18 Cara Jumper Aki Mobil Matic atau Manual yang Tekor

cara jumper aki mobil

Apakah pernah mengalami peristiwa dimana mobil Anda mendadak tidak bisa pada saat mau digunakan?

Jika pernah, itu artinya ada masalah pada akhirnya yang kemungkinan sudah soak alias sudah habis masa pemakaiannya.

Solusi atas permasalahan ini yaitu Anda harus men-jumper aki mobil tersebut. Bagaimana cara jumper aki mobil yang bisa dilakukan? Simak ulasan ini sampai akhir!

Auto baca: Cara Merawat Aki Mobil

Jenis-jenis Aki Mobil

Sebelum membahas lebih lanjut soal bagaimana cara untuk jumper aki yang tekor, ada baiknya Anda memahami lebih dulu jenis-jenis aki.

Ada dua jenis aki yang umumnya dipasang mobil, pertama aki basah, kedua aki kering. Untuk setiap jenisnya pasti punya kekurangan dan kelebihannya masing-masing.

Namun tetap saja dibutuhkan perawatan yang baik untuk bisa mengalirkan arus listrik secara sempurna.

Orang pada umumnya lebih banyak yang pilih aki basah ketimbang kering. Sebab aki basa bisa diisi ulang dan harganya cenderung lebih murah.

Tetapi bukan berarti aki kering tidak bagus. Aki kering tetap juga boleh dipilih sebab tidak butuh perawatan khusus dan Anda tidak perlu repot mengganti cairan di dalamnya.

Selain itu, aki kering juga mudah diperbaiki ketika mengalami kerusakan.

Tidak hanya dua jenis aki itu, ada juga jenis aki lainnya yakni aki hybrid dan kalsium, dimana kelebihan dari aki kalsium yaitu kutub baterainya terbuat dari bahan kalsium sehingga kemampuan untuk menyimpan listriknya jauh lebih baik ketimbang aki basah.

Lain halnya dengan aki hybrid yang juga memiliki keunggulan tersendiri yaitu lebih awet sebab aki ini merupakan gabungan dari aki basah dan kalsium.

Meskipun jenisnya berbeda, tetapi apapun jenisnya tetap saja bisa mengalami kerusakan, apalagi jika tidak dirawat dengan baik.

Pada saat aki mobil mengalami kerusakan akan membuat mobil Anda mogok, dan jika hal itu sudah terjadi pastinya akan membuat Anda sebal dan repot sendiri.

Apalagi jika sedang dalam perjalanan jauh dan posisi Anda jauh dari bengkel, dijamin akan membuat tingkat kekesalan Anda semakin tidak karu-karuan.

Itulah mengapa sangat penting bagi Anda untuk mengetahui cara jumper aki mobil yang soak.

Jumper merupakan suatu langkah yang digunakan untuk menyambungkan aki mobil yang tekor dengan aki mobil lain yang kondisinya masih bagus secara paralel.

Tujuannya disini yaitu untuk mengalirkan arus listrik dari aki yang masih bagus ke aki yang sudah tekor, sehingga tekanan listriknya bisa tersimpan.

Namun tetap saja harus dilakukan secara hati-hati untuk mencegah terjadinya korsleting yang malah akan merusak kelistrikan mobil.

Cara Jumper Aki Mobil yang Soak

Sebelum men-jumper aki mobil Anda, hal pertama yang harus dilakukan yaitu memastikan lebih dulu kalau Anda menyimpan seperangkat kabel jumper di mobil.

Hal penting lainnya juga yang harus disediakan pada saat ingin jumper aki mobil yang soak, pastikan untuk mencari mobil normal yang sejenis dengan mobil Anda yang mogok.

Alasan mengapa harus memilih mobil yang sejenis yaitu karena mobil itu punya aki yang memiliki tipe voltase sama yaitu 12V.

Mintalah tolong kepada si pemilik mobil itu secara baik-baik, lalu parkirkan mobil berhadapan dengan mobil Anda dengan jarak sekitar 1 meter.

Jika syarat ini tidak terpenuhi, maka sebaiknya langsung saja membawa mobil ke bengkel.

Persiapan Sebelum Jumper Aki Mobil

Berikut ini persiapan yang harus dilakukan sebelum jumper aki mobil diantaranya yaitu:

  1. Jika mobil Anda tranmisinya otomatis, usahakan memposisikan tuas transmisi di ‘P’. Tetapi jika transmisi mobilnya manual, usahakan untuk memposisikan transmisinya di posisi netral.
  2. Rem tangan atau rem parkir di kedua mobil diaktifkan supaya mobil tetap berada di posisi diam.
  3. Ketika men-jumper, Anda harus mematikan lebih dulu seluruh perangkat kelistrikan di kedua mobil. Selain itu, kedua mesin harus berada dalam posisi mati dengan kunci yang dicabut.
  4. Kemudian Anda harus mencabut seluruh peralatan elektronik. Alat lainnya seperti charger ponsel juga sebaiknya dicabut karena bisa mengalami kerusakan ketika proses jumper berlangsung yang diakibatkan karena adanya daya tegangan yang tak stabil.
  5. Selanjutnya, Anda bisa buka kedua kap mesin mobil untuk melihat dimana posisi aki berada.
  6. Ketika melihat posisi aki, Anda harus memperhatikan dengan teliti posisi kutub terminal positif dan negatif pada kedua aki mobil.
  7. Kedua kutub terminal aki biasanya ditandai dengan lambang + atau -, apabila kutub terminal baterai kotor, Anda bisa membersihkannya lebih menggunakan kain.

Proses saat Jumper Aki Mobil

Jika sudah menemukan posisi aki dimana letak kutub positif dan negatif , maka selanjutnya Anda bisa melakukan jumper aki mobil dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Menjepit bagian ujung klem kabel merah atau positif di kutup positif (+) pada aki mobil yang mogok. Setelah itu, Anda bisa menjepit bagian ujung klem yang lain dari kabel merah atau positif pada kutub positif (+) di aki mobil yang berfungsi.
  2. Kemudian memastikan kedua penjepit kutub (+) terpasang dengan kokoh dan tidak mudah lepas.
  3. Hal selanjutnya yaitu menjepit bagian ujung klem kabel hitam atau negatif di kutub negatif (-) pada aki mobil yang berfungsi.
  4. Selanjutnya memastikan kalau ujung klem lain pada kabel hitam atua (-) sudah dijepitkan langsung ke bagian bodi, sasis atau bagian metal yang lain pada mobil yang mogok.
  5. Hal yang harus dihindari ketika jumper mobil adalah tidak menghubungkan klem kabel hitam atau negatif ke baterai mati karena dampak yang ditimbulkan akan sangat berbahaya.
  6. Umumnya orang berpikir kalau cara ini akan membuat aliran setrum lebih maksimal untuk bisa memancing mesin mobil hidup, padahal aki yang soak bisa mengeluarkan gas yang mudah terbakar akibat terkena percikan api.
  7. Selanjutnya Anda harus menunggu selama satu menit atau lebih atau mungkin akan tergantung pada seberapa soaknya aki mobil Anda.
  8. Berikutnya Anda perlu membiarkan mesin mobil menyala dalam kurun waktu beberapa menit untuk mengisi tenaga pada aki yang soak, dan membiarkan kabel tetap terpasang di kedua mobil walaupun mobil dalam keadaan menyala.
  9. Apabila mesin mobil Anda masih sulit menyala atau tidak memberikan reaksi sama sekali, maka cobalah untuk mendiamkannya selama beberapa saat supaya proses pengisian tenaganya akan jadi lebih banyak.
  10. Apabila mesin mobil Anda yang mati sudah berhasil dinyalakan kembali, maka Anda bisa melepaskan kabel jumper.
  11. Melepas kabel jumper bisa dimulai dengan ujung klem kabel hitam (negatif) pada mobil yang akinya soak. Diikuti dengan melepaskan ujung kabel negatif lainnya. Kemudian diikuti dengan kabel yang ujungnya positif dengan cara yang sama.

Cara Memancing Aki Mobil Tekor Selain Dengan Jumper

Selain dengan jumper, Anda juga bisa menggunakan cara lain untuk mencari solusi atas masalah aki yang tekor.

Dimana cara memancing aki mobil yang tekor selain dengan jumper yaitu dengan mendorong mobil Anda.

Tetapi untuk bisa mewujudkan hal ini, Anda harus mencari orang yang bersedia untuk mendorong mobil yang mogok.

Jumlah orang yang mendorong tidak perlu banyak-banyak, jika ada dua orang maka itu sudah cukup untuk mobil yang termasuk kategori MPV. Sebelum didorong, Anda harus memasukkan gigi transmisi ke posisi 1 atau 2.

Apabila Anda memasukkan gigi ke posisi 1 maka akan jauh lebih berat ketika didorong sebab putaran mesin akan jadi lebih cepat dan akhirnya membuat mesin jadi lebih mudah untuk dinyalakan kembali walaupun mobil didorong dengan kecepatan lambat.

Jika si pendorong merasa terlalu berat, maka bisa memasukkan gigi ke posisi 2. Hal ini akan membuat mobil jadi lebih ringan pada saat didorong.

Ketika didorong maka Anda harus memastikan kalau kunci kontak berada di posisi ON.

Pada saat didorong, gigi transmisi yang masuk akan membuat putaran dari roda akan langsung memutar mesin dimana hal ini akan sama seperti proses electric starter yang memutar poros engkol mesin, yang akan membuat terjadi pembakaran pada mesin dan kemudian akan membuat mesin bisa kembali hidup.

Sistem pengapian mesin dan kelistrikan lain akan langsung mendapat suplai dari alternator.

Cara Jumper Aki Mobil Matic Yang Soak

Apabila mobil aki mobil matic Anda tekor, salah satu cara yang bisa dilakukan yaitu dengan men-jumper-nya. Beginilah cara jumper aki mobil matic yang soak yaitu sebagai berikut:

  • Langkah pertama yang harus dilakukan untuk jumper yaitu menghubungkan aki mobil yang mati dengan aki mobil yang normal. Apabila aki mobil normal terpasang di mobil, Anda disarankan untuk menyalakan mobil dan bersamaan dengan itu menghubungkan kabel jumper sesuai dengan kutub positif dan negatifnya.
  • Selanjutnya apabila sudah saling terhubung kabel jumpernya, Anda disarankan untuk mematikan seluruh piranti elektronik pada mobil, misalnya AC, audio mobil dan seluruh bagian pencahayaan.
  • Setelah itu Anda bisa menyalakan mobil yang memiliki aki normal dan memasang kabel jumper bagian kutub aki mobil yang mati dan mobil, lalu mobil yang akinya mati dinyalakan.
  • Apabila mobil Anda sudah menyala, kabel jumper bisa dilepaskan secara perlahan dan menstabilkan RPM ke angka 1000 atau lebih sedikit untuk beberapa saat.
  • Terus nyalakan mobil Anda sampai lebih dari 15 menit agar daya aki yang soak tadi bisa terisi kembali.
  • Sebagai catatan saja untuk Anda, pada saat jumper mobil yang bertransmisi matic, maka posisikanlah mobil itu pada mode P (Parkir) untuk menjaga keamanan pengguna dan orang lain atau dengan kata lain agar mobil tetap berada pada posisi berhenti.

Cara Jumper Aki Mobil Tekor Dengan Adaptor

Ada cara lain yang bisa digunakan untuk jumper aki mobil Anda yang tekor yaitu dengan menggunakan charger laptop atau adaptor dekstop.

Namun sebelum mulai men-jumper ada baiknya Anda menyiapkan dulu alat dan bahan di bawah ini:

  • Adaptor atau charger Hp
  • Lampu mobil atau motor serta dudukannya
  • Aki yang akan di-charge ulang
  • Kabel secukupnya
  • Jepitan buaya
  • Paku kecil
  • Colokan listrik yang digunakan untuk menghubungkan arus listrik ke charger dan aki

Selepas menyiapkan peralatan dan bahan tersebut, berikut ini cara jumper aki mobil dengan adaptor yang bisa diikuti:

  • Langkah pertama yang bisa dilakukan yaitu menghubungkan charger laptop kutup positif dengan kutup positip dengan menggunakan kabel (Pada charger bisa dengan bantuan paku kecil, sedangkan pada aki bisa dengan bantuan jepitan buaya).
  • Berikutnya yaitu menghubungkan kutup negatif charger dengan ujung kabel lampu dan bagian ujung kabel lampu yang lain dihubungkan ke kutup negatif aki menggunakan jepitan buaya.
  • Sebelum Anda menghubungkan colokan charger ke listrik, ada baiknya tutup aki dilepas lebih dulu untuk menghindari adanya gas yang tersumbat. Tetapi jika tidak ingin melepaskannya juga tidak masalah.
  • Berikutnya memeriksa kondisi aki apakah kekurangan air atau tidak. Apabila kurang airnya, bisa ditambahkan dengan air aki zurr atau air aki biasa.
  • Kemudian mencolokkan charger hp ke listrik dan tunggu sampai penuh atau cukup stroom untuk bisa men-starter kembali.

Jika Anda bertanya-tanya apakah cara semacam ini bisa digunakan untuk semua jenis aki?

Maka jawabannya adalah iya tetapi syaratnya aki mobil benar-benar kurang stroom, soak. Jika aki baru, maka pastikan tidak ada elemen yang rusak di dalamnya.

Untuk mengetahui apakah charger berfungsi dengan baik ketika pengecasan, Anda bisa melihat lampu, umumnya lampu akan menyala dengan terang dan akan berkurang terangnya setelah beberapa jam mengecas.

Selain itu, bisa juga Anda lihat ke dalam aki. Apabila air aki mengeluarkan letupan kecil seperti memasak air, maka itu artinya charger berfungsi.

Apakah bisa menggunakan cara selain dengan menggunakan lampu?

Jawabannya bisa. Anda bisa langsung menghubungkan bagian positif ke positif dan negatif ke negatif.  

Namun hati-hati dan usahakan teliti agar terhindar dari salah colok, karena akibatnya akan fatal yaitu membuat charger Anda terbakar.

Selain itu, untuk masalah apakah pemasangan lampu bisa dibalik seperti yang harusnya ke kutub negatif dihubungkan ke negatif ke kutub positif?

Jawabannya bisa dengan syarat kutub positif ke kutub positif.

Apakah Jumper Aki Motor Bisa Dilakukan?

Banyak yang bertanya-tanya apakah jumper aki di motor injeksi yang mogok bisa dilakukan atau tidak?

Ingat, jumper aki maksudnya menghubungkan aki motor yang normal ke aki motor yang lemah dengan menggunakan kabel dengan tujuan memancing mesin motor yang akinya lemah supaya bisa hidup lagi.

Sebenarnya bisa-bisa saja, tetapi jika Anda ingin jumper aki motor injeksi Anda, maka syaratnya hanya satu motor itu punya kapasitor bank.

Mengapa hanya bisa di motor yang punya kapasitor bank saja?

Sebab, kapasitor bank tidak hanya berfungsi sebagai penstabil arus saja, tetapi juga bisa menyimpan energi listrik sementara atau biasa disebut dengan aki cadangan.

Motor injeksi membutuhkan kapasitor bank yang fungsinya untuk memberikan daya pada sistem injeksi agar bisa bekerja.

Maka dari itu, akan sangat percuma jika Anda menjumper motor injeksi yang tidak punya kapasitor bank.

Sebab, ketika kabel jumper dicabut maka motor pun berikutnya akan ikut mati.

Hal itu dikarenakan tidak ada lagi penyuplai daya untuk menjalankan komponen injeksi pada motor.

Jadi, pastikan jika motor injeksi Anda memiliki kapasitor bank lebih dulu baru kemudian diinjeksi.

Itulah tadi pembahasan singkat soal cara jumper aki mobil dan motor yang bisa Anda terapkan.

Ingat, pada saat menjumper, Anda harus sangat berhati-hati, karena sekali salah melakukan tahapan maka dampak yang akan ditimbulkan bisa sangat-sangat fatal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *