvo yang bisa dipilih untuk melakoni aktivitas harian yaitu tipe S80.

Harga bekas mobil ini juga masih sangat terjangkau, dan fiturnya juga sudah baik.

Harga di pasarannya sekitar 130 jutaan di tahun produksinya pada tahun 2005 silam. Sejauh ini, mobil Volvo kalau dinaiki cukup nyaman.

Mobil Mercedes E-Class

harga mobil dibawah 200 juta

Sebelumnya Anda sudah membahas yang C-Class, maka kini tinggal dibahas kembarannya yakni E-Class yang menyajikan kelegaan kabin dan kenyamanan kabin agar menjadi lebih baik.

Varian E-Class menjadi salah satu jenis mobil yang kini banyak disukai oleh kalangan eksekutif karena nyaman dan desainnya yang keren.

Apabila Anda berniat membeli Mercedes-Benz E-Class, maka bisa Anda cari tahun varian bodinya dengan masuk lebih dulu, dan tentu saja jika harus masuk maka mereka harus mendapat izin yang dibutuhkan.

Itulah sedikit cerita soal harga mobil di bawah 200 juta. Tentu saja, di zaman semudah ini pastinya sangat tidak mungkin untuk tidak bisa mendapatkan mobil kurang dari 200 juta.

Apabila Anda yakin bisa langsung membelinya dan tidak perlu pikir panjang karena itu hanya akan mempersingkat waktu saja, maka ini saatnya memulai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *