7 Cara Membersihkan Plafon Mobil Yang Aman dan Mudah

cara membersihkan plafon mobil

Plafon mobil harus dibersihkan secara berkala agar terbebas dari kuman dan kotoran yang menempel.

Karena jika dibiarkan dalam waktu lama, maka plafon akan menjadi tempat bersarangnya debu yang membuatnya tampak kusam.

Selain itu, plafon yang lama tidak dibersihkan dapat berubah warna.

Baca juga: Cara Membersihkan Lampu Mobil

Cara membersihkan plafon mobil harus dilakukan dengan benar agar hasilnya bersih maksimal.

Sebenarnya tidak sulit untuk membersihkan plafon mobil. Bahan-bahan yang dapat dipakai untuk membersihkan pun mudah didapatkan dari sekitar.

Hanya saja cara membersihkannya yang sedikit sudah, mengingat posisi plafon ada di atas sehingga Anda harus berhati-hati serta selalu memperhatikan kondisi plafon.

Berikut beberapa cara untuk membersihkan plafon mobil secara mudah.

Cara Membersihkan Plafon Mobil

Cara Membersihkan Plafon yang Nodanya Ringan

Cara membersihkan plafon mobil dapat menggunakan sikat. Alat dan bahan yang Anda butuhkan antara lain sikat lembap, detergen, dan sedikit air beserta wadah.

Langkah pertama, campurkan detergen dengan air pada wadah yang telah disiapkan. Tunggu hingga detergen larut dengan sendirinya (kira-kira 3 menit), tetapi jangan diaduk agar tidak menimbulkan busa.

Setelah itu, gunakan sikat lembap kemudian celupkan ke dalam larutan detergen dan air. Gerakkan sikat tersebut ke bawah dan ke atas sehingga larutan detergennya terbuang dan hanya tersisa bekasnya.

Jika sikat sudah lembap, gosokkan perlahan pada bagian plafon yang hendak dibersihkan. Cara ini efektif menghilangkan noda yang tidak terlalu membandel.

Yang harus Anda perhatikan saat membersihkan plafon dengan sikat adalah jangan sampai ada busa pada saat menggosok, karena akan meninggalkan bekas flek baru yang tidak bisa hilang.

Itulah sebabnya jangan sampai detergen berbusa sehingga tidak berpotensi menimbulkan flek pada plafon.

Cara Membersihkan Plafon dari Bahan Fabric

Cara membersihkan plafon mobil yang terbuat dari bahan fabris bisa menggunakan cairan pembersih khusus fabric beserta kain jenis mikrofiber.

Siapkan kedua bahan tersebut, kemudian basahi kain dengan cairan fabric. Jangan sampai Anda menyemprotkan cairan fabric secara langsung pada plafon karena dapat membuat permukaannya semakin kotor.

Selanjutnya, gosokkan kain mikrofiber yang telah dibasahi cairan fabric kepada plafon. Bersihkan bagian noda dengan menggosoknya perlahan.

Tetap jaga agar permukaan plafon tidak terlalu lembap akibat basahan cairan, karena plafon lembap akan memicu bakteri dan membuat aroma tak sedap.

Cara membersihkan plafon mobil dengan cairan fabric akan membuat serat halus pada kain bergerak. Inilah mengapa ketika Anda menggosokkan kain lakukan searah, sehingga serat halus tidak rontok.

Hindari juga penggunaan sikat untuk membersihkan plafon fabric karena dapat membuat serat halus plafon rusak.

Cara Membersihkan Plafon dengan Cuka

Cara membersihkan plafon mobil dengan cuka efektif untuk menghilangkan noda dari minyak. Pertama, siapkan cuka dan air dengan komposisi 1:3 (cuka 1 bagian, dan air 3 bagian).

Setelah itu, gunakan kain berbahan serat mikro sebagai alat untuk membersihkan. Celupkan kain pada campuran cuka dan air. Tunggu beberapa saat hingga kain agak basah

Selanjutnya gosokkan kain yang sudah terbasahi campuran cuka air kepada plafon mobil. Jangan menggosok terlalu keras karena dapat merusak plafon.

Pastikan juga kain yang digunakan tidak terlalu basah sehingga tidak menyebabkan permukaan plafon lembap. Ulangi cara serupa sampai kotoran bersih dari plafon.

Cara Membersihkan Plafon dengan Vanish

Cara membersihkan plafon mobil dapat menggunakan vanish. Bahan satu ini telah dikenal efektif untuk menghilangkan berbagai noda membandel, tidak hanya di pakaian tetapi juga plafon mobil.

Sebelum mulai membersihkan, siapkan bahan vanish, air secukupnya, pengering plafon, serta alat pembersih seperti kanebo, sikat gigi, atau kain mikrofiber.

Cara membersihkan plafon mobil dengan vanish pertama, oleskan vanish pada alat pembersih secara merata.

Diam beberapa saat agar vanish terserap ke pembersih. Setelah itu, basahi pembersih dengan air secukupnya, kemudian mulailah menggosok plafon beberapa kali hingga bersih.

Apabila masih ada noda yang membandel, tambahkan vanish di bagian tersebut.

Usai membersihkan noda yang ada di permukaan plafon, bilas pakai air sampai bersih.

Pastikan tidak ada noda dari bekas sabun yang tertinggal di permukaan.

Untuk proses pengeringan, Anda dapat menggunakan kain mikrofiber atau kanebo. Keringkan sampai tidak plafon tidak lagi lembap.

Selain untuk membersihkan plafon, vanish ini juga dapat digunakan untuk membersihkan kotoran atau tumpahan minum di jok mobil.

Cara Membersihkan Plafon dengan Sunlight

Untuk membersihkan plafon mobil dengan sunlight Anda membutuhkan bahan tambahan berupa air dan kain lap atau handuk.

Jika Anda pakailah kain yang berwarna putih, karena jika menggunakan kain berwarna, kemungkinan bisa meninggalkan noda luntura.

Siapkan wadah berisi air secukupnya untuk dicampurkan dengan sunlight.

Setelah itu, tunggu beberapa saat hingga sunlight bercampur air. Celupkan kain pada campuran tersebut, kemudian gosokkan pada permukaan plafon yang akan dibersihkan.

Ulangi langkah serupa hingga noda dan kotoran menghilang dari plafon. Jika sudah selesai, jangan lupa membilas pakai air bersih dan keringkan plafon sampai benar-benar kering.

Cara Membersihkan Plafon dari Bahan Beludru

Cara membersihkan plafon mobil yang terbuat dari bahan beludru harus ekstra hati-hati agar tidak menimbulkan kerusakan.

Pertama, siapkan air secukupnya yang akan digunakan sebagai pembersih utama. Bahan beludru tergolong sensitif dengan bahan kimia tertentu, sehingga agar lebih aman gunakan air biasa.

Cara membersihkan plafon mobil beludru selanjutnya siapkan lap untuk dibasahi dengan air. Pastikan kondisi lap setengah basah, jangan sampai terlalu banyak mengandung air karena dapat menyebabkan plafon lembap.

Dampaknya jika plafon lembap justru akan memicu pertumbuhan kuman dan menyebabkan bau menyengat tak sedap.

Oleh karena itu, lebih baik peras kain agar kondisinya tidak terlalu basah. Setelah itu, gosokkan perlahan kain pada permukaan plafon hingga kotoran perlahan menghilang.

Lakukan beberapa kali jika noda membandel. Mungkin memang tak terlalu efektif karena hanya menggunakan air, kalau Anda menginginkan hasil lebih maka bisa membawa mobil ke tempat cucian plafon.

Cara Membersihkan dengan Vacuum Cleaner

Cara membersihkan plafon mobil dengan vacuum cleaner dapat digunakan sesekali, tetapi jangan terlalu sering.

Anda pun harus berhati-hati dalam menggunakan vacuum cleaner sehingga tidak menimbulkan kerusakan pada plafon mobil.

Jika terjadi kecerobohan, plafon justru bisa rusak atau berubah warnanya.

Pertama, Anda perlu mengatur daya serap vacuum cleaner dengan kekuatan cukup ringan.

Jangan setting berdaya serap tinggi, terutama pada plafon berbahan beludru karena dapat mengikis komponen serat pada plafon.

Akibatnya bahan plafon pun rusak. Jika sudah mensetting daya serap seringan mungkin, lanjutkan dengan menyedot debu dan kotoran secara perlahan.

itulah beberapa cara membersihkan plafon mobil secara mudah. Bahan-bahan yang dibutuhkan sangat mudah mendapatkannya di sekitar, sehingga Anda dapat melakukannya sendiri.

Dengan membersihkan plafon secara teratur, mobil akan tampak bersih dan nyaman dipandang.

Selain itu usia plafon mobil juga dapat bertahan lebih lama karena terhindar dari kotoran penyebab kerusakan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *