Cara Membersihkan Lampu Mobil Yang Buram Agar Kinclong

cara membersihkan lampu mobil

Tidak dapat dipungkiri kalau sering kali lampu depan mobil bisa berubah seiring dengan usia mobil.

Akibat perubahan warna jadi kuning atau kusam akhirnya menyebabkan cahaya yang keluar jadi tidak maksimal alias tersendat.

Namun jangan khawatir, selalu ada cara membersihkan lampu mobil yang bisa dilakukan dengan mudah tanpa harus merogoh kocek terlalu dalam. Apa saja caranya?

Baca juga: Cara Menghilangkan Baret Kaca Mobil

Cara Membersihkan Lampu Mobil Anti-Ribet

Inilah cara membuat kaca lampu mobil kinclong yang dijamin tidak susah, diantaranya yaitu:

Menyiapkan Peralatan

Jika ingin membersihkan kaca mobil dan membuatnya kembali kinclong, peralatan yang dibutuhkan sebenarnya tidak terlalu banyak,

Anda hanya membutuhkan lap bersih yang bagian permukaannya halus, air dan sabun, kompon, cairan pembersih, sikat dan amplas ukuran 1500.

Untuk cairan pembersih bisa menggunakan car wax atau produk cairan pembersih lain yang bisa diperoleh dengan di toko.

Tahap Pencucian

Sebelum Anda mulai mencuci mika dengan air sabun, lebih dulu harus menggosok lampu dengan menggunakan kain lap atau bisa menggunakan sikat supaya bisa menghilangkan kotoran serta jamur yang menempel. Selepas itu, Anda bisa melap permukaannya sampai kering.

Hal selanjutnya yang harus dilakukan yaitu mengoleskan kompon atau cairan pembersih di permukaan mika.

Pada saat menggosoknya Anda bisa menggunakan kain lap bersih yang digerakkan memutar dan tunggulah sampai mengering.

Hal sama dilakukan kembali sampai permukaan mika bisa lebih halus dan bening seperti semula.

Apabila Ada Baret

Jika terdapat goresan halus, Anda bisa memakai ampelas 1500 lalu menggosokkannya ke bagian tergores dengan dicampurkan dengan air dan cairan alkohol sampai goresan tidak lagi terlihat.

Supaya cat bodi mobil Anda tidak tergores dengan amplas, Anda bisa menutupi daerah di sekitar lampu dengan menggunakan kain.

Apabila membutuhkannya bisa menggunakan amplas yang dibasahi dengan air.

Apabila Mika Menguning

Apabila bagian mika buram akibat menguning, Anda juga bisa menggunakan pasta gigi selain dengan menggunakan kompon.

Cara membersihkan lampu mobil dengan pasta gigi yaitu dengan mengoleskan secara merata pada bagian yang menguning atau buram.

Selanjutnya setelah dioles, Anda bisa membersihkannya dengan memakai lap, kanebo atau microfiber.

Selepas itu bisa dibilas dengan menggunakan air yang bersih kemudian dikeringkan.

Selain menggunakan pasta gigi, banyak juga yang menggunakan autan untuk menghilangkan, membersihkan hingga menginclongkan permukaan lampu.

Untuk cara membersihkan lampu mobil dengan autan tidak jauh berbeda dengan menggunakan pasta gigi.

Tetapi jika ingin menggunakan autan, hanya boleh digunakan jika Anda ingin membersihkan permukaan kaca asli, dan tidak disarankan untuk menggunakan mika atau bahan plastik lainnya karena akan membuat jadi tambah rusak.

Mengapa tidak disarankan menggunakan autan?

Karena bahan permukaan plastik bisa jadi rusak ketika Anda menggunakan autan akibat kandungan zat yang sifatnya panas apabila dikombinasikan dengan bahan plastik.

Maka dari itu sebelum melakukan proses pemolesan pada body mobil, ada baiknya Anda mengetahui lebih dulu soal karakter material permukaannya dengan paduan bahan cairan yang digunakan agar yang niatnya membersihkan tidak berubah menjadi merusak.

Tahap Akhir

Apabila sudah membersihkan lampu kaca mobil dengan mengikuti langkah-langkah di atas, maka hal terakhir yang harus dilakukan yaitu memeriksa kondisi kaca lampu mobil bagian depan.

Anda harus memperhatikan dengan teliti apakah semua kotoran, goresan dan noda kuning sudah menghilang dari kaca lampu atau malah tidak sama sekali.

Apabila Anda merasa kurang puas dengan hasilnya ketika melakukan pengecekan, Anda bisa melakukan pengecekan dengan cara yang lain yaitu menyalakan lampu depan mobil lalu mengatur sorotan cahayanya dan diarahkan ke dinding garasi atau permukaan datar yang lain.

Jika tetap dirasa kurang puas, Anda bisa mengulangi kembali cara-cara di atas sampai akhirnya mendapatkan hasil sesuai dengan keinginan.

Cara Membersihkan Bagian Reflektor Lampu Mobil

Lampu memang menjadi salah satu faktor penentu kenyamanan pada saat berkendara terlebih lagi ketika melewati jalan yang gelap.

Namun kenyamanan Anda akan jadi terganggu ketika bagian reflektor lampu kotor.

Pada saat bagian reflektor lampu kotor bisa menyebabkan tingkat penerangannya jadi tidak maksimal.

Jika ingin mengatasi permasalahan ini, maka inilah cara membersihkan reflektor lampu mobil yaitu:

Menyiapkan Peralatan

Jika Anda ingin membersihkan reflektor lampu atau kaca lampu bagian dalam, maka hal yang harus dilakukan sebelumnya yaitu menyiapkan perlengkapan dan peralatan yang dibutuhkan lebih dulu.

Peralatan dan perlengkapan yang harus dibutuhkan diantaranya yaitu hairdryer atau air panas, air dan sabun, lap halus dan amplas ukuran 600, 1200, 2000 dan 2500, obeng minus, kompon, dan cairan pembersih.

Melepaskan dan membuka lampu

Bagian yang harus dilepas lebih dulu yaitu bagian headlamp mobil. Jika sudah dilepas, Anda bisa menyiapkan hairdryer yang memiliki daya minimal 500 watt.

Apabila tidak ada hairdryer bisa memakai air panas untuk melepaskan batok dan reflektor.

Hairdryer diposisikan dekat pada sambungan batok lampu, apabila Anda merendamnya maka pastikan lebih dulu kalau bagian batok dan reflektor tidak terendam air lebih dari 10 menit.

Tujuan dilakukan hal ini agar lemnya bisa menjadi lunak atau lembek sehingga akan menjadi lebih mudah pada saat hendak dipisahkan.

Selanjutnya, Anda bisa pisahkan antara batok headlamp dengan reflektornya dengan obeng atau pisau.

Me-lap dengan Kain Basah

Jika ingin membersihkan bagian reflektor mobil, Anda bisa menggunakan kain basah lalu menyapukannya ke bagian reflektor secara halus dan perlahan agar tidak ada baret.

Sementara untuk bagian kacanya, Anda bisa me-lapnya dengan menggunakan kain atau busa apabila batok headlamp terbuat dari akrilik.

Apabila chrome reflektor mengalami kerusakan, Anda harus memperbaikinya lebih dulu supaya sinarnya bisa lebih maksimal, dimana cara untuk memperbaikinya yaitu dengan menggunakan aluminium foil untuk menghemat biaya.

Cara untuk memperbaikinya yaitu dengan menyiapkan aluminium foil atau stiker yang punya permukaan mirip dengan chrome agar pantulan sinarnya jadi sempurna.

Kemudian menggunting dan memasangnya sesuai dengan bagian yang rusak. Anda harus pastikan jika sambungannya rapi sehingga hasil yang didapatkan maksimal.

Menggunakan cairan pembersih dan selotip penutup

Apabila Anda ingin bagian mika headlamp atau dalamnya jadi berkilau, maka cara membersihkan kaca lampu mobil bagian dalam yang buram yaitu bisa menggunakan cairan pembersih atau foam yang digunakan untuk semir ban.

Cairan silicon ini bisa dipakai untuk menggantikan pernis supaya mika headlamp tetap bersih dan tidak buram lagi.

Anda bisa menyemprotkannya ke bagian permukaan headlamp dan me-lapnya dengan kain lembut supaya kering dan bersih.

Mengeringkannya

Untuk mengeringkan reflektor dan batok headlamp yaitu dengan memakai lap bersih.

Kemudian memastikan tidak ada serabut kain yang tertinggal pada saat membersihkan headlamp bagian dalam.

Anda bisa menggunakan hairdryer dan tidak mendekatkannya agar chrome pada reflektor tidak meleleh akibat terlalu panas.

Memasang kembali

Selepas semua pekerjaan selesai, Anda bisa menyambungkan reflektor dan batoknya kembali dengan menggunakan lem,

serta jangan lupa menggunakan hairdryer supaya lemnya tetap lunak dan merekat dengan sempurna pada saat disambungkan, lalu memasangkan headlamp kembali ke mobil.

Itulah tadi cara singkat mengenai cara membersihkan lampu mobil.

Anda bisa mempraktikkannya secara perlahan dan hati-hati jika memang kaca mobil Anda buram atau tidak memberikan pencahayaan maksimal. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *