Biaya Perbaikan Oli Mesin Motor Rembes – Awas Diboongin!

biaya perbaikan oli mesin motor rembes

Biaya perbaikan oli mesin motor rembes. Kondisi ini sering dialami dan memang harus segera diperbaiki, tetapi mungkin kamu takut kalau biaya perbaikannya mahal. Mari baca selengkapnya.

Karena itu sebelum kamu ke bengkel kamu bisa membaca informasi ini terlebih dahulu.

Bahaya Rembesan Oli Bocor

Jika memang ada rembesan oli yang kebocoran maka akan menyebabkan kotoran menempel pada mesin.

Jadi nanti di bagian mesin pun akan nampak kotor dan ini bisa membuat jengkel para pemilik motor.

Tidak hanya membuat mesin kotor saja tetapi juga performa mesin akan terganggu.

Penyebab Oli Bocor

Mengapa oli dapat bocor atau rembes, umumnya faktor penyebabnya adalah karena bagian gasket durability atau paking sudah habis. Tetapi selain itu juga dapat disebabkan karena baut yang slek atau aus.

Tentunya biaya pun akan berbeda untuk perbaikan. Di mana tergantung dari faktor penyebabnya. Kan tidak mungkin biaya dikenakan sama apabila memang penyebabnya berbeda. Jadi memang yang pertama dilakukan adalah pemeriksaan dan mencari faktor penyebabnya terlebih dahulu.

Faktor penyebab kebocoran sendiri ada beberapa macam. Biasanya karena faktor umur motor, dan juga kalau ada keretakan. Keretakan ini dapat terjadi karena mesin terlalu panas.

Misalkan motor sering digunakan untuk berkendara jarak jauh dan perawatan kurang.

Biaya Perbaikan Oli Mesin Motor Rembes

Untuk penggantian paking itu beragam biayanya. Di mana tergantung dari jenis motor yang mengalami problem ini.

Kalau membahas tentang harga paking itu sendiri. Rata-rata di pasaran dibanderol mulai Rp 100.000,00 sampai dengan Rp 250.000,00.

Masih banyak yang menganggap sepele masalah kebocoran oli mesin ini. Mereka tidak memperhatikan efeknya.

Kalau oli mesin berkurang drastis maka mesin bisa saja tiba-tiba mati. Dan yang pasti mesin motor tidak akan awet.

Ini adalah kondisi yang buruk untuk mesin kendaraan. Padahal mesin adalah komponen utama dari motor kamu.

Jangan sampai menunggu turun mesin baru diatasi. Itu sudah terlalu terlambat. Biaya yang harus kamu bayarkan pun jadi jauh lebih mahal!

Cara Mengatasi Oli Rembes Tanpa Bongkar Mesin

Tidak harus bongkar mesin tetapi dapat dengan mengganti beberapa komponen saja. Dengan begitu perbaikan pun menjadi lebih mudah, cepat, dan murah.

Dengan mengganti komponen secara tepat. Maka oli rembes yang berasal dari depan part mesin motor pun dapat dibereskan.

Untuk biayanya ini berbeda. Untuk harga suku cadang dari Rp 17.000,00 s/d Rp 22.000,00. Ini harga untuk karet paking head.

Kalau untuk karet baut head harganya berbeda, Rp 5.000,00 / buah.

Jadi rincian biaya yang harus kamu bayarkan. 1 karet paking head, 2 karet baut head, itu kurang lebih totalnya adalah Rp 30.000,00.

Untuk proses penggantian tidak membutuhkan waktu lama. Sebab cukup dengan cara mengganti karet pada bagian headnya. Sesudah melakukan penggantian komponen karet pada bagian atas maka dijamin oli mesin merembes ke luar tak akan ada lagi.

Oli mesin Avanza bocor

Selain pada motor, masalah oli bocor juga dapat menimpa mobil. Dan ini untuk mobil Avanza.

Umumnya oli mobil yang bocor pada mesin itu karena kondisi seal yang telah rusak. Terdapat faktor penyebab jelas bagian mana pada seal yang bocor.

Dari sini maka sebagai pemilik mobil Avanza harus ekstra waspada, tak boleh menyepelekan.

Kerusakan seal dan oli bocor

Jadi kerusakan seal ini termasuk hal yang serius. Kalau hanya dibereskan sendiri di rumah akan sulit. Jadi harus dilakukan oleh profesional, atau team mekanik, dan dilakukan di bengkel.

Karenanya kamu sebaiknya segera membawa mobil Avanza yang mengalami masalah oli mesin rembes ke bengkel, sehingga penyebab kerusakan dapat diketahui dan diperbaiki sesegera mungkin.

Kebocoran oli pada mesin mobil

Kamu juga harus tahu kalau kebocoran oli itu tidak hanya dapat menimpa oli mesin, tetapi juga dapat pada yang lainnya, antara lain:

  1. Oli transmisi
  2. Oli rem
  3. Oli power steering

Jadi sama seperti motor, kalau malas mengecek kondisi mobil kemudian membiarkan mobil terus berjalan walaupun kondisi oli bocor, adalah sesuatu yang berbahaya.

Oli Mesin Rembes Pada Bagian Ujung Knalpot

Pengguna mobil Avanza dan jenis mobil yang lain juga kerap mengalami kebocoran oli mesin pada bagian ujung knalpot.

Apabila ini menimpa mobil kamu bisa terjadi karena seal klep mesin rusak.

Umumnya kondisi ini mengakibatkan tenaga mesin berkurang.

Oli Mesin Rembes Pada Bagian Belakang Mesin Mobil Dan Oil Tank

Apabila terdapat lelehan oli yang berasal dari bagian belakang mesin, itu dapat disebabkan karena kebocoran sistem pelumas di bagian transmisi. Apabila oli menetes dan berasal dari oil tank, dapat disebabkan penutup pada oil tank tak rapat.

Dengan begitu ada ruang bagi oli keluar. Efeknya volume oli pada mesin jadi berkurang dengan cepat.

Oli Mesin Rembes Pada Bagian Tengah Mesin Yang Di Dekat Radiator

Apabila kamu melihat terdapat rembesan oli pada bagian tengah mesin yang mendekati radiator. Diakibatkan karena seal crankshaft bocor ataupun pada seal gearbox yang telah robek.

Apabila didiamkan mesin mobil cenderung jadi lebih berisik dari yang biasanya.

Oli Mesin Rembes pada Bagian Ujung Kanan Depan dari Mesin Hingga Bagian Kolong Mobil

Yang berikutnya oli mesin rembes dapat terjadi, menetes, dari part ujung kanan mesin sampai bagian kolong mobil.

Masalah ini umumnya disebabkan karena seal kompresor yang rusak. Dapat juga karena seal oil pump ataupun seal oli crankshaft.

Apabila masalah ini menimpa maka tidak boleh didiamkan. Harus diperbaiki secepat mungkin apabila tak ingin terjadi kerusakan yang menyebar hingga bagian mesin yang lainnya, contohnya bagian timing belt.

Biaya Perbaikan Oli Mesin Mobil Rembes

Untuk pengerjaan perbaikan oli menetes atau bocor yang berasal dari bagian atas cylinder head mobil. Membutuhkan waktu kurang lebih 1 jam.

Untuk biaya servisnya sendiri tak terlalu menguras kantong. Masih cukup terjangkau. Di mana kurang lebih untuk biaya jasanya yakni Rp 50.000,00 hingga Rp 100.000,00 saja.

Itu juga tergantung dari bengkelnya. Selain itu ditambah dengan biaya pembelian paking. Murah kok Cuma Rp 150.000,00 an. Kadang ada yang lebih mahal bisa mencapai Rp 210.000,00.

Tetapi dengan membayar Rp 210.000,00 tersebut kamu sudah mendapatkan paking yang original. Sehingga lebih terjamin kualitasnya.

Harga sparepart pun berbeda-beda. Kalau kamu ingin membandingkan maka kamu dapat mencoba membuka beberapa seller di toko online. Termasuk di Tokopedia dan Bukalapak.

Kamu telusuri aja semuanya dan cari yang termurah. Karena beberapa seller online itu banyak yang hanya menjadi reseller saja dan tidak ready stock. Jadi kamu harus mencari yang memang ready stock.

Nah itulah pembahasan tentang biaya perbaikan oli mesin motor rembes, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *