13 Cara Menabung Untuk Beli Mobil Paling Jitu

cara menabung untuk beli mobil

Mengetahui Cara menabung untuk beli mobil merupakan salah satu solusi mendapatkan mobil impian Anda.

Terkadang mobil menjadi salah satu barang pokok yang harus dimiliki oleh beberapa orang, terutama bagi orang-orang dengan jadwal padat.

Selain itu berkendara menggunakan mobil jauh lebih nyaman dan tidak terlalu terkontaminasi dengan polusi kendaraan bermotor.

Baca juga: Mobil Dibawah 200 Juta

Namun harga mobil yang cenderung mahal membuat tidak sembarang orang dapat memilikinya.

Akan tetapi Anda tidak perlu khawatir, hal tersebut tergantung dengan seberapa pintar Anda dalam memanajemen keuangan.

Jika Anda pandai manajemen keuangan, gaji sedikit juga pasti dapat membeli mobil.

Membudayakan menabung adalah kebiasaan yang sangat baik dan tentu saja mempunyai banyak manfaat.

Membeli barang dengan cara menabung tentu sensasinya akan berbeda, dimana Anda akan lebih menghargai barang tersebut karena mengingat perjuangan Anda dalam menabung.

Selain itu menabung untuk membeli mobil juga bagian dari meningkatkan kesabaran yaitu menekan keinginan sejenak.

Untuk membiasakan menabung sendiri tidak sembarangan, menabung juga ada caranya.

Jika Anda melakukan cara-cara ini bisa jadi dalam waktu dekat Anda akan dapat membeli mobil yang Anda inginkan.

Cara Menabung Untuk beli Mobil Bekas dan Baru

Cara menabung setiap orang sudah pasti berbeda, selain itu jumlah atau nominal yang ditabung juga setiap orang tidak sama.

Mungkin ilmu menabung yang sama antara semua orang dan harus dipatuhi adalah konsisten.

Jika Anda ingin membeli mobil akan jauh lebih baik jika menabung terlebih dahulu. Dengan terbiasa membeli barang dari menabung, maka Anda tidak akan pernah terbebani dengan bunga kredit.

Bayangkan seperti kondisi Covid saat ini, dimana banyak sekali pegawai atau tenaga kerja yang dirumahkan atau dikurangi gajinya namun angsuran mobil, motor, rumah dan lain-lain masih tetap berjalan.

Jika tidak ada pemasukan namun angsuran tetap jalan dapat dipastikan Anda akan stress. Ingin pinjam ke saudara atau teman?

Hal tersebut bukan menjadi solusi terutama saat pandemi seperti ini dimana semua orang membutuhkan uang. Langsung saja simak berikut ini adalah caramenabung untuk beli mobil bekasmaupun baru:

Menentukan mobil yang akan dibeli

Jika Anda ingin membeli segala sesuatu sudah pasti Anda harus mencari tahu harga dari barang tersebut, termasuk jika Anda akan membeli mobil.

Harga mobil inilah yang akan menjadi target dari uang yang harus Anda tabung.

Manfaat mengetahui harga mobil yang akan dibeli ini adalah dimana Anda dapat menentukan strategi yang tepat dalam rencana menabung Anda.

Sehingga Anda mengetahui berapa besaran uang yang harus Anda tabungkan dan waktu membeli mobil.

Sisihkan 10-30% dari gaji

Menurut ahli manajemen keuangan besar uang yang harus disimpan atau ditabung setiap bulan adalah 10-30% dari gaji atau pendapatan yang diperoleh.

Namun jika Anda dapat menabung atau menyimpan uang lebih besar dari jumlah tersebut tentu saja itu akan lebih baik.

Hidup berhemat itu bagus akan tetapi jangan memaksakan diri dengan menabung dalam jumlah yang banyak bisa jadi kebutuhan Anda sehari-hari akan terganggu.

Investasi emas

Salah satu cara untuk mengembangkan uang tabungan adalah dengan membeli logam mulia atau emas.

Semua orang pasti paham jika harga emas dari tahun ke tahun selalu meningkat, bahkan saat pandemi saat ini nilai atau harga emas kian meroket.

Ketika Anda menyimpan uang maka nilainya tidak akan bertambah alias tetap. Sedangkan jika Anda menyimpan tabungan dalam bentuk logam mulia maka bertambah tahun harga emas akan meningkat dan uang Anda sebanyak harga emas saat ini.

Sehingga cara tersebut lebih efisien untuk dilakukan. Namun jika membeli emas pastikan Anda membeli di tempat yang terpercaya dan emas tersebut adalah emas murni.

Membuat jadwal menabung

Seperti yang sudah penulis jelaskan sebelumnya menabung ini haruslah konsisten, dimana menabung dilakukan secara kontinu.

Untuk membuat Anda disiplin dalam menabung sebaiknya dibuat jadwal menabung setiap bulannya.

Jika dibutuhkan Anda harus memasang alarm pada ponsel sebagai pengingat jika waktu atau tanggal menabung telah tiba.

Anggap tabungan adalah hutang

Salah satu cara yang juga harus dilakukan agar Anda disiplin dalam menabung dan agar dapat segera membeli mobil yang Anda inginkan adalah dengan menganggap bahwa menabung adalah hutang atau angsuran yang harus Anda bayar setiap bulan.

Dengan demikian maka Anda akan merasa ada tanggungan dan merasa bertanggung jawab untuk menyelesaikan tanggungan tersebut.

Mengambil pekerjaan tambahan

Jika Anda adalah seorang pegawai dengan gaji kecil sekitar 2 jutaan, membeli mobil sepertinya adalah mimpi yang cukup besar.

Namun di dunia ini tidak ada yang tidak mungkin, jika Anda berusaha tentu saja Anda akan mempunyai mobil.

Gaji 2 juta ingin beli mobil bukanlah mimpi yang sulit untuk didapatkan, asalkan Anda mau bekerja keras.

Agar Anda segera membeli mobil dan dapat menabung untuk membeli mobil maka perlu mengambil beberapa pekerjaan tambahan.

Pastikan pekerjaan tambahan tersebut tidak mengganggu pekerjaan utama Anda. Salah satu pekerjaan yang mungkin  dapat Anda ambil adalah freelance, menitipkan makanan di warung dan lain sebagainya.

Semua bonus ditabung

Terkadang rezeki memang datang tiba-tiba tanpa disangka-sangka salah satunya adalah bonus.

Jika pada pekerjaan Anda ada bonus bagi pekerja yang mungkin mencapai target, maka berusahalah untuk selalu mencapai target.

Setelah mendapatkan bonus, maka jangan langsung kalap membelanjakan uang bonus untuk kebutuhan yang sebenarnya tidak terlalu mendesak.

Sebaiknya gunakan uang bonus dengan sebaik mungkin, jika tidak perlu lebih baik masukkan ke dalam tabungan agar impian Anda untuk membeli mobil segera terwujud.

Menabung di orang lain

Untuk melatih kedisiplinan dalam menabung terkadang seseorang membutuhkan orang lain.

Dimana program menabung saat ini juga banyak sekali, bahkan ada yang berjangka dan disertai dengan bunga. Jika Anda ingin segera membeli mobil tidak ada salahnya jika mencoba hal tersebut.

Hemat pengeluaran

Ketika akan menabung sudah pasti harus mengorbankan atau menekan beberapa keinginan.

Salah satu cara untuk dapat mempercepat Anda dalam membeli mobil adalah dengan hidup hemat.

Salah satu contoh untuk makan tidak perlu mewah atau berlebihan yang penting sudah mencakup empat sehat lima sempurna saja sudah lebih dari cukup.

Riset dealer terpercaya

Selama proses menabung sebaiknya Anda juga harus melakukan riset terhadap beberapa dealer atau leasing mobil.

Carilah dealer yang terpercaya dan memberikan harga mobil terbaik.

Menabung di hari pertama gajian

Ketika di hari pertama gajian tentu saja uang yang Anda miliki masih banyak dimana saat itulah sebaiknya Anda menyisihkan uang yang Anda tabung untuk membeli mobil.

Selain itu pastikan Anda tidak akan pernah menggunakan uang tabungan tersebut untuk keperluan lain.

Mengevaluasi pengeluaran

Evaluasi pengeluaran ini sangat penting untuk dibuat agar Anda tahu kira-kira pengeluaran apa yang bisa dikurangi bahkan dihilangkan.

Dimana uang tersebut dapat dialokasikan ke tabungan Anda untuk membeli mobil. Dengan demikian maka waktu Anda akan memiliki mobil akan semakin dekat.

Memberikan punishment terhadap diri sendiri jika tidak konsisten menabung

Salah satu cara yang dapat digunakan untuk melatih kedisiplinan adalah dengan menghukum diri sendiri jika telat menabung.

Hukumannya jangan terlalu berat, misalkan biasanya Anda harus jajan atau membeli minuman kesukaan, karena telat menabung maka selama satu minggu atau satu bulan tidak ada jatah untuk membeli minuman tersebut.

Dimana uang untuk membeli minuman dimasukkan semuanya ke dalam tabungan.

Ketiga belas cara menabung tersebut semoga dapat membantu Anda untuk segera mewujudkan mimpi Anda memiliki mobil.

Apakah cara tersebut juga cocok untuk para pelajar atau mahasiswa? Cara menabung untuk beli mobil bagi pelajar ini tentu saja tidak jauh dengan para pekerja.

Satu hal yang harus dipastikan saat ini tidak menutup kemungkinan para pelajar dapat mempunyai mobil.

Misalkan untuk mendapatkan uang tambahan atau pekerjaan sampingan para pelajar tidak harus bekerja keras secara fisik.

Para pelajar dapat mengandalkan kemampuan lain yang dimiliki seperti mempunyai bakat menyanyi, gunakan bakat tersebut untuk menyanyi di cafe.

Selain itu saat ini YouTube sangat bisa dijadikan sebagai ladang pekerjaan, mengasah kreativitas dan pastinya menghasilkan uang yang bisa ditabung untuk membeli mobil maupun apapun yang Anda inginkan.

Apakah Bisa Membeli Mobil Tanpa Uang?

Membeli mobil tanpa menggunakan uang bukanlah suatu hal yang mustahil atau tidak dapat dilakukan, akan tetapi tidak sembarang orang bisa melakukan hal tersebut.

Cara tersebut biasanya dapat dilakukan oleh pengusaha yang pastinya dipercaya oleh perbankan atau leasing.

Cara tersebut dilakukan untuk usaha, salah satu pengusaha yang sering menggunakan cara tersebut adalah rental maupun perusahaan transportasi.

Dimana untuk membuat usaha rental tidak harus membutuhkan modal, tentunya dengan syarat Anda dipercaya dan dapat meyakinkan perbankan.

Pembelian mobil dapat diperoleh dari perbankan, dengan peraturan Anda harus membayar angsuran ke bank setiap bulannya sebesar nilai yang sudah disepakati.

Dimana hal tersebut tentu saja sama dengan menabung, akan tetapi Anda sudah dapat menggunakan mobil atau kendaraan tersebut selama proses menabung atau dalam hal ini disebut mengangsur.

Hal tersebut adalah salah satu cara membeli mobil tanpa uang, namun sekali lagi orang yang tidak punya usaha lebih baik tidak melakukan hal tersebut.

Karena orang yang mempunyai usaha transportasi atau rental mobil dapat menggunakan mobil tersebut untuk menghasilkan uang.

Dimana uang tersebut dapat digunakan untuk membayar angsuran bahkan memenuhi kebutuhan serta sebagai tabungan pribadi.

Biasanya hal tersebut akan dilakukan oleh orang-orang yang mempunyai keberanian tinggi.

Dimana dalam usaha terkadang tidak selalu berjalan lancar, sedangkan apapun yang terjadi harus tetap dapat mengembalikan uang tersebut.

Jika Anda menggunakan cara tersebut untuk membeli mobil sebaiknya harus memenuhi syarat berikut ini:

  • Untuk usaha atau bekerja seperti rental, usaha transportasi, bergabung di transportasi online dan lain sebagainya.
  • Pastikan selalu mengedepankan uang angsuran dibandingkan dengan kebutuhan lainnya.
  • Mampu mengembangkan usaha yang dijalani, yaitu memikirkan bagaimana satu buah mobil dapat menjadi dua dan lain sebagainya.

Membeli mobil dengan cara kredit mungkin bagi sebagian orang diharuskan terutama jika digunakan untuk usaha.

Namun bagi Anda yang belum terlalu urgent membutuhkan mobil, sebaiknya membeli mobil dengan cara menabung itu lebih baik.

Semoga penjelasan tentang cara menabung untuk beli mobil tersebut dapat bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *