8 Cara Mengecek Oli Mesin Mobil dengan Benar dan Sesuai Prosedur

cara mengecek oli mesin mobil

Dalam menjaga performa agar tetap bagus, pastinya perawatan dalam sebuah mobil perlu dilakukan, terutama dalam melihat dan mengecek oli mesinnya.

Oli mesin merupakan sebuah faktor yang menentukan awet atau tidaknya mesin dari kendaraan roda empat Anda. Anda tidak perlu pergi ke bengkel untuk memeriksa pelumas mobil. Cara mengecek oli mesin mobil dapat dilakukan dengan mudah oleh para pengguna kendaraan ini.

Fungsi utama dari oli mesin adalah pemberi pelumas pada mesin-mesin yang saling bergesekan saat mobil dinyalakan. Gesekan-gesekan mesin ini bila tidak diberi pelumas, lama-kelamaan akan rusak.

Oleh sebab itu, peranan oli pelumas ini sangatlah penting untuk memperpanjang usia mobil kesayangan Anda. Oleh sebab itu, pengecekan oli harus dilakukan sesering mungkin untuk mengetahui kualitas yang kian berkurang saat mobil digunakan. Berikut cara pengecekan oli mesin.

Cara Mengecek Oli Mesin Mobil Sesuai dengan Prosedur yang Berlaku

Sebelum berlanjut ke cara mengecek oli mesin mobil, ada baiknya memperhatikan hal-hal lain seperti persiapan pendahuluan agar saat melakukannya dapat diketahui dengan maksimal.

Karena dengan melakukan hal ini tentunya hasil yang akan Anda terima lebih akurat dan lebih mewaspadai kalau terjadi hal-hal yang beresiko setelah dilakukannya pengecekan.

Mengetahui kondisi dari oli terlebih dahulu

Sebelum melakukan pengecekan pada oli mesin mobil, Anda harus mengetahui kondisi oli dari suhu dan posisi pelumas saat itu. Pastikan oli sudah berada dalam tangki, bukan dalam mesin mobil.

Karena setelah mobil digunakan, pasti masih ada ada oli yang berada dalam mesin sehingga harus menunggunya untuk beberapa saat agar oli kembali ke tangkinya. Hal ini dikarenakan volume akan berkurang sehingga pengecekan akan kurang maksimal.

Perhatikan juga suhu sekitarnya, bila dingin alangkah baiknya kalau mesin mobil dilakukan pemanasan terlebih dahulu. Karena sangat kurang efisien saat oli berada dalam keadaan dingin dan mengental.

Seharusnya saat ingin melakukan pengecekan, pastikan oli dalam kondisi mencair. Terutama pada oli sintetis, dapat dilakukan pengecekan saat kondisi mesin sedang hangat, karena saat kondisi mesin panas, oli akan memuai.

Memarkirkan mobil di tempat yang datar

Sebelum mengecek oli mesin mobil, pastikan kendaraan sudah diparkir di tempat yang datar agar pembacaan lebih akurat. Karena bila Anda meletakkan mobil di tempat yang miring, tentunya oli akan berada di titik yang tidak konsisten.

Membuka bagian penutup depan mobil

Penutup atau kap mobil bagian depan pastinya berbeda tergantung dari jenisnya. Ada yang terletak di daerah pintu kemudi serta ada juga yang langsung bisa dibuka secara manual dari depan mobil itu sendiri.

Mencari Dipstick untuk oli mesin

Beberapa mobil biasanya sudah dilengkapi oleh tongkat yang dicelupkan ke dalam tangki oli. Biasanya memiliki ujung melingkar berwarna cerah dan arahnya berlawanan dengan arah mesin.

Sedangkan untuk mobil yang menggunakan transmisi otomatis, biasanya terdapat 2 Dipstick, tongkat oli dan tongkat oli transmisi. Untuk oli transmisi, biasanya terletak di sisi sopir dan di belakang mesin. Jangan salah memasukkan olinya karena akan fatal akibatnya.

Mempersiapkan tisu atau lap berwarna terang lainnya

Tisu atau lap berwara terang ini berfungsi untuk menyeka oli. Dalam mempermudah cara mengecek oli mesin mobil, memanfaatkan warna cerah pada kain lap akan membatu dalam melihat konsistensi dan warna dari oli yang Anda gunakan.

Setelah mempersiapkan segala persyaratan-persyaratan di atas dan terpenuhi, saatnya melakukan pengecekan pada pelumas mesin kendaraan Anda.

Cara Cek Oli Mesin Mobil Sendiri

Cara mengecek oli mesin mobil sangat mudah dilakukan sendiri tanpa harus pergi ke bengkel sekalipun. Berikut caranya.

Melepas Dipstick

Setelah mendapati Dipstick atau tongkat celup oli, lepas benda tersebut dari tangki. Panjang dari tongkat ini bervariasi tergantung dari jenis mobil para pengguna.

Tarik secara perlahan sembari tisu dipersiapkan agar oli tidak menetes kemana-mana. Bila Anda kesusahan dalam mencopot tutup dari tongkat ini, cukup ditarik pelan-pelan dan lembut, serta jangan dipaksa untuk mencabutnya.

Memeriksa kualitas oli dan warnanya

Selanjutnya tahap quality control dari oli yang tengah digunakan untuk mobil Anda, yaitu dengan cara melihat warna serta kualitasnya. Cara mengecek oli mesin mobil ini memang adalah tujuan utamanya yang pertama.

Perhatikan warna oli di tongkat celup yang Anda telah keluarkan dari dalam tangkinya. Bila oli berwarna kuning kehijauan, berarti kondisi oli masih bagus dan masih belum harus dilakukan pergantian. Apabila pelumas tersebut sudah berwarna coklat kehitaman, lakukan pergantian segera karena kualitasnya sudah memburuk.

Selain itu, perhatikan juga apakah oli terdapat gumpalan maupun kotoran atau tidak. Meskipun warna masih menunjukkan kualitas yang bagus, akan tetapi memiliki kotoran yang terdapat didalam cairannya, perlu juga dilakukan pergantian. Karena bila diteruskan, kotoran tersebut akan merusak mesin mobil Anda.

Membersihkan Dipstick dan mencelupkannya kembali

Setelah memeriksa kualitas dan warna oli, selanjutnya pemeriksaan kuantitas atau jumlah oli yang terdapat di dalam tangki mesin mobil Anda.

Cara mengecek oli mesin mobil dari segi kuantitasnya sangat mudah. Cukup bersihkan tongkat celup tadi dengan tisu atau lap. Kemudian celupkan lagi ke dalam tangki oli pada mesin kendaraan beroda empat tersebut.

Setelah dilakukan pencelupan kembali, lepas kembali tongkat celupnya.

Coba perhatikan di ujung tongkat tersebut terdapat 2 buah indikator yang menandakan jumlah volume oli yang terdapat di dalam tangki. Titik paling kecil biasanya terdapat di bagian paling ujung tongkat.

Bila pelumas sudah menunjukkan daerah tersebut, segera tambah olinya. Lakukan pengisian hingga batas indikator maksimum dari tongkat.

Selain mengetahui cara mengecek oli mesin mobil, ada baiknya Anda dapat mengisi kembali atau melakukan tune-up tanpa harus pergi ke bengkel. Selain itu, gunakan oli yang dikhususkan untuk mesin mobil Anda.

Anda dapat melihat kode dari mesin bada bagian tutup tangki. Kode ini digunakan dalam mencocokkan oli apa yang tepat untuk mesin kendaraan Anda. Selanjutnya periksa kembali jumlah oli yang ada di dalam tangki apakah masih kurang atau tidak.

Setelah mengisi oli mesin mobil Anda, segera lakukan pembersihan bila ada pelumas yang meluber ke luar mesin. Karena oli yang terbuang itu akan menyebabkan bau yang sangat tidak enak bila terkena panasnya mobil.

Lakukan pengisian oli mobil ini sesuai dengan prosedur yang berlaku pastinya. Bila Anda tidak mampu melakukannya seorang diri, maka segera kunjungi bengkel terdekat agar memperoleh penangan yang terbaik.

Itulah cara mengecek oli mesin mobil sesuai dengan prosedur yang disarankan. Pastikan semua syarat dan kondisi sebelum pengecekan telah dipenuhi agar pada saat pengecekan memperoleh hasil yang akurat.

Lakukanlah pengecekan secara periodik atau sesuai dengan yang tertera di dalam buku panduan dari mobil tersebut. Bila ingin mengganti tentunya terdapat caranya sendiri. Apabila Anda tidak bisa melakukannya, cukup datangi bengkel terdekat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *