10 Cara Bersihkan Mesin Mobil – Tips dari Montir

cara membersihkan mesin mobil

Bagi Anda yang memiliki kendaraan pribadi seperti mobil, maka harus rutin membersihkannya. Karena kebersihan mobil mempengaruhi kenyamanan berkendara serta performa mesin.

Seringkali orang-orang hanya merawat bagian fisik luar mobil. Padahal, bagian mesin yang terletak di kap depan mobil juga penting untuk dijaga kebersihannya.

Cara bersihkan mesin mobil dapat dilakukan secara bertahap dengan mudah. Asal Anda harus tetap memperhatikan detail langkahnya agar tidak terjadi kerusakan.

Sebagian orang beranggapan mesin yang selalu berada di ruang tertutup tidak akan terkena kotoran. Faktanya, debu masih bisa menempel hingga menyebabkan efek buruk seperti misalnya mengganggu kinerja mesin.

Apalagi jika debu terlalu tebal dan menumpuk maka aliran udara yang masuk ke dalam penyaring bisa terhambat. Tentunya Anda tidak menginginkan hal itu bukan?

Nah, oleh karena itu Anda perlu menyimak baik-baik uraian penjelasan cara mencuci mesin mobil yang baik dan benar berikut ini.

Urutan Langkah Cara Bersihkan Mesin Mobil Dengan Aman

1. Memanaskan Mesin Mobil

Pertama-tama yang paling dasar dalam membersihkan mobil ialah dengan memanaskan mesin terlebih dahulu. Apabila mobil dibersihkan dalam keadaan dingin, hal itu akan mempersulit saat proses pencuciannya.

Sebab kotoran akan semakin melekat sehingga sulit dihilangkan. Maka dari itu setidaknya panaskan mesin terlebih dahulu sekitar 10 menit.

Mesin yang dipanaskan akan membantu pembersihan seperti kerak membandel yang menempel di badan mesin. Cara bersihkan mesin mobil setelah dipanaskan, Anda harus menunggunya selama beberapa saat sampai terasa hangat. Takutnya, jika dibersihkan ketika mesin panas akan menyebabkan kerusakan.

2. Menutup Komponen Mesin yang Memiliki Daya Listrik

Langkah kedua ini wajib dilakukan jika Anda tidak ingin terkena resiko. Alasan mayoritas orang malas mencuci mobilnya sendiri ialah karena was-was jika sampai terjadi korsleting dibagian mesin yang mengandung daya listrik.

Memang benar, mesin yang terkena cairan seperti air akan menyebabkan konslet sehingga dibutuhkan pelindung untuk membungkusnya.

Gunakan bahan alumunium foil atau plastik sebagai media untuk menutup mesin. Dengan begitu, ketika hendak membilas bagian mesin yang lain, komponen berdaya listrik tidak akan sampai terkena. Jadi, Anda tidak perlu merasa khawatir lagi.

3. Menggunakan Pelindung Tangan

Cara membersihkan mesin mobil yang baik harus dengan pelindung tangan seperti sarung tangan. Hindari kontak fisik langsung dengan mesin agar kotoran didalamnya tidak akan menempel pada tangan. Sebab kotoran yang ada di mobil bisa menimbulkan alergi jika dibersihkan tanpa sarung tangan.

Mengapa cara bersihkan mesin mobil tanpa pelindung tangan bisa berbahaya?

Karena Anda tidak pernah tahu apa saja bakteri yang menempel pada komponen mesin. Apalagi mobil sering digunakan untuk berkendara di luar sana yang tidak menutup kemungkinan akan terpapar zat asing yang buruk untuk kesehatan. Nah, solusi dari masalah tersebut bisa diatasi dengan cara memakai pelindung tangan.

Lagipula tidak ada salahnya berjaga-jaga untuk menjamin keselamatan saat mencuci mobil. Selain itu, ketika sedang memakai sarung tangan jangan menyentuh area muka karena pelindung tangan Anda telah terkontaminasi debu kotoran mesin mobil. Apabila tidak sengaja tersentuh muka, bisa menimbulkan alergi pada kulit.

4. Menyiapkan Pembersih Sabun yang Sesuai

Kerak-kerak yang menempel di badan mesin cukup banyak sehingga sulit diatasi jika menggunakan air saja. Oleh karena itu, sebelumnya Anda harus menyiapkan sabun yang dapat membersihkan noda dengan ampuh.

Sabun tersebut bisa dalam bentuk colek ataupun cairan. Tinggal memilih yang paling mudah digunakan dan hasilnya juga bersih. Misalnya, Anda menggunakan sabun colek untuk mencuci bagian bekas oli yang melekat pada mesin.

Selain itu, cara membersihkan kerak oli pada mesin mobil bisa menggunakan cairan pembersih khusus yang mampu mengangkat kotoran kerak. Saat membersihkan kerak menggunakan sabun harus cukup bersabar karena membutuhkan tenaga yang lebih besar.

5. Bersihkan Mesin dengan Sikat dan Spon

Keberadaan dua alat yakini sikat dan spon sangat penting dalam tahapan cara bersihkan mesin mobil.

Karena, tidak mungkin kotoran noda akan terangkat jika tidak disikat dan dibersihkan menggunakan spon yang telah dilumuri sabun atau cairan pembersih.

Usahakan menggunakan spon yang berbahan busa lembut serta sikat gigi untuk mengatasi mesin mobil yang cukup sulit dijangkau.

Membersihkan bagian mesin mobil bisa dikatakan cukup sensitif sehingga peralatannya perlu dipertimbangkan dengan baik.

Menggunakan bahan alat yang lembut sangat disarankan agar tidak merusak komponen mesin yang ada. Kegunaan sikat disini sebagai pembersih area sempit yang tak dapat dijangkau spon.

Sedangkan spon sendiri digunakan di tahap penyelesaian dimana kerak-kerak telah digosok bersih dan tinggal menyisakan kotoran ringan.

6. Menyemprotkan Air Sebagai Permulaan

Ketika semua peralatan telah disiapkan, maka langkah selanjutnya dari cara bersihkan mesin mobil ialah menyemprot bagian mesin dengan air yang bertekanan rendah.

Mengapa harus menggunakan air yang bertekanan rendah?

Karena jika memakai air dengan tekanan yang tinggi bisa menyebabkan kerusakan pada komponen mesin. Maka dari itu, disarankan sebelum pemakaian sabun mesin dibasahi terlebih dahulu menggunakan air dari selang yang tidak deras.

Saat mulai aktivitas pencucian, Anda bisa memilih bagian bawah kap mesin yang cenderung mudah dibersihkan.

Kebanyakan debu dan kotoran bersarang disana jadi arahkan air selang ke bagian bawah kap untuk mengalirkan noda. Baru setelahnya membersihkan bagian mesin mobil yang lain.

7. Membersihkan Mesin Mobil dari Bagian yang Terjangkau

Usai dibasahi dengan air yang bertekanan rendah, berikutnya dapat dibersihkan menggunakan sabun.

Cara bersihkan mesin mobil pertama-tama raih bagian mesin yang terlihat jelas di depan mata dan mulai bersihkan kotoran yang melekat di atasnya.

Kotoran yang bisa dibersihkan misalnya seperti kerak, bekas oli mobil yang menetes, debu, dan lain sebagainya.

Khususnya, pada ruangan mesin pastinya terdapat beberapa noda membandel yang menumpuk seperti kerak. Anda bisa menggunakan cairan pembersih ruang mesin mobil yang dituangkan ke atasnya lalu disikat pelan namun bertenaga. Lakukan secara berulang kali sampai kerak terangkat dari badan mesin.

Selain di ruang mesin, bersihkan juga bagian kap dan mekanisme mesin. Pakai cairan pembersih blok mesin mobil agar bisa menjangkau keseluruhannya.

Gosok lembut dengan spon sampai menciptakan busa. Jangan biarkan bekas sabun sampai mengering tanpa sempat dibilas. Karena akan meninggalkan jejak berupa bercak putih yang membekas.

Pada saat membersihkan mobil, terdapat tips yaitu dalam pemakaian sabun colek sebagai pembersih. Sabun colek sangat direkomendasikan untuk dipakai sebab ampuh menghilangkan bekas oli yang menempel.

Hanya dengan beberapa kali gosok sudah pasti oli akan hilang setelah dibilas air. Tampilan mesin mobil Anda langsung tampak bersih dan mengkilat.

8. Gantian Membersihkan Sela Mesin yang Sulit Dijangkau

Apabila sudah selesai mengatasi cara bersihkan mesin mobil dari bagian yang mudah terjangkau, kini Anda harus melakukan sebaliknya.

Namanya saja sudah ruang mesin pasti terdapat bagian celah yang sulit ditembus untuk dibersihkan sehingga kadang perlu memakai peralatan khusus.

Namun, Anda cukup menggunakan sikat kecil seperti sikat gigi untuk menjangkau sela-sela mobil.

Setiap kali membersihkan dengan sikat gigi, Anda bisa memberi sabun di atas sikat selayaknya pasta gigi dan digosokkan di celah mesin sampai berbusa.

Teknik ini cukup ampuh dipraktikkan karena bisa menjangkau sampai ke area sempit sekalipun. Jadi, mesin mobil Anda akan bersih sepenuhnya sampai bagian dalam.

Namun tetap hati-hati saat membersihkan sela mobil yang cukup dalam. Setelah yakin cukup bersih segera siram dengan air selang.

9. Bilas dengan Air Tekanan Rendah sampai Tidak Menyisakan Bekas Sabun

Memasuki tahap terakhir, usai seluruh badan mesin dibersihkan menggunakan sabun maka Anda tinggal membilasnya.

Pastikan semua noda membandel seperti kerak dan oli telah bersih sehingga saat dibilas mesin sudah langsung kinclong.

Nah, dalam proses pembilasan ini harap menggunakan air bertekanan rendah sesuai anjuran sebelumnya pada langkah awal ketika menyemprot mesin mobil. Hal itu bertujuan menjaga komponen mesin mobil agar tidak rusak.

Untuk hasil yang makin optimal, cara bersihkan mesin mobil pada saat dibilas air ialah dengan menggosok spon di badan mesin sehingga busa akan mudah ikut larut dengan air.

Semprotkan selang secara menyeluruh sampai ke sela-sela yang sempit. Jangan sisakan bekas sabun di dalam mesin mobil sebab bisa membekas dan malah mengendap menjadi bercak putih-putih.

Tentunya kesan kotor seperti itu tidak ingin Anda dapatkan setelah susah payah mencucinya.

10. Mengeringkan Mobil

Cara bersihkan mesin mobil yang baik yaitu menyelesaikannya sampai tuntas ke tahap pengeringan. Setelah Anda melalui beberapa tahap sebelumnya maka yang dinanti-nanti sebagai penutup aktivitas mencuci adalah memastikan seluruh bagian mesin menjadi kering.

Upaya yang bisa dilakukan untuk membantu proses pengeringan antara lain menjemurnya di bawah sinar matahari yang tidak terlalu terik.

Tidak dipaparkan secara langsung dengan matahari karena sebagai salah satu bentuk kehati-hatian terhadap komponen mesin yang takutnya nanti menjadi rusak.

Lagipula mengeringkan bagian dalam mobil seperti mesin tidak sama seperti mengeringkan bagian fisik luar yang aman-aman saja terkena pancaran matahari.

Oleh karena itu, keringkan mobil di tempat yang teduh dan tunggu sampai airnya meresap.

Selain itu, apabila bosan menunggu lama sampai air benar-benar kering. Anda bisa menggunakan kanebo kering atau kain yang dapat digunakan untuk mengelap bagian mesin dari sisa air yang masih tertinggal.

Sambil memanfaatkan ruang mesin yang masih terbuka dapat digunakan untuk mengolesi pelumas jika memang sudah waktunya diberi atau sekadar ingin meningkatkan performa mesin.

Setelah yakin semua tahap cara bersihkan mesin mobil dari pencucian hingga pengeringan telah selesai, Anda bisa menutup kap mobil seperti semula.

Lalu hidupkan mesin agar celah yang sulit dikeringkan bisa menyerap sendiri karena panas.

Itulah 10 cara bersihkan mesin mobil yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Jangan menunggu sampai debu menumpuk terlalu banyak dan baru dibersihkan.

Sebaliknya, jadwalkan secara rutin pencucian mobil sehingga tingkat kenyaman saat berkendara semakin tinggi.

Setelah mengetahui caranya di atas ternyata mencuci mesin mobil sudah bukan lagi masalah.

Daripada mengeluarkan biaya untuk dibersihkan di tempat pencucian mobil, lebih baik dilakukan secara mandiri yang malah akan membuat hati puas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *