Cara Menghilangkan Baret Mobil Yang Dalam Agar Kembali Mulus

cara menghilangkan baret mobil yang dalam

Memang tidak dapat dipungkiri jika baret pada mobil berwarna hitam akan mengurangi estetika keindahannya.

Tentu saja sebagai pemilik mobil Anda ingin langsung membawanya ke salon biar segera ditangani, padahal tidak perlu terburu-buru, karena cara menghilangkan baret mobil yang dalam pada mobil hitam tidaklah sulit.

Bagaimana caranya? Simak ulasan ini sampai akhir!

Baca juga: Cara membersihkan lampu mobil

Cara Menghilangkan Baret Mobil Yang Dalam pada Mobil Hitam

Hal penting yang harus dilakukan sebelum Anda mencoba untuk menghilangkan baret pada mobil, lebih dulu harus mengetahui kedalaman baretnya.

Apabila terlalu dalam, maka cobalah untuk mengikuti langkah-langkah berikut ini:

Mencuci Mobil

Sebelum menghilangkan baret, sebaiknya mobil Anda dicuci lebih dulu menggunakan kain microfiber untuk memulai pembersihan.

Ketika Anda menemukan baret pada mobil, maka cucilah lebih dulu permukaan eksteriornya terutama di bagian yang terkena baret.

Cara ini dilakukan untuk menghilangkan debu atau kotoran yang bisa saja masih menempel pada permukaan cat yang tergores.

Pada saat mencuci, pastikan kalau Anda sudah menggunakan sabun pencuci mobil dan bukan sabun sembarangan, sebab tak semua jenis sabun cocok digunakan untuk mencuci mobil.

Apalagi jika bahannya memiliki kadar abrasif yang tinggi akan membuat cat mobil rusak dan pekerjaan Anda jadi tambah lagi.

Menggunakan Scratch Remover

Biasanya terdapat dua tipe baret yang dapat merusak tampilan eksterior mobil berwarna hitam milik Anda, pertama baret tipis yang terjadi karena debu atau pencucian yang tak bersih.

Kedua, karena baret yang dalam sehingga membuat lapisan logam berwarna perak pada bagian bawah cat menjadi terlihat.

Namun karena mobil berwarna hitam, sekecil apapun baretnya pasti akan langsung terlihat.

Untuk mengatasi masalah ini Anda bisa menggunakan scratch remover baik baretnya tipis maupun dalam.

Khusus untuk baret dalam, cara menghilangkannya dengan scratch remover akan jauh lebih kompleks.

Cara menghilangkan baret pada mobil hitam dengan scratch remover yaitu lebih dulu mengeringkan permukaan yang ada baretnya.

Lalu mengoleskan scratch atau swirl remover, dimana mengoleskannya harus melingkar ke bagian baret.

Lalu di-lap pakai lap kering yang bersih, Anda bisa ulangi cara ini sampai baret benar-benar hilang.

Menggunakan Compound

Selain menggunakan scratch remover, Anda juga bisa menggunakan compound untuk menghilangkan baret dalam pada mobil hitam milik Anda.

Caranya tetap sama yaitu dengan mengoleskan kompon pada permukaan cat yang terkena baret menggunakan teknik memutar, kemudian di-lap menggunakan lap kering yang bersih hingga baret hilang.

Ketika menggunakan kompon, Anda harus berhati-hati karena sifat abrasif yang dimilikinya cukup tinggi.

Selain itu penggunaan kompon yang berlebihan dapat merusak lapisan cat mobil.

Usahakan untuk menggunakannya sedikit demi sedikit saja sambil memastikan kondisi cat mobil setelah Anda menggosoknya.

Menggunakan Touch-Up Paint Dan Wax

Jika Anda sudah membersihkan dan menyamarkan bekas goresan, hal berikutnya yang bisa dilakukan yaitu dengan memperbaiki bodi mobil.

Supaya mendapat hasil yang lebih memuaskan, Anda bisa menggunakan touch-up paint, yang merupakan salah satu bahan yang umumnya dipakai untuk memperbaiki cat mobil yang memudar untuk membuatnya jadi lebih mengkilap.

Apabila permukaan baret sudah hilang, eksterior mobil Anda bisa kembali dicuci dengan air bersih dan tidak perlu menggunakan sabun.

Kemudian dikeringkan sampai kering dan diberi lapisan wax, khususnya pada bagian yang bekas terkena baret.

Mengoleskan Wax Mobil

Selanjutnya untuk penyelesaian akhir, ingatlah untuk mengoleskan wax agar cat mobil jadi kembali kinclong.

Cara ini tidak boleh terlewat karena memiliki fungsi yang sangat penting untuk membuat tampilan mobil kembali jadi seperti baru.

Cara Menghilangkan Baret Yang Dalam Pada Mobil Putih

Jika tadi kita membahas bagaimana caranya menghilangkan baret di mobil hitam, maka saat ini kita akan beralih ke cara menghilangkan baret pada mobil putih. Apalagi saat ini mobil putih sudah menjadi favorit banyak orang.

Tak heran jika banyak produsen mobil saat ini banyak yang mengeluarkan varian warna putih.

Jika Anda memiliki mobil berwarna putih maka akan sangat membutuhkan perawatan khusus pada bodinya.

Sebab, sedikit saja tergores akan membuat estetika bodi mobil jadi tidak lagi menarik.

Apabila terdapat baretan pada bodi mobil putih Anda, maka ikutilah cara ini untuk mengatasinya:

Membersihkan Daerah Goresan

Tahapan pertama untuk menghilangkan baret di mobil putih yaitu dengan mencuci bagian yang terkena baretan dengan air bersih.

Kemudian melapnya dengan tekstur yang halus supaya tidak merusak cat. Hal ini sangat penting untuk dilakukan agar baretan di bodi mobil tidak semakin bertambah.

Mengeringkan Area Baretan

Cara berikutnya yaitu mengeringkan area yang terkena baretan dengan kain yang terbuat dari bahan chamois agar bisa membersihkan dan mengeringkan bodi mobil dengan cepat. Langkah ini umumnya digunakan supaya baret bisa lekas hilang.

Menyediakan Bahan Penghilang Baretan

Kemudian menyediakan bahan yang digunakan untuk menghilangkan baretan, untuk bahan ini bisa langsung dicari di toko yang menjual peralatan otomotif.

Ada banyak bahan penghilang baretan yang bisa ditemukan mulai dari wax, compound, scratch remover sampai spidol penghilang baretan.

Selain  menggunakan bahan-bahan itu, Anda juga bisa menggunakan bahan-bahan lainnya seperti lotion anti nyamuk, pasta gigi dan lain-lain.

Cara menggunakan bahan penghilang baretan juga mudah, Anda hanya perlu mengoleskannya ke bodi mobil yang terkena baretan, kemudian setelah baretannya memudar Anda bisa me-lap dengan kain bersih dan halus untuk meratakannya.

Untuk mengerjakannya harus secara perlahan sambil sedikit agar bahan yang digunakan bisa bereaksi dengan baik.

Menggunakan Bahan Cairan Pengkilap Bodi Mobil

Selepas itu, jangan lupa untuk mengoleskan cairan yang bisa membuat bodi mobil kembali mengkilap di tempat yang terkena baretan. Cara ini digunakan agar mobil Anda kembali terlihat seperti baru.

Cara Menghilangkan Baret Pada Mobil Silver

Jika Anda memiliki mobil berwarna silver dan bodinya mengalami baretan pastilah itu akan sangat mengganggu.

Namun tidak perlu khawatir berlebihan karena Anda tetap bisa mengatasinya dengan berbagai cara berikut ini:

Menggunakan Kompon Atau Scratch Remover

Jika Anda memutuskan menggunakan kompon atau scratch remover untuk mengatasi masalah baret pada mobil bisa dengan menggunakan kompon kit.

Cara menghilangkan baret mobil dengan kit yaitu dengan cara membersihkan lebih dulu area yang terkena baretan, lalu melap bagian permukaannya dengan menggunakan kain mikrofiber, sebelum akhirnya memoleskan kompon atau scratch remover untuk menyamarkan baretan pada mobil Anda.

Jika Anda masih belum puas dengan hasilnya, maka Anda bisa menggunakan touch-up paint untuk lebih menyamarkan baretannya dan membuatnya senada dengan warna cat pada bodi mobil.

Menggunakan touch-up paint bisa diterapkan tanpa harus menggunakan kompon. Namun Anda harus mengetes warna touch-up paint lebih dulu sehingga tidak terlalu berbeda dengan warna cat mobil Anda.

Menggunakan Pasta gigi

Selain menggunakan kompon atau scratch remover, Anda juga bisa mengatasi masalah baretan pada mobil dengan menggunakan pasta gigi.

Bahkan pasta gigi tak hanya bisa digunakan untuk mengatasi masalah baretan, tetapi juga bisa digunakan untuk membersihkan lampu depan.

Pasta gigi bisa digunakan karena memiliki komponen abrasif yang sifatnya alami sehingga bisa menghapus goresan kecil pada cat mobil Anda.

Cara menghilangkan goresan pada mobil dengan pasta gigi yaitu dengan mengoleskan pasta gigi ke sikat gigi tua yang sudah tidak lagi digunakan.

Tetapi sebelumnya, Anda harus memastikan lebih dulu jika area yang terkena baretan sudah tidak ada lagi kotoran atau debu yang menempel.

Setelah itu Anda bisa menggerakkan sikat gigi itu secara perlahan, bisa dengan gerakan yang memutar atau gerakan searah.

Apabila sudah selesai, Anda bisa membersihkan bekas pasta gigi dengan menggunakan kain lembut atau kain mikrofiber.

Apabila baretannya belum sepenuhnya hilang, maka ulangilah proses tersebut sampai baretannya benar-benar tersamarkan.

Menggunakan cat kuku

Jika kebanyakan orang hanya tahu kalau cat kuku atau nail polish lebih banyak digunakan sebagai kosmetik oleh kaum wanita, siapa sangka kalau ternyata juga bisa digunakan untuk mengatasi baretan pada mobil?

Ketika Anda menggunakan cat kuku untuk membersihkan baretan mobil, maka tidak perlu menggosok permukaannya, cukup hanya mengoleskannya ke daerah yang terkena baretan.

Cat kuku akan sangat membantu untuk menutupi baretan tanpa harus membuat Anda bekerja keras untuk menghilangkannya.

Kelebihan lainnya dari cat kuku yaitu karena tersedia dalam berbagai jenis warna, dan bahannya lebih mudah ditemukan sehingga sangat efektif untuk menyamarkan baretan pada mobil.

Menggunakan lilin

Tak hanya memakai pasta gigi / cat kuku, Anda pun dapat memakai lilin untuk menyamarkan baretan ringan pada bodi mobil Anda.

Lilin bisa dikatakan sebagai perawatan darurat. Memang bukan untuk menghilangkan baret, tetapi akan bekerja dengan sangat baik untuk menutupi goresan yang super ringan pada bodi mobil.

Cara menggunakan lilin untuk menghilangkan baretan ringan juga sangat mudah, yaitu Anda hanya perlu mencuci area yang di sekitar baretan untuk melenyapkan debu dan kotorannya.

Kemudian menggosokkan lilin dengan lembut pada permukaan yang terkena baretan.

Lilin selanjutnya akan membantu menyamarkan dan menutup baretan pada cat mobil Anda.

Tetapi perlu digarisbawahi bahwa lilin bukanlah solusi jangka panjang. Penggunaannya hanya untuk solusi darurat saja.

Menggunakan lem super

Apabila Anda belum menemukan bahan-bahan yang telah disebutkan sebelumnya, tidak ada salahnya menggunakan lem super sebagai perawatan darurat bodi mobil yang terkena goresan.

Lem super memiliki fungsi jadi bahan yang transparan dengan begitu dapat meratakan goresan di area permukaan bodi mobil.

Cara untuk menggunakannya juga terbilang mudah, cukup dengan mengoleskannya ke bagian yang terkena baretan lalu menggosoknya perlahan dengan menggunakan amplas.

Tidak hanya lem super, di beberapa bengkel juga biasanya akan menyarankan Anda untuk menggunakan lakban supaya bisa menutup baretan pada mobil.

Supaya hasil akhirnya mulus, Anda bisa menggunakan touch-up paint supaya cat pada bodi mobil bisa jadi lebih merata.

Cara menghilangkan baret mobil yang dalam sejatinya tidak terlalu sulit dan akan tergantung pada kondisinya.  Maka dari itu, Anda harus melihat lagi situasinya apakah terlalu dalam atau tidak.

Jika tidak terlalu dalam, Anda bisa selesaikan sendiri namun jika terlalu dalam, ada baiknya menggunakan jasa dari salon mobil, supaya tidak menimbulkan kerepotan yang lebih parah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *