Berapa KM Ganti Oli Motor Yang Baik?

berapa km ganti oli motor

Oli tergolong salah satu komponen yang penting pada kendaraan bermotor. Setiap pabrikan otomotif biasanya telah memberikan panduan perawatan mesin termasuk yang berkaitan dengan engine hour.

Pada buku manual pun sudah tercantum di jarak tempuh berapa km ganti oli motor yang dianjurkan.

Idealnya oli motor harus diganti secara rutin agar performa mesin dan kendaraan tetap optimal.

Baca juga: Biaya Perbaikan Oli Mesin Motor

Mengganti oli adalah perawatan kendaraan yang tidak boleh ditinggalkan. Fungsi oli sangat krusial bagi kendaraan.

Jika oli tidak mampu bekerja secara maksimal, maka akan berpengaruh terhadap kinerja kendaraan.

Barangkali mengakibatkan tarikan mesin menjadi berat, motor kurang bisa melaju kencang, dan beragam dampak lain.

Berikut informasi seputar penggantian oli pada motor yang disarankan.

Berapa KM Ganti Oli Motor Honda Beat

Fungsi Oli Motor pada Honda Beat

Sebelum membahas tentang jarak ideal berapa km ganti oli motor, terlebih dahulu perlu dipahami apa sebenarnya fungsi oli pada kendaraan bermotor.

Karena dengan demikian, Anda akan mempertimbangkan penggantian oli secara teratur jika memahami seberapa penting fungsi oli pada kendaraan, khususnya motor matic.

Di kalangan pengguna motor matic, sudah familiar dengan istilah oli gardan. Tak jauh berbeda dengan oli pada motor non-matic, oli garda berfungsi sebagai pelumas yang akan memperhalus kinerja transmisi secara otomatis. Itulah sebabnya ada juga yang menyebut oli garda sebagai oli transmisi.

Untuk mengetahui kapasitas ganti oli motor berapa km Anda harus paham garis besar mekanisme oli garda.

Setiap motor mempunyai hour engine atau jam kerja mesin yang berbeda-beda. Ketika antarkomponen mesin mengalami gesekan, oli akan mentransmisi sehingga mencegah kerusakan di bagian internal.

Namun, ada kalanya muncul suara berisik yang asalnya dari box CVT. Apabila kondisi ini terjadi, berarti itu menandakan sudah waktunya Anda harus mengganti oli transmisi.

Memang kendaraan matic masih bisa beroperasi sekalipun ada suara ini, tetapi jika berlangsung dalam waktu lama maka dapat menyebabkan kerusakan pada mesin.

Mengapa Harus Ganti oli Motor pada Honda Beat?

Agar dapat mengetahui pada jarak berapa km ganti oli motor yang tepat, Anda perlu mengenali pentingnya mengganti oli motor.

Ibaratnya oli motor adalah salah satu amunisi yang dibutuhkan agar mesin kendaraan dapat ‘berperang’ dengan maksimal.

Oleh karena itu, perlu perawatan rutin guna memastikan kondisinya selalu baik.

Pada setiap proses pembakaran di mesin, oli akan meninggalkan bekas kotoran. Apabila tidak diganti dalam waktu lama, kotoran ini akan mengendap semakin banyak dan berdampak pada terhambatnya kinerja komponen mesin.

Tidak hanya pada motor, jarak ideal untuk ganti oli mobil tiap berapa km perlu diperhatikan juga sehingga performa mesin tak sampai terganggu.

Ada dampaknya jika oli pada motor matic seperti Honda Beat tidak diganti dalam jangka waktu lama. Komponen yang paling terkena efek adalah gear ratio.

Pada kondisi normal, oli akan melumasi gear ratio sehingga perputarannya lancar. Namun jika tidak diganti, perputaran gear ratio akan terganggu sehingga mengakibatkan muncul suara bising di mesin.

Berapa KM Harus Ganti Oli Motor pada Motor Matic?

Acuan waktu untuk mengganti oli motor matic yang ideal telah ditetapkan masing-masing pabrik.

Pertanyaan berapa km ganti oli motor yang tepat menggunakan indikator jarak sebagai penentunya.

Secara umum, kendaraan bermotor harus diganti oli ketika sudah menempuh jarak 4000 km pada jalur lancar, dan jarak 2000 km pada kondisi macet.

Selain jarak berapa km ganti oli motor, ada juga yang menggunakan acuan engine hour. Yang dimaksud engine hour merupakan jam kerja mesin.

Adapun setiap pabrikan telah menentukan ganti oli berdasarkan engine hour (biasanya tercantum pada manual book) setidaknya setelah mesin bekerja selama 10—50 jam pemakaian. Waktu ini bisa berbeda pada setiap merk motor.

Jika bingung dengan acuan brp km ganti oli motor berdasarkan jarak, Anda bisa menggunakan indikator waktu.

Misalnya, beberapa jenis motor matic yang sering digunakan melaju pada jalanan macet idealnya dilakukan ganti oli setiap 83 hari sekali (sekitar 2—3 bulan sekali).

Sedangkan motor matic yang dikendarai pada jalanan biasa lazimnya diganti oli setiap 5—6 bulan sekali.

Ada sedikit perbedaan antara kendaraan honda yang masih menggunakan kaburator dengan motor injeksi interval.

Pada kendaraan berkaburator, ganti oli disarankan setelah menempuh jarak 2.000 km atau sekitar 2—3 bulan.

Sementara itu, pada motor yang sudah memakai injeksi interval, ganti oli sebaiknya dilakukan setelah 4.000 km atau sekitar 4 bulan sekali.

Jarak Tempuh Honda Beat yang Ideal untuk Ganti Oli

Sebagaimana motor matic pada umumnya, Honda Beat perlu dilakukan perawatan oli secara rutin.

Tujuannya untuk menjaga mesin agar tetap dalam kondisi prima, sehingga mampu memberikan performa yang optimal.

Selain itu, untuk membuang kotoran sisa pembakaran yang bersarang di komponen mesin. Lalu, berapa km ganti oli motor Honda Beat yang ideal?

Berdasarkan panduan dalam manual book, berapa kilometer ganti oli motor matic Honda Beat yang ideal yakni setidaknya setiap 4.000 km (sekitar 4—5 bulan sekali).

Pada pemakaian standar, mesin tidak akan mengalami kendala yang signifikan meskipun telat sebulan dari jadwal ganti oli.

Namun pada pemakaian yang membutuhkan kinerja ekstra pada mesin, sering kali komponen dalam mesin lebih cepat mengendap.

Jadi harus lebih sering diganti. Sedangkan pada kendaraan Honda Beat yang jarang dipakai, tidak ada perbedaan waktu ideal ganti oli.

Dari keterangan Kepala Bengkel Honda sendiri menyatakan bahwa sekalipun jarang dipakai, patokan ganti olinya tetap mengacu pada 2—3 bulan sekali.

Oli yang Tepat untuk Honda Beat

Setelah mengetahui waktu ideal setelah berapa km ganti oli motor yang tepat, barangkali Anda bingung harus dengan oli bagaimana saat menggantinya.

Untuk lebih amannya, Anda dapat menghubungi bengkel resmi Honda yang terdekat.

Teknisi profesional akan menangani proses penggantian oli dengan total untuk hasil maksimal.

Namun jika Anda ingin melakukan penggantian oli secara mandiri, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Pertama, pastikan Anda mengganti oli sesuai waktu idealnya. Boleh lebih cepat atau lebih lambat asalkan tidak terlalu banyak selisih waktunya, karena justru akan mempengaruhi kinerja mesin beserta komponen di dalamnya.

Kedua, kenali jenis-jenis oli yang diperuntukkan bagi motor matic. Secara umum memang tidak ada perbedaan signifikan antara oli untuk motor matic dengan oli motor gigi lainnya.

Tetapi agar hasilnya memuaskan, pilihlah oli yang memang dikhususkan bagi motor matic.

Itulah hal-hal yang berhubungan dengan berapa km ganti oli motor sesuai anjuran pabrikan.

Melakukan perawatan rutin oli motor akan memberikan pengaruh besar bagi performa mesin.

Oleh karena itu, idealnya pemilik kendaraan membuat perencanaan tersendiri kapan waktu yang tepat untuk mengganti oli, bagaimana kriteria oli yang harus dipakai, bagaimana cara ganti oli yang benar, dan sebagainya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *