Cara Menghilangkan Baret Kaca Mobil Terlengkap

cara menghilangkan baret kaca mobil

Cara menghilangkan baret kaca mobil tidaklah sulit. Apalagi bagi Anda yang sudah memiliki pengalaman, pastinya akan sangat santai menghadapi situasi semacam ini.

Bagi Anda yang belum berpengalaman ketika kaca mobil Anda ada baretnya, tidak perlu khawatir karena saat ini sudah berada di tempat yang tepat.

Benar memang kalau kaca mobil kebaret bukan masalah yang besar, tapi tetap saja akan mengurangi tampilan mobil Anda.

Baca juga: Cara Mengecek Oli Mesin Mobil

Selain itu, jika kacanya tergores juga akan mempengaruhi harga jualnya pada saat ingin dijual. Lantas bagaimanakah cara menghilangkannya? Simak ulasan ini sampai akhir!

Jenis-jenis Baret atau Goresan Kaca Mobil

Sebelum melangkah lebih jauh tentang bagaimana cara yang bisa digunakan untuk mengatasi baret-baret pada kaca mobil Anda, maka ada baiknya Anda lebih dulu memahami jenis baret atau goresan yang umumnya sering terjadi pada kaca mobil serta penyebabnya.

Jenis baret itu ada banyak, tetapi beberapa jenis baret berikut ini adalah yang biasanya terjadi, apa saja jenisnya?

Baret wiper

Baret wiper merupakan baret atau goresan yang terjadi karena adanya gerakan pada karet wiper secara terus menerus sampai akhirnya membuat pola yang tampak seperti garis-garis halus pada bagian kaca mobil depan.

Baretan ini pastinya akan sangat mengganggu pandangan Anda ke jalan depan sebab bekas wiper umumnya akan membuat cahaya matahari jadi memantul dan membuat silau pada saat mengenai kaca.

Faktor yang menyebabkan terjadinya baret ini ada dua, pertama yaitu karet wiper mobil yang sudah keras dan kaku, kedua karena pemakaian wiper yang kurang tepat.

Baret power window

Baret ini terjadi akibat naik – turunnya laju kaca mobil bagian samping.

Baret acak

Baret atau jenis goresan yang satu ini akan tampak sangat tidak beraturan bentuknya. Ada banyak faktor yang menjadi penyebabnya, diantaranya yaitu penggunaan alat pembersih mobil yang tidak tepat ketika mencuci, terjadi kesalahan ketika memasang film kaca mobil, keusilan orang lain hingga gesekan benda tajam seperti ranting pohon misalnya.

Cara Menghilangkan Baret Kaca Mobil dengan Goresan Kecil

Cara menghilangkan baret yang goresannya kecil tidaklah sulit. Apabila kaca mobil Anda tergores sedikit,

maka berikut ini adalah cara-cara yang bisa digunakan untuk menghilangkan baret dengan goresan kecil, diantaranya yaitu:

Memakai Pasta Gigi

Tidak ada yang menyangka jika pasta gigi bisa dipilih sebagai bahan yang digunakan untuk menghilangkan baret kaca mobil Anda. Berikut ini cara menghilangkan goresan pada kaca mobil dengan pasta gigi:

  1. Mengambil sedikit pasta gigi, kemudian diusapkan di kai yang lembut. Disarankan menggunakan pasta gigi pemutih.
  2. Kemudian menggosokkannya ke bagian kaca mobil yang mengalami baret.
  3. Mengulanginya sesuai dengan kebutuhan.
  4. Membersihkan sisa pasta gigi yang menempel di bagian kaca mobil.
  5. Memperhatikan dan memeriksa baretan di kaca mobil Anda memudar atau tidak.

Cara menghilangkan baret kaca mobil dengan pasta gigi diatas terbilang cukup ampuh loh untuk menghilangkan goresan kecil pada kaca, namun cara ini tidak permanen ya.

Memakai cairan amonia

Langkah-langkah menghilangkan baret mobil menggunakan cairan amonia adalah sebagai berikut:

  • Menyampurkan 3 cangkir atau sekitar ½ liter air dengan 15 ml amonia atau sekitar ½ ons dan kemudian mengaduknya sampai rata.
  • Menyelupkan kain bersih yang lembut ke cairan amonia tadi.
  • Menggosokkan kain pada bagian kaca mobil yang kebaret dengan gerakan memutar.
  • Apabila sudah selesai, Anda bisa membersihkan sisa amonia yang menempel di kaca mobil.
  • Mengulangi langkah-langkah sebelumnya sampai goresannya memudar.

Cara Menghilangkan Baret Kaca Mobil dengan Goresan Dalam

Biasanya baretan pada kaca mobil ada yang tipis tapi ternyata cukup dalam, sampai harus membuat Anda meraba bagian permukaan kaca mobil depan untuk mengetahui letak baretannya.

Jika kejadiaannya sudah seperti itu, maka inilah cara menghilangkan baret kasar pada kaca mobil yang bisa diterapkan, apa saja?

Bahan yang dibutuhkan

Adapun bahan-bahan yang dibutuhkan untuk menghilangkan baretan, diantaranya yaitu:

  • Bubuk poles kaca (Cerium Oxide)
  • Amplas halus 2000
  • Air secukupnya
  • Selotip dan koran bekas
  • Alat pemoles mulai dari polish pad, bor pemoles, dan lain sebagainya.

Langkah-langkah menghilangkan baret mobil

Langkah-langkah yang bisa digunakan untuk menghilangkan baret mobil adalah sebagai berikut:

  • Hal pertama yang harus dilakukan yaitu mencuci kaca depan mobil lebih dulu sampai bersih. Jika perlu, Anda bisa menggosok kaca mobil bagian depan dengan lebih keras agar kotoran yang melekat bisa terangkat seluruhnya.
  • Menggosokkan amplas pada bagian kaca mobil yang mengalami goresan. Proses itu harus dilakukan sampai permukaan kaca depan mobil Anda jadi rata. Pada saat menggosok, kaca harus diusahakan dalam keadaan basah untuk mengurangi panas yang terjadi akibat gesekan amplas dan kaca.
  • Selepas itu Anda bisa membersihkan kaca depan mobil dan menunggunya sampai mengering.
  • Meletakkan koran atau kertas di bagian pinggir kaca. Cara ini dilakukan agar bubuk poles tidak mengenai bagian mobil yang lain. Anda juga bisa menempelkan koran atau kertas dengan selotip agar tidak mudah pindah tempat.
  • Bubuk oles dicampur dengan sedikit air lalu mengaduknya hingga menghasilkan campuran yang mempunyai konsistensi sedang. Maksudnya konsistensi sedang yaitu tidak terlalu encer dan tidak terlalu kental.
  • Berikutnya Anda bisa mengambil alat atau bor pemoles dan memoleskannya ke bagian kaca mobil yang terkena baret wiper. Permukaan kaca mobil yang hendak dipoles sebaiknya dibasahi lebih dulu, kemudian bisa digosok satu per satu di bagian itu secara bergantian.
  • Jika tidak punya alat atau bor pemoles, Anda bisa menggunakan kain lembut yang dibasahi sedikit dengan cairan poles kaca dan kemudian menggosokkannya pada bagian kaca yang terkena baret. Anda bisa menggosoknya dengan perlahan dan sedikit menekan supaya cairan polish bisa masuk ke dalam bagian yang terkena baret.
  • Apabila seluruh rangkaian proses sudah dilakukan, Anda bisa melap seluruh sisa kotoran yang menempel selama proses berlangsung dengan lap lembut yang bersih.
  • Kaca depan mobil Anda pun akan terlihat semakin bersih dan tampak berkilau.

Hal-hal yang harus diperhatikan

Berikut ini hal-hal yang tidak boleh luput dari perhatian Anda, yaitu:

  • Apabila posisi wiper mobil membuat Anda kesulitan melakukan pemolesan, Anda bisa mencopotnya lebih dulu.
  • Apabila cairan pemoles mengenai bodi mobil Anda, maka cepat-cepatlah membilasnya dengan air bersih.
  • Koran dan selotip yang ditempelkan tadi harus segera dilepas begitu proses pemolesan selesai dilakukan. Sebab bekas selotip kadang menempel kuat pada kaca mobil dan untuk menghilangkannya Anda harus memakai minyak kayu putih agar hilang.

Demikianlah pembahasan singkat mengenai cara menghilangkan baret kaca mobil yang dijamin tidak akan membuat Anda kesulitan.

Ingat untuk menghindari terjadinya baret, cobalah untuk melakukan pengecekan karet wiper setiap 6 bulan sekali dan pegangannya juga.

Dengan cara itu, Anda bisa menghindari terjadinya baretan yang tidak diinginkan.

Jika Anda sibuk, cara menghilangkan baret lainnya yang bisa digunakan yaitu dengan membawa ke salon mobil. Biasanya harga untuk pemolesan kacanya bervariasi, ada yang Rp100 ribu, ada juga yang paling mahal Rp500 ribu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *