Cara Melacak Keberadaan Mobil Dengan Plat Nomor

cara melacak keberadaan mobil dengan plat nomor

Cara melacak keberadaan mobil dengan plat nomor sepertinya wajib diketahui bagi para pemilik kendaraan khususnya mobil.

Terutama bagi Anda yang menjalankan bisnis transportasi seperti travel, rental mobil dan lain sebagainya.

Dengan mengetahui bagaimana cara melacak keberadaan mobil yang Anda miliki, dipastikan tidak akan menimbulkan kesalahpahaman antara Anda dan juga pegawai dalam hal ini supir.

Auto baca: Cara Cabut Berkas Mobil

Selain itu hal tersebut sangat penting dan dibutuhkan ketika mobil atau kendaraan Anda hilang karena dicuri.

Pencurian kendaraan bermotor akhir-akhir ini cukup marak dan sering terjadi terutama di wilayah perkotaan.

Ketika hal tersebut terjadi pada Anda segera lakukan tindakan tepat selain melapor kepada kepolisian.

Saat ini banyak sekali aplikasi yang dapat digunakan atau dipasang pada kendaraan bermotor Anda.

Melalui aplikasi tersebut Anda dapat mengetahui keberadaan atau posisi dari mobil maupun motor bahkan ada aplikasi yang dapat membuat kendaraan tiba-tiba mati.

Sehingga ketika kendaraan Anda dicuri, Anda dapat mematikan mesin melalui jarak jauh.

Cara Melacak Keberadaan Mobil Dengan Plat Nomor Tanpa GPS

Seiring dengan perkembangan teknologi dan banyak sekali aplikasi atau website yang dapat digunakan untuk melacak keberadaan kendaraan bermotor tidak terkecuali mobil.

Selain itu beberapa perusahaan penyedia situs layanan melacak mobil atau kendaraan bermotor lainnya saat ini tumbuh semakin subur.

Rata-rata dari situs tersebut mengandalkan teknologi GPS yang sebelumnya sudah terpasang pada mobil atau motor Anda.

Namun tahukah Anda ada sebuah situs atau website yang cukup tersohor di kalangan masyarakat Sumatera barat khususnya yaitu melacak motor hilang tanpa GPS.

Inovasi terbaru tersebut diluncurkan oleh pihak kepolisian lebih tepatnya Polres Payakumbuh, dimana website tersebut tentu saja sangat membantu para pemilik kendaraan bermotor yang kehilangan kendaraannya.

Melalui website tersebut pihak kepolisian memberikan informasi tentang berbagai motor yang hilang. Bagaimana mengakses informasi tersebut? Jika Anda ingin mengetahui informasi tersebut Anda dapat mengunjungi website dengan alamat polrespayakumbuh.org.

Cara melacak mobil hilang tanpa GPS tidaklah sulit, setelah Anda berhasil masuk ke website resmi dari Polres Payakumbuh pada pojok kanan atas ada kolom pencarian, masukkan saja data penting kendaraan seperti plat nomor kendaraan, nomor mesin dan lain sebagainya pada kolom tersebut.

Jika kendaraan Anda berada pada wilayah tersebut maka akan muncul dan Anda dapat menghubungi pihak kepolisian secara langsung.

Anda tidak perlu khawatir karena untuk pengambilan kendaraan sendiri tidak dipungut biaya. Namun website tersebut masih berlaku hanya di wilayah Sumatra barat.

Untuk wilayah lainnya dapat dicek langsung melalui website Polres setempat. Semoga website yang seperti itu terus dapat dikembangkan sehingga dapat diakses secara nasional.

Aplikasi-aplikasi Canggih Melacak Mobil Berbasis Android

Di era teknologi saat ini banyak hal yang dapat dilakukan dengan mudah melalui jaringan internet, bahkan untuk melacak sebuah kendaraan bermotor baik mobil maupun motor dapat diakses melalui smartphone.

Salah satu teknologi atau inovasi terbaru yang dapat diandalkan adalah GPS tracker.

Dengan adanya inovasi tersebut pelaku usaha transportasi seperti rental mobil dan juga pemilik travel tidak perlu khawatir karena setiap saat dapat mengecek secara langsung kendaraan yang dimiliki.

Bahkan saat ini banyak perusahaan yang meluncurkan aplikasi tersebut untuk membantu mengatasi kekhawatiran para pelaku bisnis transportasi.

Untuk menggunakan aplikasi tersebut, kendaraan harus terintegrasi atau terkoneksi dengan GPS tracker terlebih dahulu.

Beberapa aplikasi melacak mobil menggunakan android adalah sebagai berikut ini:

1. Aplikasi GPS tracker super spring

Aplikasi pertama yang banyak digunakan oleh pelaku usaha rental untuk membantu dalam proses pelacakan kendaraan adalah GPS tracker super spring.

Aplikasi tersebut sudah ada sejak 12 tahun yang lalu yaitu tepatnya sejak tahun 2008.

Kelebihan dari aplikasi ini adalah Anda dapat mematikan mesin kendaraan melalui jarak jauh, sehingga jika kendaraan Anda hilang maka Anda mempunyai otoritas untuk dapat mematikan kendaraan tersebut.

Biaya untuk menggunakan aplikasi ini cukup terjangkau yaitu dimulai dari harga 1,2 jutaan.

2. Aplikasi ID track

Aplikasi selanjutnya yang dapat dipasang pada ponsel android maupun iOS adalah ID track.

Aplikasi ini mempunyai fitur yang cukup lengkap diantaranya seperti dapat melacak keberadaan mobil maupun motor, mematikan mesin kendaraan dari jarak jauh dan lain sebagainya.

Jika Anda berminat menggunakan aplikasi ini, Anda harus mengeluarkan uang kisaran 700 ribu sampai 800 ribu.

3. Aplikasi one stop GPS

Aplikasi android untuk melacak keberadaan kendaraan bermotor selanjutnya yang tidak kalah menarik adalah one stop GPS.

Aplikasi ini dapat digunakan untuk melacak kendaraan baik mobil maupun motor Anda yang hilang.

Untuk menggunakan aplikasi ini Anda harus menyediakan budget sekitar 1 jutaan.

Selain aplikasi berbayar tersebut Anda juga dapat mengetahui dimana posisi kendaraan atau posisi teman Anda melalui google maps.

Cara melacak mobil dengan google maps ini cukup mudah yaitu dengan memilih ikon “^” dan pilih menu share trip progress ke nomor yang Anda tuju, maka secara otomatis orang tersebut akan mengetahui dimana lokasi Anda.

Akan tetapi aplikasi tersebut tidak dapat digunakan untuk melacak mobil yang hilang. Karena Anda perlu persetujuan dari pemilik nomor atau yang mengendarai mobil.

Sehingga jika Anda adalah pelaku bisnis rental sebaiknya menggunakan aplikasi yang berbayar, karena lebih aman untuk mobil Anda.

Berbagai Aplikasi Melacak Nomor Kendaraan

Informasi selanjutnya yang tidak kalah penting untuk diperhatikan bagi pemilik kendaraan adalah bagaimana cara melacak nomor kendaraan atau plat kendaraan.

Saat ini serba digital jadi untuk melakukan pengecekan nomor plat kendaraan tidak perlu pergi ke samsat. Anda dapat melakukannya di rumah melalui ponsel maupun pc.

Dimana plat nomor kendaraan ini sangat spesial, kendaraan satu dengan lainnya berbeda dan mampu memberikan informasi pemilik kendaraan.

Sehingga jika mobil atau motor Anda hilang melalui plat nomor tersebut, mobil yang hilang dapat ditemukan.

Saat ini sendiri ada beberapa aplikasi yang dapat digunakan untuk melacak nomor kendaraan. Aplikasi melacak plat nomor kendaraan tersebut sifatnya masih local atau per wilayah.

Aplikasi yang digunakan di area Jakarta tentu berbeda dengan yang digunakan di Jawa Timur.

Berikut ini adalah data aplikasi yang dapat digunakan untuk melacak nomor kendaraan berdasarkan wilayahnya yang dapat didownload di play store:

Wilayah/DaerahAplikasi Melacak Nomor Kendaraan
Jawa TengahSAKPOLE e-SAMSAT JATENG
Jawa TimurE-SMART SAMSAT JATIM
Jawa BaratSAMBARA
JakartaCek Ranmor & Pajak DKI Jakarta
YogyakartaPAJAK KENDARAAN YOGYAKARTA
AcehPELUIT DITLANTAS POLDA ACEH
RiauESamsat KEPRI
SULUTInfo Pajak Kendaraan Sulut
NTBSAMSAT DELIVERY
SUMSELe-Dempo Samsat Online Sumsel
SULSELeSamsat Sulsel
KALUTe-SAMSAT Kalimantan Utara
PontianakSamsat Pontianak
KALTENGRC POLDA KALIMANTAN TENGAH

Selain melalui aplikasi untuk mengecek atau melacak nomor kendaraan dapat melalui pesan atau SMS. Sehingga cara melacak keberadaan mobil dengan plat nomor dan mengetahui atau mengecek nomor plat mobil maupun untuk kebutuhan pajak dan lain sebagainya dapat menggunakan aplikasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *