Panduan Lengkap: Cara Gadai BPKB Motor di Pegadaian

cara gadai bpkb motor di pegadaian

Kebutuhan ekonomi yang mendesak memang menjadikan seseorang akan berbuat apa saja dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Salah satunya adalah dengan menggadaikan barang berharga yang dimilikinya. Salah satu keuntungan dari gadai adalah barang bisa kita ambil ketika pinjaman sudah lunas.

Baca juga: Contoh Surat Perjanjian Jual Beli Mobil

Dengan slogan mengatasi masalah tanpa masalah, pegadaian menjadi tempat terbaik untuk menggadaikan barang berharga termasuk BPKB motor. Bagaimana cara gadai BPKB di Pegadaian?

Pegadaian memiliki banyak jenis pinjaman. Apakah Anda akan menggadaikan barang elektronik seperti hp, laptop maupun elektronik jenis lainnya.

Bisa juga dengan barang berharga seperti emas berupa cincin, kalung dan lain sebagainya.

Gadai BPKB memiliki cara tersendiri dan menjadi yang cukup diminati karena sistem dan persyaratannya pun cukup mudah. Perhatikan syarat dan tata cara yang harus dipenuhi terlebih dahulu.

Syarat Gadai BPKB Motor di Pusat Gadai

cara gadai bpkb motor di pegadaian

Dalam mengajukan pinjaman dengan jaminan BPKB kendaraan Anda, beberapa syarat harus dipenuhi terlebih dahulu.

Jika sudah memenuhi syarat barulah Anda bisa mengajukan dan mengikuti cara pengajuan agar bisa disetujui.

Jangan lupa untuk meminjam sejumlah nominal sesuai dengan kemampuan Anda dalam mengangsurnya nanti. Syarat untuk bisa menggadaikan bpkb kendaraan bermotor di pegadaian yaitu:

Peminjam adalah WNI dengan usia minimal 21 tahun dan maksimal 60 tahun. Memiliki pekerjaan tetap minimal satu tahun dan disertakan foto diri berupa pas foto.

Menyertakan asli dan fotocopy kartu identitas seperti E-KTP. Menyertakan asli dan fotocopy KTP pasangan apabila sudah menikah.

Menyertakan asli dan fotocopy KK, STNK yang akan digadaikan serta BPKB kendaraan Anda yang akan digadaikan.

Menyertakan pula foto dari kendaraan yang akan Anda gadaikan serta foto tempat bekerja saat ini.

Cara Gadai BPKB di Pegadaian

cara gadai bpkb motor di pegadaian

Apabila syarat yang sudah disebutkan sebelumnya berhasil Anda penuhi, ikuti tata cara pengajuan gadai BPKB.

Syarat yang sudah lengkap akan memudahkan Anda untuk melakukan pengajuan dan tidak ditolak atau lancar. Pastikan semua syarat sudah Anda penuhi.

Langkah awal bagaimana cara gadai BPKB di Pegadaian adalah dengan memahami tenor yang diberikan.

Pahami tenor dan jangka waktu pinjaman yang sesuai dengan kondisi keuangan Anda.

Dengan mengunjungi pegadaian terdekat dari tempat tinggal Anda, cari informasi mengenai teori dan jangka panjang tersebut.

Jika sudah berada di Pegadaian, ambil nomor antrian untuk pengajuan pinjaman. Serahkan dokumen yang dibutuhkan kepada petugas.

Isi formulir pengajuan gadai tersebut sesuai dengan data diri Anda. Pastikan bahwa tidak ada kesalahan dalam mengisi data yang dibutuhkan.

Petugas nantinya akan melakukan kalkulasi dan taksiran besaran pinjaman.

Taksiran ini berdasarkan dokumen BPKB dan STNK asli yang Anda miliki. Besaran pinjaman dan tenor sesuai dengan kendaraan akan diinformasikan lebih lanjut.

Karena dari pihak pegadaian sendiri memiliki pertimbangan tersendiri melihat dari kondisi kendaraan ataupun profesi yang Anda tekuni.

Apabila sudah setuju dengan besaran pinjaman dan tenor yang diberikan pegadaian, petugas akan membuat SB atau surat bukti kredit dan menjelaskan kewajiban kita dalam melakukan pengembalian pinjaman serta kapan pinjaman tersebut jatuh tempo. Tunggu prosesnya berlangsung.

Ada biaya administrasi dengan besaran 10% dari total pinjaman yang sudah disetujui. Tunggu hingga mendapat bukti pinjaman dari pegadaian.

Anda juga akan mendapatkan informasi lengkap di dalamnya dan bisa memanfaatkan pinjaman sesuai dengan kebutuhan.

Kelebihan Melakukan Simulasi Gadai BPKB Motor di Pegadaian

cara gadai bpkb motor di pegadaian

1. Syarat Pengajuan Mudah

Banyak yang memilih pegadaian untuk mendapat uang pinjaman dari gadai BPKB mereka. Salah satu keunggulannya adalah karena syarat yang mudah.

Apalagi secara umum, syarat yang diajukan juga sudah dimiliki masyarakat yang artinya hanya perlu menyiapkannya saja. Tidak perlu membuat dokumen tambahan yang menyita waktu atau mempersulit.

2. Proses Pencairan Cepat

Cepat tidaknya pencairan sebenarnya tergantung pada syarat yang Anda lengkapi. Apabila semua syarat sudah terpenuhi, maka proses bisa jadi lebih cepat.

Dalam beberapa jam saja bahkan Anda bisa mendapat uang pinjaman yang diajukan. Maka dari itu harus diperhatikan kelengkapan dokumen saat Anda ingin memenuhi semua persyaratan.

3. Ada Masa Tenggang

Apabila Anda sudah masuk jatuh tempo pinjaman maka akan ada informasi yang bisa Anda dapatkan. Baik dari email ataupun melalui telepon.

Peminjam akan diberi waktu atau masa tenggang agar bisa melunasi cicilan tersebut. Masa tenggang ini setidaknya memberi kita waktu untuk segera melunasinya ketika melewati jatuh tempo.

4. Tenor Bisa Diperpanjang

Gadai bpkb motor di pegadaian tanpa motor juga bisa mendapat tenor yang lebih panjang. Artinya, Anda bisa mengajukan perpanjangan tenor dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Namun syarat dan ketentuan ini tidak akan serumit di persyaratan awal. Misalnya saja seperti ketika Anda masih membutuhkan waktu lebih untuk mengembalikan pinjaman tersebut.

5. Tidak Membutuhkan Rekening Tertentu

Jika dilihat dari proses cara gadai BPKB di pegadaian ini memang tidak perlu menyertakan rekening bank tertentu. Peminjam juga tidak harus memiliki atau membuat nomor rekening tabungan.

Anda bisa menggunakan nomor rekening yang sudah ada. Hal ini karena pegadaian sendiri sudah bekerjasama dengan banyak bank.

6. Lokasi yang Tersebar

Hampir di tiap kota atau suatu wilayah terdapat pegadaian disana. Karena disebutkan juga bahwa pegadaian sudah tersebar dan menjangkau banyak daerah.

Anda bisa lebih mudah mencari lokasi kantor terdekat untuk melakukan pinjaman dengan jaminan BPKB motor.

Kerugian Gadai BPKB Motor di Pegadaian

cara gadai bpkb motor di pegadaian

Perlu diketahui bahwa usia kendaraan yang akan Anda gadaikan harus maksimal lima tahun terakhir. Jika lebih dari itu maka kemungkinan besar pinjaman tidak akan disetujui.

Selain itu, kendaraan yang BPKBnya Anda gadaikan juga harus ditahan selama masa pinjaman. Hal ini tidak memungkinkan Anda untuk menggunakannya sementara waktu hingga saat pelunasan.

Hal lain yang dirasa menjadi kelemahannya adalah pajak kendaraan harus aktif dan tidak boleh menunggak.

Sementara dari segi jumlah dana yang Anda ajukan masih sangat terbatas. Sehingga jika butuh dana yang lebih besar harus dipertimbangkan lagi.

Pihak pegadaian sendiri memiliki beragam jenis pembiayaan dengan sistem gadai yang mana masyarakat umum bisa memanfaatkan KCA atau yang disebut dengan Kredit Cepat Aman.

Ada juga RAHN yang merupakan pembiayaan gadai berbasis syariah. Sementara bagi para pelaku UMKM bisa memanfaatkan pembiayaan sistem gadai dengan produk layanan Krasida.

KCA atau Kredit Cepat Aman di Pegadaian

cara gadai bpkb motor di pegadaian

Jenis yang pertama yang dimiliki pegadaian adalah KCA. Jenis pinjaman ini ditujukan untuk masyarakat yang ingin mendapat pinjaman cepat, mudah dan aman sesuai namanya.

Anda bisa meminjam dana mulai dari Rp. 50.000 hingga Rp. 500 juta. Dana juga bisa diperoleh tunai ataupun transfer melalui rekening peminjam.

Sementara untuk kredit ini juga memiliki tenggat waktu yang berbeda. Tenggat waktunya adalah empat bulan untuk pelunasan dana.

Tetapi bagi peminjam yang tidak bisa melunasinya tepat waktu maka bisa melakukan perpanjangan berulang kali.

Sistem Fidusia dalam Gadai BPKB di Pegadaian

Ketika Anda memilih menggadaikan motor di pegadaian maka harus mengetahui secara menyeluruh bagaimana sistem pembayaran dan juga aturan yang berlaku di sana.

Jenis agunan BPKB di pegadaian memiliki sistem fidusia. Artinya, nasabah hanya menyerahkan BPKB asli, fotocopy STNK dan juga faktur pembelian sebagai jaminan kredit.

Hal ini berlaku untuk gadai BPKB motor di pegadaian tanpa motor. Wujud fisik kendaraan bisa tetap Anda gunakan atau diletakkan di rumah.

Tujuan dari pembiayaan sistem fidusia ini adalah untuk mengembangkan usaha. Anda bisa memanfaatkan pembiayaan dengan sistem ini terutama untuk para pelaku UMKM dengan syarat tertentu.

Salah satunya adalah memiliki kelayakan usaha yang sudah berjalan minimal dalam waktu satu tahun.

Pembiayaan sistem fidusia ini memiliki plafon pinjaman berkisar Rp. 1.000.000 sampai dengan Rp. 200.000.000.

Proses kreditnya memang bisa dibilang cenderung lama dibandingkan dengan sistem gadai yang membutuhkan waktu hanya hitungan jam atau selama 3 hari kerja.

Jangka waktu proses ini biasanya digunakan untuk menganalisis kelayakan usaha yang Anda miliki dan karakter atau kemampuan Anda dalam membayar angsuran. Jangka waktu pinjaman mulai dari 6, 12, 24 hingga 36 bulan.

Cara gadai bpkb di pegadaian dengan sistem ini memang tak jauh berbeda dengan apa yang sudah disebutkan sebelumnya.

Saat berada di pegadaian, Anda bisa mengatakan pada petugas bahwa ingin menggunakan sistem fidusia. Biasanya akan ada ruangan dan formulir khusus untuk para peminjam sistem fidusia.

Gadai Arrum untuk Jenis Gadai BPKB di Pegadaian

Jika Anda sudah mengetahui apa itu fidusia, ada juga sistem yang dinamakan gadai arrum. Sistem ini merupakan jenis gadai yang dikhususkan sebagai modal usaha.

Berbeda dengan pinjam kreasi, sistem gadai arum ini memiliki sistem syariah islam.

Dana pinjaman yang diberikan oleh Pegadaian untuk para nasabah sekitar Rp. 3 juta hingga Rp. 400 juta dengan masa waktu 36 tahun atau 10 tahun.

Untuk kelengkapan persyaratannya memang sama yaitu KTP, kartu keluarga, BPKB motor dan STNK motor.

Hal lain yang harus Anda ketahui saat melakukan penggadaian motor adalah Anda tidak bisa menggadaikan motor yang pemiliknya bukanlah Anda sendiri.

STNK motor dan pajak kendaraan bermotor yang digadaikan juga tidak boleh telat pajak.

Peminjam harus menandatangani surat bukti kredit diatas materai 6 ribu dan wajib untuk membaca secara keseluruhannya.

Apabila semua syarat dan dokumen yang sudah Anda persiapkan benar, dana yang dibutuhkan biasanya mudah cair dan cepat.

Dana akan ditransfer ke rekening bank yang sudah Anda cantumkan atau Anda miliki sebelumnya. Cara ini berlaku di seluruh kantor pegadaian di Indonesia.

Ada baiknya sebelum melakukan pinjaman, Anda bisa melakukan simulasi gadai BPKB motor di pegadaian karena memudahkan kita dalam menghitung pencairan dana dari kendaraan yang dijaminkan.

Prosesnya juga akan tergantung pada kelengkapan syarat yang sudah Anda siapkan.

Maka dari itu cermati dengan baik apa saja yang dibutuhkan termasuk foto tempat kerja Anda sekarang sekalipun.

Cara gadai BPKB di pegadaian terbilang mudah. Ada banyak jenis sistem yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan dan persyaratan yang ditentukan.

Jangan lupa untuk mempertimbangkan biaya angsuran dan tenor yang Anda pilih.

Jika salah memilih besaran angsuran dengan kondisi keuangan sekarang dikhawatirkan terjadi kredit macet.

Bijaklah dalam memutuskan pengajuan pinjaman, gadai barang berharga seperti motor di pegadaian agar aman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *