5 Cara Memperbaiki Mobil Penyok, Bisa Dirumah Sendiri

cara memperbaiki mobil penyok

Cara memperbaiki mobil penyok merupakan pengetahuan yang harus dimiliki oleh setiap orang yang mempunyai mobil.

Sebuah mesin termasuk mobil membutuhkan perawatan rutin, karena perawatan yang bagus dan rutin akan membuat mobil Anda lebih awet dan juga hemat pengeluaran.

Jika ada kerusakan kecil atau penyok sedikit Anda dapat melakukan perbaikan sendiri dan tidak perlu pergi mengeluarkan uang untuk membayar bengkel.

Baca juga: Oli Mesin Terbaik

Kondisi mobil yang penyok sudah pasti akan mengganggu dan membuat Anda kesal karena cukup mengurangi keindahan mobil.

Penyoknya mobil disebabkan karena satu faktor yaitu akibat benturan.

Dimana tingkat keparahannya sendiri bergantung pada keras tidaknya benturan tersebut dan bagian yang mudah sekali penyok diantaranya pada bumper, body mobil, pintu dan lain sebagainya.

Mari tinggalkan pembahasan mengenai penyebab dari mobil penyok, karena membahas solusi jika mobil penyok sepertinya akan lebih menarik.

Di era digital saat ini menemukan informasi terutama tentang hal atau masalah yang umum terjadi sangatlah mudah, termasuk informasi tentang mengatasi mobil penyok.

Anda akan mendapatkan informasi tersebut melalui internet, diantaranya tutorial YouTube dan juga melalui tulisan ini.

Cara Memperbaiki Mobil Penyok yang Dijamin Ampuh

Memperbaiki mobil penyok sepertinya saat ini bukanlah perkara yang sulit dan dapat dilakukan sendiri di rumah.

Namun kembali lagi harus dilihat seberapa parah kerusakan dan seberapa lebar penyok pada body mobil Anda.

Jika memang Anda tidak mempunyai waktu untuk melakukan perbaikan sendiri dan Anda mempunyai cukup uang membawa mobil tersebut ke orang yang lebih ahli mungkin dapat menjadi jalan keluar.

Akan tetapi ada solusi terbaik yang harus Anda ketahui sebelum membawa mobil tersebut ke montir ahli yaitu cara memperbaiki body mobil yangpenyok ternyata sangat mudah.

Jika penyok pada body mobil Anda hanya sedikit tentu saying sekali harus mengeluarkan uang.

Selain itu peralatan yang dibutuhkan juga sangatlah sederhana, penasaran seperti apa caranya? Berikut ini penjelasan lengkapnya:

1. Memanfaatkan es batu

Es batu dapat digunakan untuk memperbaiki mobil penyok? Aneh memang tapi jangan negative thinking dulu, karena cara ini benar-benar ampuh.

Selain itu caranya juga benar-benar mudah dan pasti akan berhasil. Ayo simak baik-baik dan ikuti langkah-langkahnya step by step ya!

  • Siapkan alat dan bahannya. Apa saja alat dan bahan yang dibutuhkan? Bahan pertama tentu saja es batu, selain itu Anda membutuhkan alat tambahan yaitu pengering rambut atau hair dryer dan satu lagi kompresor angina. Wah ternyata bahan yang dibutuhkan sangat mudah diperoleh dan sepertinya di rumah Anda sudah ada.
  • Setelah bahan sudah disiapkan saatnya melakukan eksekusi yaitu tempelkan bongkahan es batu pada bagian body mobil yang penyok sampai ada butiran-butiran seperti salju yang nampak pada bagian tersebut. Waktu yang dibutuhkan sampai butiran tersebut keluaran kurang lebih kisaran 2-3 menit.
  • Selanjutnya angkat bongkahan es batu tersebut pada bagian body mobil yang penyok dan gunakan hair dryer untuk mengeringkannya. Inilah saatnya Anda akan menyaksikan hal menakjubkan, bagian penyok tersebut perlahan akan pulih seperti semula.

2. Memanfaatkan cairan karbondioksida

Cara selanjutnya yang juga sangat ampuh untuk memperbaiki bagian mobil yang penyok adalah dengan menggunakan cairan karbondioksida. Langsung saja berikut ini adalah langkah-langkahnya:

  • Seperti biasa tentu saja dimulai dengan menyiapkan perlengkapan yang dibutuhkan yaitu cairan karbondioksida dan juga hair dryer. Cairan karbondioksida dapat Anda peroleh dengan membeli di toko kimia terdekat atau memesan melalui online.
  • Setelah itu panasi bagian mobil yang penyok menggunakan hair dryer sampai bagian tersebut benar-benar panas. Kemudian tuangkan atau semprotkan cairan karbondioksida pada bagian yang sudah dipanaskan dengan hair dryer.
  • Terakhir tekan-tekan bagian yang penyok dan bim salabim mobil penyok Anda akan kembali seperti semula dan kembali terlihat indah.

3. Memanfaatkan air panas

Cara selanjutnya untuk memperbaiki mobil penyok yang juga sangat ampuh adalah menggunakan air panas.

Cara memperbaiki mobil penyok dengan air panas ini juga tidak kalah mudah saat menggunakan es batu maupun cairan karbondioksida.

Daripada Anda dilanda rasa penasaran, langsung saja simak langkah-langkah berikut ini:

  • Bahan yang dibutuhkan sangat sederhana dan pasti ada di rumah Anda yaitu air panas dan kain. Agar lebih mudah menuangkan air panas, maka sebaiknya gunakan teko atau wadah air lainnya.
  • Tuangkan sedikit demi sedikit air panas kebagian mobil Anda yang penyok, kemudian tekan perlahan bagian yang penyok tersebut. Lakukan langkah tersebut terus menerus sampai bagian mobil yang kembali ke bentuk semula.

4. Memanfaatkan pops a dent

Cara lain yang juga terbukti ampuh dan banyak digunakan oleh orang ketika memperbaiki bagian mobil yang penyok adalah dengan menggunakan pops a dent.

Pops a dent merupakan lem yang dapat membantu mengembalikan mobil penyok ke bentuk semula dan tidak merusak cat mobil.

Bagaimana caranya? Berikut ini langkah-langkahnya:

  • Bahan yang dibutuhkan adalah pops a dent yang sesuai dengan ukuran penyok mobil, glue stick dan alat pemanasnya.
  • Rekatkan pops a dent dengan lem glue stick dan tunggu sampai benar-benar menempel dan putar pops a dent searah jarum jam. Lakukan cara tersebut berulang sampai bagian mobil yang penyok kembali seperti sedia kala.

5. Pergi ke bengkel resmi

Cara terakhir yang harus Anda coba jika memang keempat cara di atas belum menyelesaikan masalah mobil Anda yang penyok sebaiknya Anda pergi ke bengkel resmi.

Dengan membawa mobil ke bengkel resmi, maka mobil Anda akan ditangani oleh orang yang ahli.

Sehingga sudah pasti mobil Anda yang penyok akan bagus kembali, bahkan Anda juga dapat melakukan pengecekan pada bagian mobil yang lain.

Namun yang paling penting jika Anda membawa mobil tersebut ke bengkel, maka Anda harus menyiapkan biayanya.

Berapa Biaya Memperbaiki Mobil Penyok Di Bengkel Resmi?

Memperbaiki kerusakan mobil di bengkel tentu saja adalah cara yang paling mudah untuk dilakukan.

Selain itu mobil Anda juga akan mendapat jaminan untuk kembali seperti semula, jangankan persoalan mobil penyok, kerusakan berat sekalipun akan terselesaikan dengan baik jika ditangani oleh orang yang ahli.

Memilih bengkel untuk memperbaiki mobil Anda tentu sangat penting, agar lebih aman pastikan Anda pergi ke bengkel resmi dari mobil Anda.

Misalkan jika mobil Anda dikeluarkan oleh perusahaan Honda, maka bawalah mobil Anda ke bengkel Honda.

Namun ketika Anda membawa mobil yang penyok maupun rusak ke bengkel, tentu saja ada biaya yang harus Anda bayarkan akan jasa tersebut.

Biaya perbaikan mobil penyok di bengkel resmi bervariasi tergantung seberapa parah penyok pada mobil Anda.

Selain itu semakin bagus atau ternama sebuah bengkel, maka biaya yang harus Anda bayarkan juga akan lebih mahal.

Akan tetapi itu sesuai dengan service yang diberikan untuk mobil Anda.

Biaya yang dikeluarkan untuk memperbaiki mobil penyok di bengkel resmi kisaran 1 jutaan sampai dengan belasan juta bahkan puluhan juta.

Tergantung jenis mobil dan tingkat keparahan penyok pada mobil Anda. Semakin mewah mobil Anda, maka biaya yang harus dikeluarkan untuk perbaikan body yang penyok bisa mencapai puluhan juta.

Setelah mengetahui penjelasan lengkap tentang cara mengatasi mobil penyok pasti Anda sudah mendapat gambaran apa yang harus dilakukan saat mobil Anda penyok.

Jika Anda mampu dan tingkat penyok pada mobil Anda tidak parah, maka sebaiknya lakukan perbaikan secara mandiri.

Namun jika cara memperbaiki mobil penyok tersebut belum ampuh disebabkan tingkat penyok mobil Anda parah, maka sebaiknya bawa mobil Anda ke bengkel resmi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *