Cara Melepas Kopling Mobil Agar Mesin Tidak Mati

cara melepas kopling mobil agar mesin tidak mati

Kopling mobil merupakan sebuah komponen yang sangat penting dalam sebuah mobil yang bertipe manual.

Biasanya kopling mobil ini terletak di sebelah kiri dari gas dan rem. Cara melepas kopling mobil agar mesin tidak mati saat memindahkan gigi transmisi satu ke gigi transmisi lainnya sangatlah mudah.

Pastinya Anda harus mengetahui serta memahami terlebih dahulu mengenai cara menyetir mobil dengan benar.

Fungsi utama dari kopling ini adalah mengganti gigi transmisi mobil untuk menambah kecepatan atau mengurangi kecepatan.

Untuk memindahkan sebuah gigi transmisi mobil, pastinya Anda harus paham betul cara melepas kopling mobil dengan benar.

Ada beberapa hal yang harus Anda pahami terlebih dahulu untuk melepas kopling mobil.

Cara Melepas Kopling Mobil Agar Mesin Tidak Mati untuk Pemula

1. Pastikan kecepatan dari perputaran mesin mobil Anda harus rendah

Bila ingin melepas sebuah kopling mobil yang bergerak, pastikan mobil tersebut memiliki perputaran mesin yang tidak terlalu tinggi.

Tujuannya agar pada saat mengganti gigi transmisi, Anda melakukannya secara halus serta menjaga ketahanan mesin tetap awet.

Bila dilakukan pergantian gigi saat kecepatan tinggi, mesin akan rusak. Bila mobil dalam berhenti, tentunya akan mengganggu lalu lintas yang Anda gunakan.

Sangat disarankan untuk mengganti gigi transmisi pada kecepatan 2.000 hingga 2.200 rpm.

2. Pastikan saat melepas kopling harus bersamaan dengan menginjak pedal gas

Salah satu faktor yang menyebabkan mesin mati saat setelah mengganti kopling adalah melepas kopling namun tidak dibarengi dengan injakan gas. Kondisi ini dinamakan dengan enginee stall.

Kondisi tersebut terjadi karena tidak seimbangnya kopling mobil yang dilepas dengan kecepatan mobil yang sedang melaju. Dalam hal ini, seorang yang sudah terbiasa juga masih sering melakukan kesalahan tersebut.

Dalam proses memasukkan gigi transmisi dari netral ke gigi pertama, harus dilakukan secara benar dan tepat. Pastinya untuk melakukan dengan lancar, teruslah menggunakan dan mengendarai mobil agar lebih terbiasa.

3. Kecepatan mobil harus sesuai dengan keadaan jalan yang sedang dilalui

Kondisi jalan juga sangat mempengaruhi sebuah pergantian gigi transmisi mobil. Cara melepas kopling mobil agar mesin tidak mati dengan mengatur kecepatan yang stabil pada medan yang sedang dilalui.

Khususnya untuk para pemula yang belajar mobil manual, sangat dianjurkan untuk mengemudi pada kecepatan yang tidak terlalu tinggi ataupun tidak terlalu rendah.

Pada saat mengemudi, pastikan Anda juga selalu menyesuaikan perpindahan gigi transmisi dengan kecepatan mobil agar mobil awet. Selain itu, saat  Anda mengemudi dengan kecepatan yang stabil diharapkan untuk menghindari kelalaian saat memindahkan gigi.

Pastikan juga selalu waspada dengan keadaan sekitar agar tidak mengganggu lalu lintas.

Setelah mempelajari hal-hal di atas dan dapat dijalankan dengan lancar, tentunya harus dilakukan secara berulang-ulang agar terbiasa melakukannya.

Untuk mengoperasikan bagaimana cara melepas kopling mobil agar mesin tidak mati secara mendadak, ikuti langkah-langkah berikut ini:

Cara melepas kopling mobil agar mesin tidak mati saat kondisi mobil dengan gigi netral:

  1. Nyalakan mobil Anda.
  2. Pastikan rem tangan telah dilepas secara perlahan
  3. Injaklah kopling mobil Anda secara penuh dengan menggunakan kaki kiri.
  4. Mulailah memindahkan tuas perseneling mobil ke arah gigi transmisi 1.
  5. Kemudian siapkan kaki kanan untuk pedal gas.
  6. Lepaskan kaki kiri dari kopling secara perlahan sambil menginjak pedal gas dengan kaki kanan secara perlahan juga.
  7. Lakukan hingga kaki kiri Anda sudah tidak menginjak kopling. Namun, persiapkan untuk memindahkan ke gigi transmisi selanjutnya.

Cara melepas kopling mobil agar mesin tidak mati ke gigi transmisi ke 2:

  1. Sebelum memindahkan gigi mobil, perhatikan terlebih dahulu indikator RPM pada dashboard mobil Anda saat mobil sedang berjalan.
  2. Perhatikan apakah jarum pada RPM tersebut sudah melebihi angka 2 apa belum. Bila sudah, menandakan gigi transmisi harus ditingkatkan ke gigi transmisi kedua.
  3. Kurangi secara perlahan gas pada mobil dengan cara mengangkat secara perlahan kaki kanan Anda. Lakukan hingga kecepatan mobil menurun.
  4. Kemudian injak pedal kopling dengan menggunakan kaki kiri secara penuh.
  5. Setelah itu, pindahkan tuas perseneling menuju ke gigi 2.
  6. Angkat kaki kiri Anda pada kopling hingga setengah saja.
  7. Kemudian sambil menambah gas secara perlahan menggunakan kaki kanan, serta mengangkat kaki kiri dari kopling secara perlahan hingga penuh.

Lakukan hal yang sama seperti di atas untuk cara melepas kopling mobil agar mesin tidak mati dari gigi kedua ke gigi ketiga, dan seterusnya.

Pastinya lebih mudah untuk dilakukan pada saat pergantian gigi transmisi daripada saat Anda memulainya dari gigi netral.

Hal itu dikarenakan saat perpindahan gigi dengan melepas kopling lebih cepat, roda sudah berputar sehingga mesin tidak mudah mati.

Berbeda halnya dengan saat Anda memulai  dengan gigi netral yang harus menyesuaikan perputaran mesin terlebih dahulu agar tidak terjadi enginee stall.

Lakukan secara perlahan dan jangan tergesa-gesa dalam bagian ini.

Sama halnya dalam memundurkan mobil, Anda harus menetralkan terlebih dahulu gigi transmisi mobilnya.

Dengan cara melepas kopling mobil agar mesin tidak mati yang sama halnya dengan memindahkannya. Hanya saja tuas perseneling diarahkan ke netral terlebih dahulu, kemudian injak rem secara perlahan. Berikut caranya:

Cara melepas kopling mobil agar mesin tidak mati dari gigi transmisi aktif ke netral

  1. Kurangi secara perlahan gas pada mobil dengan cara mengangkat secara perlahan kaki kanan Anda. Lakukan hingga kecepatan mobil menurun.
  2. Kemudian injak pedal kopling dengan menggunakan kaki kiri secara penuh.
  3. Setelah itu, pindahkan tuas perseneling menuju ke netral.
  4. Angkat kaki kiri Anda pada pedal kopling hingga setengah saja.
  5. Kemudian sambil mengurangi gas secara perlahan dengan menggunakan pedal rem sambil melepas kaki kiri dari kopling. Lakukan hingga mobil berhenti.

Cara Memundurkan Mobil

  1. Injak kopling hingga penuh.
  2. Kemudian arahkan tuas perseneling ke arah R.
  3. Injak gas sambil mengangkat kaki kiri dari kopling secara perlahan.
  4. Bila sudah mundur, tinggal injak lagi kopling dan mengarahkan tuas ke Netral kembali.
  5. Matikan mesinnya.

Untuk para pemula yang sedang belajar mobil manual tentunya untuk memindahkan gigi transmisi dibutuhkan pengamatan yang cermat dalam melihat indikator RPM mesin mobil yang sedang Anda kendarai.

Namun, bila Anda sudah melakukan terus menerus, secara perlahan pastinya akan terbiasa tanpa harus melihat ke arah dashboard mobil.

Hanya dengan mendengarkan suara mesin mobil, pastinya akan mengetahui kalau mobil perlu untuk dipindah gigi transmisinya.

Itulah cara melepas kopling mobil agar mesin tidak mati saat berkendara terutama untuk para pemula yang sedang mencoba belajar mengemudikan mobil. Tentunya untuk pertama-tama pasti sangat menegangkan.

Namun, bila dilakukan secara sungguh-sungguh, cara pengoperasian kopling akan jauh lebih mudah dilakukan dan semakin terbiasa. Semoga dapat bermanfaat dan selamat mencoba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *